PUDDING

CHOCOLATE PUDDING VLA VANILLA

20:08:00





Pengennya bikin puding yang ada cakenya gitu ato puding yang rasa lain seperti rasa mocca, strowberry ato yang fruty-fruty gitu...tapiiiiii anak-anakku ga ada yang suka. Mereka tuh tiap kali minta bikinin puding ya puding coklat vla vanilla :D daripada aku bikin terus ga ada yang mau kan sayang tuh, dan capek-capekin badan juga mending bikin yang rasa coklat aza yang pasti pada suka dan pasti abisnya... ^^

Resep pudingnya nyontek dimajalah Sedap Pemula edisi 70 dan resep vla nya juga nyontek di majalah Sedap tapi edisi jadul.


CHOCOLATE PUDDING VLA VANILLA

Bahan :

150gr       DCC, cairkan
30gr         Coklat bubuk
1/2sdt       Coklat pasta
100ml       Air panas
2000ml     Susu cair
225gr        Gula pasir
2bungkus  Agar-agar bubuk warna putih
1bungkus   Jeli instan
1/2sdt        Garam

Cara membuat :

1.  Larutkan coklat bubuk di dalam air panas. Aduk sampai licin, sisihkan.

2. Rebus susu cair, gula pasir, agar-agar, jeli dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan DCC cair dan larutan coklat bubuk, aduk sampai mendidih kembali.

3. Tuang adonan ke ke dalam cetakan. biarkan beku.

4. Sajikan puding dengan vla vanilla.



Vla Vanilla

Bahan :

300ml      susu cair
11/2sdm   tepung maizena
60gr         gula pasir
1btr          kuning telur
1/8sdt      garam
Essen vanilla secukupnya

Cara membuat :

Rebus susu, maizena, gula, garam dan vanilla sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang kekuning telur. Aduk rata. Tuang kembali kedalam panci. Rebus sambil diaduk hingga meletup-letup, matikan api. 




CAKE

COFFEE CHEESE CUP CAKE WITH STREUSSEL

19:30:00





Berawal dari rasa penasaran dengan rasa cake yang ngopi tapi ngeju kemudian ketemu dengan resep  di majalah Sedap th 2006. Langsung bikin deh...hanya saja diresep asli ga pake taburan streussel berhubung aku seneng dan suka banget dengan remah-remah streussel maka cup cake nya aku tambah dengan streussel dan hasilnya enak banget...beneran deh...

Untuk resep streusselnya aku masih pake resep streussel yang dulu2, yang pernah aku share disini,


COFFEE CHEESE CUP CAKE WITH STREUSSEL

Bahan :

100ml       Susu cair
2sdt          Kopi instan
4lbr          Keju slice, potong2 ato bisa diganti 85gr keju cheddar
1/4sdt       Garam
175gr       Margarin
150gr       Gula tepung
5btr          Kuning telur
3btr          Putih telur
175gr       Tepung terigu protein rendah
25gr         Tepung maizena

Cara membuat :

1. Panaskan susu dan kopi, aduk sampai larut. Tambahkan keju dan garam, aduk sampai larut. Sisihkan.

2. Kocok margarin dan gula sampai lembut. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil dikocok rata.

3. Tambahkan sisa tepung terigu dan tepung maizena sambil diayak dan diaduk rata.

4. Masukkan campuran susu, aduk rata.

5. Tuang ke cetakan muffin kecil yang sudah dialas cup kertas, tabur streussel.

6. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat celcius.












COOKIES

DOUBLED CHOCO COOKIES

10:50:00




Mumpung lagi OL...yuk update blog...

Kukis ini bikinnnya udah beberapa hari yang lalu, klo baru tayang yaaa aku sempetnya hari ini, hihiii ^^ ...ini maksudnya bikinin cemilan buat anak-anakku...yang ga cepet habis, yang ga gampang basi dan pastinya yang mereka suka. Kenapa yang ga cepet habis dan ga gampang basi ? karena biar aku ga bolak-balik bikin cemilan buat mereka. Sebenarnya beberapa hari yang lalu udah bikin amris frozen juga, hmmm amris juga ok tuh, bisa disimpen di kulkas klo mereka pengen tinggal digoreng...

