vi2 saiki iso masak...

SATE AGE

19:23:00






Sate age ini sebenarnya dibikin udah beberapa hari yang lalu...kenapa fotonya cuma satu karena waktu mo foto-foto temen-temennya Tia datang mo latihan nari Di Sin Sen....(tau ga...apa itu disinsen hihiii... :D) jadi ga kepikir mo ambil gambar banyak2 karena aku harus nemeni mereka latihan, kebangeten kan klo aku cuekin gitu aza walopun tanpa akupun mereka udah pasti latihan ....^^

Kembali ke sate age ya...sate age ini adalah salah satu lauk untuk berkatan acara selametan di Tempeh City^^ dan sekitarnya , seperti mantenan, sunatan dll entah kenapa aku pengeeen banget bikin...dan resepnya pake resep umikku (koki handal dirumahku)... dan ini adalah masakan dengan bumbu terlengkap yang pernah aku bikin.

SATE AGE

Bahan :

1/2kg     Daging sapi, potong-potong menurut selera
1btr        Telur
1btg       Sere, geprek
3lbr        Daun jeruk

Bumbu yang dihaluskan :

7btr       Bawang merah
4btr       Bawang putih
2cm       Kunyit
1cm       Lengkuas
1cm       Kencur
1cm       Jahe
1sdt       Ketumbar
1/4sdt    Jinten
4btr       Kemiri
Gula dan garam secukupnya (lebih disarankan pake gula jawa)

Cara membuat :

Campur bumbu halus dan telur, kocok rata dengan garpu. Masukkan daging, aduk rata sampai bumbu merata di dagingnya. Untuk proses pematangannya ada yang dengan cara di kukus (daging yang sudah tercapur rata dengan bumbu dibungkus daun pisang kemudian dikukus, berapa lama ? sampai daging bener2 empuk), ada juga yang daging direbus bareng bumbunya hingga daging empuk dan bumbu meresap tentunya dengan penambahan air terlebih dahulu ya. Klo yang aku bikin ini...karena aku ga mo ribet dan ga mo lama2 didapur jadiiii aku matengin pake pressure cooker:) tusuk daging yang sudah dipotong-potong kemudian masukkan ke dalam panci tekan bersama dengan bumbu yang sudah dicampur telur, sere dan daun jeruk tambahkan air secukupnya. Masak kurang lebih 15 menit. Jika air dalam panci masih ada masak lagi tanpa menggunakan panci tekan hingga air bener2 menyusut.

Dan rasanya pas banget, seperti yang sering aku makan, yeaaiiyy!! aku bisaaaa...!!!
Oiya...ada yang sebelum disajikan dibakar dulu ada juga yang ga, lebih mantap dibakar dulu sih tapi aku ga sempet mbakar, kesusu2 >,<) dan ada juga yang tanpa tusukan sate.

Klo biasanya masak yang simpel-simpel...sekali waktu boleh dooong masak yang agak ribet buat orang-orang tertjinta, hihiii  sekalian biar tau klo vi2 sekarang tuh bisa masak hahayy... :D

CAKE

CAKE TAPE PANDAN

20:04:00




Kebetulan ada sisa tape nih...yuk bikin cake tape yang berasa pandan gitu..
Resepnya dari Sajian Sedap ...yang pengen tau rasanya silahkan main ke sana yaa...
Yang punya dapur lagi ga enak ati...males mo nulis banyak-banyak....udah yaaa ...







Rasanya enak banget. Tape ketemu pandan...hmmm...
oiya hampir lupa...harusnya taburannya tuh keju parut tapi waktu itu lagi ga punya keju jadi aku tabur kenari, tetep enak kok ^^







PAWON IBU

SAMBAL KACANG

18:30:00









Ini menu hari minggu (seminggu yang lalu, maaf ya jeng Host Dwi Setya baru tk setorkan, hihiii)...karena ada event Aneka Rupa Sambal jadinya penampakan sambelnya di bikin cantik karena mo di futu-futu, hihiiii ^^

