Sunday, 2 June 2013

PUMPKIN PIE




Ahhaaayyy....akhirnya aku bikin pie waloh jugaaa....
Critanya ...beberapa hari yang lalu aku dan tetanggaku (bu Harmaji) bikin kue-kue yang dari labu untuk acara bazaar. Dari cake labu, brownies labu dan muffin labu... Cake labunya pake resep mbak R, brownies labunya nyontek di majalah Sedap dan muffin labu nya lupa resepnya sapa, hikz... dan ga ke foto semua karena finishing udah abis maghrib jadi maleslah mo poto-poto...menurut crita bazaarnya sukses...sipplaaah (Y)
Ada sisa labu nih...yang satu utuh, satunya lagi separuh...klo yang utuh sih dia akan baik-baik aza sampe beberapa bulan ke depan asalkan ga di letakkan dilantai tapi yang udah tinggal separuh harus segera dibikin sesuatu biar ga busuk. Hmm...Pumpkin Pie menari-nari di pikiranku, dari menit ke menit...daripada menyiksaku lebih baik segera diwujudkan ya...nyari-nyari loyang pie, nyiapin bahan-bahan...
Resep pie crustnya nyontek di majalah sedap pemula dan untuk fillingnya nyontek di blognya Mbak R.

PUMPKIN PIE

Bahan pie :

100gr    Margarin
2sdm     Tepung gula
1btr       Telur (vi pk kuningnya aza)
200gr    Tepung terigu protein sedang


Bahan Isian/Filling :

300 gr Labu Parang/Labu Kuning, kukus, haluskan daging buahnya
3 butir telur utuh, ukuran kecil
50 cc Susu Full cream (vi pk 100cc)
50 cc Whipped Cream Cair (vi ga pake)
90 gr Gula Palem (vi pk 45gr gula pasir, 45gr gula palem)
1 gr garam halus
1/8 sdt Bubuk Kayu Manis
1/8 sdt Vanili Ekstrak/essence

Cara pembuatan :

Kulit Pie :

1. Dalam wadah besar, masukkan tepung terigu, margarine, kuning telur. Aduk dengan menggunakan pisau pastry/garpu, hingga adonan merata dan berbutir-butir. Istirahatkan 10 menit.

2. Tipiskan adonan setebal kira-kira 0,5 cm. Letakkan adonan yang udah ditipiskan diloyang pie ukuran diameter 20cm yang udah dioles margaris tipis-tipis.  Tusuk-tusuk alas dasar kulit pie dengan garpu, istirahatkan sebentar.

Adonan Filling :

Kocok lepas semua telur beserta garam, tuang dalam wadah mangkok, tuangi susu cair aduk rata. Masukkan labu kuning yg telah dihaluskan, serta gula palem dan gula pasir, aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Penyelesaian :
Ambil loyang pie yg telah dilapisi kulit tadi, tuang adonan filling ke dalamnya kemudian panggang dalam oven suhu 160 derajat celcius selama 30-35 menit/hingga matang ato jika adonan filling udah set ato udah tidak goyang-goyang berarti udah mateng

Oiyah...kenapa aku ga pake resep pie crust nya Mbak R ? jawabnya adalah... aku punya loyang pie ukuran 20cm dan 25cm... aku maunya bikin yang di loyang 20cm aza dan aku nyari resep pie yang pas dengan loyang 20cm itu jadilah aku nyontek di Sedap dan untuk fillingnya... seresep adonan fillingnya Mbak R itu pas banget di loyang ukuran 20cm itu...hmm siplah..^^







Rasanya...enak bangeeeeetz...yang blom pernah bikiiiin...disarankan untuk segera biikiiiiin...
Mbak R...matur sembah nuwun resepnya ^^

Daaaaan...masih ada satu buah labu lagi disiniiiii, gede pulaaa...mo bikin apa lagi yaaa @___@




No comments:

Post a Comment