Nih resepnya dari majalah favorit Sedap Pemula (dr dulu xmp sekarang tetep aza sik pemula, hihii). Tidak ada yang beda dari kukis pada umumnya, dari persiapan bahan sampai cara pembuatan. Tapi untuk jenis kukis coklat kayak gini tidak perlu menggunakan cetakan, cukup dibentuk dengan menggunakan sendok aza karena isinya yang banyak (kacang mede, choco chip) tidak memungkinkan untuk dicetak. Juga biasanya kukis yang dicetak menggunakan sendok itu adonannya cenderung lembek dan hasil akhirnya akan renyah dan melebar. 

DOUBLED CHOCO COOKIES

Bahan : 

50gr      Margarin
100gr    Mentega
100gr    Tepung gula
100gr    Selai kacang halus
100gr    Dark cooking chocolate, lelehkan
1btr       Kuning telur
150gr   Tepung terigu protein sedang
30gr     Susu bubuk
30gr     Tepung maizena
20gr     Coklat bubuk
1/2sdt   Baking powder
50gr     Kacang mede, sangrai, cincang
75gr    Choco chips

Cara membuat :

1. Kocok margarin, mentega dan gula tepung cukup 3 menit.

2. Masukkan selai kacang dan kuning telur. Kocok rata. Tambahkan DCC leleh, kocok rata.

3. Masukkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, coklat bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.

4. Tambahkan kacang mede dan choco chips, aduk sampai menyebar.

5. Sendokkan di loyang yang telah dioles margarin.

6. Oven dengan api bawah, suhu 140 derajat celcius selama 25 menit hingga matang.







Kukis ini enak bangeeet, silahkan dicoba deh buat lebaran nanti ato ga usah nunggu lebaran, kelamaan...bikin sekarang aza buat cemilan dirumah...^^

PASTRY

HORN PASTRY

17:55:00

  



Tiba-tiba pengen makan cum-cum, kangen banget sama cum-cum nih, membayangkan cum-cum @_@....udah luaaaamaaa banget ga makan kue ini dan lama juga ga ngumek-ngumek adonan pastry, terakhir bikin untuk PR LBT itupun aku isi dengan sosis. Huwaaa...mari singsingkan lengan baju, masuk dapuuuuuurr.... siapin bahan-bahan...siapin peralatan.... jangan lupa roll kayu untuk ngegilesss...








Resep pastrynya masih tetep pake yang punya bu Sisca...di halaman lain udah pernah aku tulis kan ..?
Karena gampang dan pasti jadi tuuh...jd males mo pake resep yang lain... ^^
Dan cetakan cum-cumnya hehee....itu punya umik yang aku bawa, daripada ga ke pake kan...??





 







Oiya...kalo ditempatku ini namanya kue cum-cum...dulu waktu masih kecil sering dibelikan kue cum-cum ini sama Umik dan belinya di toko roti Orion, toko roti yang terkenal di Lumajang sampe sekarang pun aku masih sering mampir kalo pas pulang ke Lumajang untuk beli kue/roti disana walopun udah bisa bikin sendiri, hihiiii naluri njajannya masih tetep membara yaaa viviiii...hahaa

Ntah kenapa aku syukkaa banget sama kue-kue yang ada vla nya...sus, fruitpie...hmmm bener-bener selalu bikin kangen untuk menggigitnyaa...