Sambel model gini udah ga asing lagi dirumahku karena sering dibikinin sama umikku hanya saja yang dipenyet cuma telor.  Pernah juga ketemu sambel kacang ini ketika kami berempat makan di rumah makan apung... ada salah satu menu 4T, disitu tidak disebutkan sambelnya, yang ada di pikiranku waktu itu adalah 4T yang dipenyet disambel tomat ato terasi seperti pada umunya gitulah dan ternyata aku salah...yang ada 4T yang dipenyet di sambel kacang ^^... daaaaaan rasa sambelnya mengejutkan sekali..."super duper puedesss" 
Kali ini untuk event Pawon Ibu aku bikin sambel kacang yang lebih bersahabat ...(lombok rawit'e siji ae plus lombok abang siji pisan, karepku cek ga nemen2 pedes'e, hehee )

SAMBAL KACANG

Bahan :
3sdm kacang tanah goreng
Cabe (suka2, klo mo pedes boleh dibanyakin)
1bh tomat, ukuran kecil aza (boleh pake belimbing wuluh, lbh seger ^^)
Terasi, garam, gula secukupnya yaaa
Sedikit air untuk mengencerkan (jgn pake air mentah lho yoo..) 
Pelengkapnya...tahu tempe goreng dan terong rebus.
Jangan lupa siapin cowek dan gerusnya, klo ga ada cowek dan gerus dijamin ga bakalan jd sambel deh, hihiiii

Cara membuat :
Goreng cabe, tomat dan terasi (boleh juga pake terasi yang udah dikukus, suka2 aza). Kemudian semua bahan letakkan di atas cowek, mulai deh ulek-ulek sampe berbentuk sambel. Klo udah berbentuk sambel baru deh pelengkapnya dipenyet-penyet ^^







Liat tuh penampakannya menggoda kaaan...plus kemanginya yang masih seger. Oiya kemangi itu metik dihalaman tetangga sebelah, bu Basuki makasih yaa...beliaunya ga nyadar lho klo dihalamannya ada pohon kemangi, ckckccckk...>,<


vi2 saiki iso masak...

GULAI IKAN KAKAP

18:56:00





Maksud hati pengen bikin gulai kelapa kakap tapi karena dapatnya ikan utuh ya sudahlah bikin gulai ikan kakap sajjah....ini menu untuk buka kemarin, vivi lg sregep masak ihiiyyy :D

Sebenarnya aku tuh suka memasak masakan yang ga ribet seperti oseng, cah, tumis, sayur asem, sayur bening... karena bikinnya gampang sekali dan bumbunya simpel banget. Tapi adakalanya ...pengen doong bikin sesuatu yang ribet gitu biar diakui klo aku bisa masak... :D Untuk masakan yang bersantan-santan kayak gini blom tentu sebulan sekali memasaknya, hihiii jadi klo pas kebetulan bikin masakan kayak gini kudu dan harus di futu...biar sebagai bukti klo vivi sekarang bisa masak...hahaa :D
Resepnya nyontek di Sajian Sedap hanya saja kepala ikan aku ganti ikan kakap utuh 3 ekor ukuran sedang, santan aku kurangi jadi 500cc dan cabe merahnya aku cuma pake 2 buah. Lain-lain sama plek...oiya lupaaaa...klo santan dikurangi otomatis garam/gula disesuaikan dooong... rasanya uenaaakk puooll... ga percayaa ?? silahkan dicoba...^^

Hmm...kayaknya udah lama banget nih ga uplod masakan...itu menandakan klo yang punya dapur lagi males masak, hihiii




DESSERT KUE SNACK

KUE TAMBANG aka UNTIR-UNTIR

11:12:00





Kue Tambang atau Untir-untir...klo ditempatku namanya plintiran, hehee...^^
Akhirnya kesampaian juga bikin kue ini...ini adalah salah satu jajanan masa kecilku dulu. Dulu dijualnya dikilo gitu...sering ada klo pas lebaran dan rasanya itu lho alot "kletuk-kletuk" banget ...tapi ya karena ga ada lagi jadi yo enak ae wis...^^
Dulu juga sering beli di toko kue di Lumajang tempatnya di deket jembatan deket perempatan mo ke alun-alun, nah yang itu enak...empuk dan ada wijennya... tapi kayaknya sejak nikah udah ga pernah ketemu sama kue ini lagi, jadinya kangen banget dan pengen bikin...sekalian ngenalin ke anakku klo itu jajananku tempo doeloe, hihiii...
Rencana semula pengen ngejak Tia untuk bikin bareng, seru kan mlintir-mlintir adonan bareng dia tapi karena ada temennya main kesini ga jadi deh...

langsung resep aza ya...

