KUE MENTHUK "bungkus"

20:44:00








Pertama kali tau kue ini dari sodara yang tinggal di Banyuwangi tapi bener deh aku ga tau resepnya dan ketika ke Banyuwangi lebaran kemarin juga lupa ga nanyain resepnya padahal sempat dibahas lho cara bikinnya.... Intinya kue basah yang dibungkus daun, kuenya itu terbuat dari adonan kulit dadar yang diisi daging ayam ato daging sapi yang dipotong kecil-kecil mirip isi lemper dan penyelesaiannya kulit dadar yang udah diisi itu diletakkan didaun kayak mo bikin botok gitu kemudian disiram dengan santan kental yang gurih ato biasa disebut areh daaaaaan kukuuuuuusss....
Hmm...kebayang kan rasanyaaa...

Mumpung lagi ada event Hidangan Bersantan nih di Pawon Ibu bikin menthuk aza ya (udah bbrp kali absen nih, hikz)...masuk dapur sambil memikirkan resepnya dan membayangkan rasanya...seperti biasa klo enak ya disetor dan klo ga enak...ya sudahlah ...lupakan aza, hihiiiii
Pengennya aku isi dengan daging sapi seperti yang sodaraku bikin tapi karena dikulkas adanya cuma daging ayam...yo wis pake itu aza ^^
Yuk ah...langsung resep aza ya...

KUE MENTHUK BUNGKUS

Adonan Kulit :

100gr     Tepung terigu
10gr       Tepung beras putih
1btr        Telur
300cc     Santan
1sdm     Minyak Goreng
Garam secukupnya

Cara membuat :

Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan licin. Buat dadar tipis. Sisihkan.

Isian :

200gr          Daging ayam, rebus kemudian iris kecil
2sdm          Minyak goreng untuk menumis
75-100cc   Air kaldu/santan encer

Bumbu untuk isian (dihaluskan) :

5btr         Bawang merah
2siung     Bawang putih
1sdt        Ketumbar
3btr        Kemiri
Garam, gula secukupnya

Pelengkap : santan areh, daun pisang+lidi, daun pandan potong2.

Cara Membuat :


1. Aduk semua bahan untuk adonan kulit hingga tercampur rata dan licin. Buat dadar tipis, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

2. Isian : panaskan minyak goreng, tumis bumbu hingga harum. Tambahkan daging ayam, aduk rata. Kemudian tambahkan air kaldu/santan, garam dan gula. Masak hingga meresap.

3. Penyelesaian : ambil selembar kulit dadar, letakkan isian kemudian lipat seperti bikin risoles. Letakkan di selembar daun pisang, tambahkan 1 sdm santan areh dan selipkan sepotong daun pandan kemudian bungkus seperti botok. Lakukan hingga semua adonan terbungkus rapi. Kukus kurang lebih 15-20 menit.









Bikinnya tuh beneran ribet puol...dari bikin isi, bikin kulit sampe membungkus dan mengukus tapiiiiiii ketika udah mateng trs diincipi...huwaaaaa tidak mengecewakaaaaan...*_*
Oiya...satu lagi nih, critanya daun pisangnya bawa dari Tempeh beberapa hari yang lalu trs aku simpan di kulkas eh...ternyata sebagian udah banyak yang kering. Dipilih-pilih hanya ada 5 lembar yang layak pake, sementara satu resep kue itu jadi 10 biji ...hmmm akhirnya daripada pusing yang 5 lagi aku pakein pinggan tahan panas yang aku alas dgn daun pisang jadi tetep ada aroma daun pisangnya gituh, siipp wis...(Y)
Yang pengen...yang pengen....silahkan bikin dirumah masing-masing, heuheuuu^^

You Might Also Like

6 komentar

  1. Replies
    1. Klo ditempatku lemet itu terbuat dr singkong yg diparut ditambah parutan kelapa dan gula merah/putih kemudian dibungkus daun (kyk bikin pepes), dikukus...
      makasih ya mbak :)

      Delete
  2. assalamualaikum mbak vivi, piye kabare? miss u...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam wrwb...
      kabar baik mbak lina, miss u tooooo mbak....^^
      Makasih ya....

      Delete
  3. kalo aku nyebut kue ini mirip dengan mento. Tapi isinya daging sapi giling. Daging dibungkus pake dadar, disiram areh, dibungkus daun pisang dan dikukus. Persis kan cara bikinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis bgt mbaak. Itu jg sodaraku klo bikin pk daging sapi tp krn aku lg ga ada stok jd aku ganti ayam :D
      makasih ya mbak...

      Delete