Liat tuh gambarnya...menggoda untuk digigit kan ...?
Pengen juga kah ....?? aiiooo segera bikiiiiiin...rasakan sensasinya ngegiles kulit pastry, dan aku yakin kalian pasti tersenyum ketika dikeluarin dari oven dan  melihat setiap lapisannya...^^
Happy baking ...^^


PASTRY

PUMPKIN PIE

17:54:00




Ahhaaayyy....akhirnya aku bikin pie waloh jugaaa....
Critanya ...beberapa hari yang lalu aku dan tetanggaku (bu Harmaji) bikin kue-kue yang dari labu untuk acara bazaar. Dari cake labu, brownies labu dan muffin labu... Cake labunya pake resep mbak R, brownies labunya nyontek di majalah Sedap dan muffin labu nya lupa resepnya sapa, hikz... dan ga ke foto semua karena finishing udah abis maghrib jadi maleslah mo poto-poto...menurut crita bazaarnya sukses...sipplaaah (Y)
Ada sisa labu nih...yang satu utuh, satunya lagi separuh...klo yang utuh sih dia akan baik-baik aza sampe beberapa bulan ke depan asalkan ga di letakkan dilantai tapi yang udah tinggal separuh harus segera dibikin sesuatu biar ga busuk. Hmm...Pumpkin Pie menari-nari di pikiranku, dari menit ke menit...daripada menyiksaku lebih baik segera diwujudkan ya...nyari-nyari loyang pie, nyiapin bahan-bahan...
Resep pie crustnya nyontek di majalah sedap pemula dan untuk fillingnya nyontek di blognya Mbak R.

PUMPKIN PIE

Bahan pie :

100gr    Margarin
2sdm     Tepung gula
1btr       Telur (vi pk kuningnya aza)
200gr    Tepung terigu protein sedang


Bahan Isian/Filling :

300 gr Labu Parang/Labu Kuning, kukus, haluskan daging buahnya
3 butir telur utuh, ukuran kecil
50 cc Susu Full cream (vi pk 100cc)
50 cc Whipped Cream Cair (vi ga pake)
90 gr Gula Palem (vi pk 45gr gula pasir, 45gr gula palem)
1 gr garam halus
1/8 sdt Bubuk Kayu Manis
1/8 sdt Vanili Ekstrak/essence

Cara pembuatan :

Kulit Pie :

1. Dalam wadah besar, masukkan tepung terigu, margarine, kuning telur. Aduk dengan menggunakan pisau pastry/garpu, hingga adonan merata dan berbutir-butir. Istirahatkan 10 menit.

2. Tipiskan adonan setebal kira-kira 0,5 cm. Letakkan adonan yang udah ditipiskan diloyang pie ukuran diameter 20cm yang udah dioles margaris tipis-tipis.  Tusuk-tusuk alas dasar kulit pie dengan garpu, istirahatkan sebentar.

Adonan Filling :

Kocok lepas semua telur beserta garam, tuang dalam wadah mangkok, tuangi susu cair aduk rata. Masukkan labu kuning yg telah dihaluskan, serta gula palem dan gula pasir, aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Penyelesaian :
Ambil loyang pie yg telah dilapisi kulit tadi, tuang adonan filling ke dalamnya kemudian panggang dalam oven suhu 160 derajat celcius selama 30-35 menit/hingga matang ato jika adonan filling udah set ato udah tidak goyang-goyang berarti udah mateng

Oiyah...kenapa aku ga pake resep pie crust nya Mbak R ? jawabnya adalah... aku punya loyang pie ukuran 20cm dan 25cm... aku maunya bikin yang di loyang 20cm aza dan aku nyari resep pie yang pas dengan loyang 20cm itu jadilah aku nyontek di Sedap dan untuk fillingnya... seresep adonan fillingnya Mbak R itu pas banget di loyang ukuran 20cm itu...hmm siplah..^^







Rasanya...enak bangeeeeetz...yang blom pernah bikiiiin...disarankan untuk segera biikiiiiin...
Mbak R...matur sembah nuwun resepnya ^^

Daaaaan...masih ada satu buah labu lagi disiniiiii, gede pulaaa...mo bikin apa lagi yaaa @___@




BROWNIES

BROWNIES TOPPING MEKSIKO

17:54:00





Inilah kue favorit kami... coklatnya yang pekat dan legit membuat kami ga pernah bosan untuk menikmatinya, beneran lho...sepotong ga akan pernah cukup buat kami, hihiiii...doyaaaann...^^
Kalo biasanya aku bikin yang hanya pake topping almond dan choco chip kali ini aku mencoba yang bertopping mexico, resepnya aku dapet dari majalah Sedap.