KUE TAMBANG/UNTIR2/PLINTIRAN

Bahan :

200gr      Tepung terigu
50gr        Tepung sagu (tapioka juga boleh)
50gr         Gula halus
1btr         Telur
30gr         Margarin
1/2sdt      Baking powder
1/4sdt      Garam
1sdm       Wijen

2sdm       Air es
Vanili bubuk secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Campur bahan kering dalam wadah, aduk rata. Tambah telur dan air, uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan (kurang lebih 0,3cm), potong panjang-panjang (10-12cm) kyk mo bikin stick kemudian pertemukan ujungnya, untir sedemikian rupa. Terakhir rapatkan ujungnya.

3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang hingga matang dan kering.








Iniiiiiii...beneran enaaak, kriuk-kriuk renyah rasa wijen...yang penasaran ayo dicoba dirumah, bikin bareng anak-anak pasti seru deh...kapan-kapan mo nyoba lagi tapi yang ada coklatnya, hmmm.. ^^

ROTI

ROTI ISI PISANG

19:30:00





Masih melanjutkan cerita si pisang nih...hihiii, pokoknya klo umikku datang kesini bisa dipastikan deh bawa pisang...karena cucu-cucunya jidah tuh suka banget sama pisang goreng, termasuk aku dan mas fitri menantunya, hahaa...

Eh ada crita nih...waktu tanggal 31 Agustus kemarin aku diijinkan untuk nelpon kakak di pondok, waaahhh seneng dong...pastinya yaaa...kesempatan nih nanyain si kakak minta apa aza karena besoknya ( tgl 1) hari berkunjung....waktu aku nanya "kakak minta dibawain apa aza, besok Nda kesana...?" dia langsung jawab..."Bawain pisang goreng Nda, kakak kangen maem pisang goreng. Penjual pisang goreng yang di kantin udah lama ga jualan..." Hohooo...dari sekian banyak kue hanya pisgor yang dia kangeni... Untungnya umik datang bawa pisang, jadilah bangun pagi-pagi sekali untuk bikin pisgor...huffttt#@# 
Beberapa hari yang lalu pisangnya udah aku pake untuk isian pastry kan...nah ini sisanya aku pake isian roti aza...
Resepnya masih pake resep Soft Bread NCC, udah pada kenal kan dengan softbread NCC...^^







Ga pernah bosyen ya sama rerotian, mo diisi apa aza tetep sukaaaaa banget. Dan yang bikin seneng juga adalah adek dan kakak juga doyan (tp si kkk lg skul), beda klo bikin cake ato bolu yang suka cuma aku thok...jadinya malees banget mo bikin...>,<





PASTRY

PIE GORENG NANGKA

19:41:00




Blusukan ke pastrad beberapa hari yang lalu ketemu sama penjual nangka, hmm lagi musim nangka nih. Beli hanya sepotong, karena males bersihkannya, hehee..
Pie goreng isi nangka....ini adalah salah satu kue yang dari dulu pengen aku coba bikin sayangnya tiap kali punya nangka banyak selalu lupa dan ketika nangkanya udah habis baru inget klo mo bikin pie nangka. Dan aku suka sekali sama buah nangka apalagi klo di olah bareng jajanan pasar, seperti apem, sarikaya ketan, serabi ... bahkan bikin jajanan yang paling simpel pun,.seperti pisang goreng dicampur nangka... waahhh rasanya bener-bener istimewa (Y) yang blom pernah bikin pisang goreng campur nangka...silahkan dicoba deh...jangan lupa kirimin aku ya...hahaa (D)
Okay....resepnya asli dari Sajian Sedap, tanpa modifikasi...

PAI GORENG NANGKA


Bahan Kulit:
200 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung beras
25 gram pastry margarin
30 gram minyak goreng
50 gram gula tepung
1 butir telur
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan air es
minyak untuk menggoreng
2 sendok makan gula tepung untuk taburan

Bahan Isi:
150 gram nangka, haluskan
100 gram nangka, potong kotak
25 gram gula pasir
50 ml air
1/2 sendok makan maizena


Cara membuat:
  1. Isi, aduk rata nangka yang dihaluskan dengan gula pasir, air, dan maizena. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Tambahkan  nangka yang sudah dipotong-potong. Aduk rata.
  2. Kulit, campur tepung terigu, tepung beras, pastry margarin, minyak goreng, gula tepung, telur, baking powder, garam, dan air es. Aduk rata. Gumpalkan.
  3. Giling dengan gilingan mi. Mulailah dari ketebalan paling tebal. Setelah dua-tiga kali giling, kurangi ketabalannya satu nomor. Giling kembali. Begitu seterusnya  sampai ketebalan no 6.
  4. Potong 5x4 cm. Ambil selembar kulit. Beri isi. Tutup dengan selembar kulit lain. Rekatkan dengan air. Tekan dengan garpu sisi-sisinya.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang. 





Yeayy...pohon mintnya udah bisa dipetik, dan yang difoto itu daun pertama yang aku petik, sayangnya kliatan layu karena kena uap panas pienya.... Pohon mint yang ini bawa dari banyuwangi lebaran kemarin, ami ku yang nanemin, semoga subur makmur yaaa...karena udah 2 kali nanem sendiri berakhir dengan kekeringan, hikz...

Oiya...rasa pie nya enak bangeeeeetzz....tengkyu,,,tengkyu ya SaSe...^^

PASTRY

PASTRY "again"

12:47:00




Waktu nganter kakak tanggal 18 Agustus kemarin adek pengen mampir ke gramedia dia mo nyari sesuatu katanya...sementara mereka sibuk mencari-cari aku juga sibuk di tempat buku-buku kue dan masakan dan akhirnya aku beli 2 buku yaitu buku 99 Masakan Harian ala Resto nya Pak Sahak dan mbak Nenis  dan yang satunya buku Bento Karakter Unik nya mbak Yulyan dan Mbak Ika.
Dari bukunya Pak Sahak dan Mbak Nenis ada beberapa yang udah aku coba resepnya salah satunya bikin kulit pastry ini. Klo biasanya bikin kulit pastry pake resepnya Bu Sisca ...hehee kelain hati ^^

Dari awal aku pengen bikin kulit pastry yang tidak terlalu merekah berlapis-lapis gitu karena klo terlalu merekah banyak lapisannya tuh klo digigit kulitnya jadi beremah dan berantakan kemana-mana walopun sebenarnya yang merekah itu yang cantik...
Untuk membuat supaya tidak merekah aku hanya menggilas dan melipatnya sebentar aza. Dan hasilnya seperti yang aku harapkan...tetep merekah tapi ga banyak hehee, siplaaah....
Untuk isiannya ....teteeep pake pisang (favorit keluarga) tapi kali ini aku selip keju.








KULIT PASTRY

Bahan :

250gr      Terigu protein tinggi
1sdt         Gula pasir
1btr         Telur
150cc      Air es
1sdm       Margarin
130gr      Pastry margarin
1/2sdt      Garam


Cara Membuat :

1. Campur terigu, gula pasir dan garam. Aduk rata.

2. Masukkan telur uleni hingga rata. Tuang air es, uleni hingga setengah kalis.

3. Tambahkan margarin, uleni sebentar. Masukkan ke lemari es selama 20 menit.

4. Gilas adonan melebar, letakkan margarin pastry di tengah kemudian lipat seperti amplop, gilas.

5. Lakukan proses menggilas dan melipat sebanyak 5 kali. Bungkus adonan dengan plastik. Simpan adonan di lemari es selama 45 menit.

6. Adonan kulit pastry siap digunakan. 







Bentar lagi belajar ngebento yaa...nih lagi nunggu alat-alat bento datang. Abis beli buku bento eh dapat hadiah alat bento, horayy...alhamdulillah ya...bener-bener rejeki ga kemana lho ^^