Adonan toppingnya itu dominan rasa kopi karena ada tambahan kopi instan di adonannya. Karena aku suka kopi tapi bukan masuk dalam yang golongan addict ya...(hanya sekali waktu aza ngupinya dan belom tentu juga sebulan sekali :D) jadi ketika bronis yang nyuoklat banget ketemu dengan kopi ... hmmm rasanyaaaa ...aku syuka banget...pokoknya enak deh (Y)








Penasaran pengen nyobain juga ...? nih resepnya ...^^

BROWNIES TOPPING MEKSIKO

Bahan brownies :

100gr     Margarin
250gr     Dark Cooking Chocolate, potong-potong
3btr        Telur
125gr     Gula pasir
100gr     Tepung terigu

Bahan topping :

50gr     Mentega tawar
30gr     Tepung gula
1sdt      Kopi instan
1btr      Kuning telur
50gr     Tepung terigu protein sedang
1/8sdt   Pasta kopi

Bahan taburan : Almon slice secukupnya

Cara membuat :

1. Brownies : panaskan margarin, masukkan potongan coklat. Aduk hingga coklat larut, sisihkan.

2. Kocok telur dan gula asal kental, tambahkan campuran coklat. Kocok rata.

3. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Tuang ke dalam loyang 30x10x4cm yang telah dioles margarin dan dialas kertas roti.

4. Oven kurang lebih 25 menit dengan suhu180 derajat celcius (setengah matang)

5. Topping : kocok mentega dan gula sampai lembut. Tambahkan kopi instan, kuning telur dan pasta kopi. Kocok rata. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Tuang ke atas brownies, ratakan. Tabur almond slice. Oven lagi hingga matang.





CAKE

MARMER CAKE SINGKONG

17:53:00





Nih gara-gara beberapa hari yang lalu waktu aku bikin cake singkong umikku nelpon dan aku crita klo lagi bikin cake singkong. Waktu itu umik crita klo punya resep cake singkong yang pake singkong mentah...weeiiii penasaran pengen bikin secara yang aku bikin saat itu pake singkong mateng yang dihaluskan.
Dan kebetulan ada tukang singkong lewat, beli deh sekilo sajjah karena yang dipake cuma dikit. Langsung masuk dapur karena klo kelamaan ga segera dimasak singkongnya akan jadi 'gaplek' ato 'gatot' ...blom pernah denger kan yang namanya cake gaplek ato cake gatot... hihiiii
Setelah aku baca resepnya siih...mirip-mirip resep sponge cake hanya aza di tambah parutan singkong. Okay ...bikin separuh resep aza yah karena seperti biasa klo yang model-model cake gini ini anak-anakku ga pada doyan. Oiya...resep asli sebenarnya ga pake maizena karena aku takut hasil cake jadi padet gara-gara ada singkongnya sooo aku tambah maizena, hehee... dan sengaja aku bikin marmer maksud hati biar ada motifnya...eh ternyata kayaknya aku salah...kayaknya lebih baik ga pake motif marmer karena penambahan aroma coklat pada marmer jadi menyamarkan rasa singkongnya...hmm nyesel tapi yasudahlah....^^

Rasanya enaaak, yang awalnya aku membayangkan cake yang padet karena ada tambahan singkong ternyata ga lho...tapi aku masih kurang sreg dengan tambahan coklatnya itu...menurutku kurang berasa singkong >,<






CAKE

BARBARRA CAKE

17:53:00





Ini namanya Barbarra Cake...dari buku Variasi Brownies Gaya Baru, Chendhawati. Buku pinjeman, pinjem di mbak Lulus, hehee...
Dari namanya aku baru tau...yang ada dipikiranku rasanya mirip-mirip brownies karena di judul bukunya variasi brownies, tapi kalo liat bahan-bahannya kayak mo bikin cake deh...juga cara bikinnya. Hehee...
Komentar selanjutnya...ga ada, cukup sekian aza ya...^^
Silahkan dinikmatiti gambarnya...