Wednesday, 15 May 2013

BOLU GULUNG KUKUS PUTIH TELUR




Critanya mbak Lulus ngajakin aku untuk belajar bikin kue, jenis kuenya mbak Lulus yang nentuin dan salah satunya bolu gulung ini. Sejak bisa bikin kue baru kali ini bikin bolu gulung kukus yang pake putih telur semua, udah gitu putih telurnya dingin pula...bener-bener dingin...lha wong pas mo dikocok tuh masih beku. Jujur aku khawatir ga jadi aza..hihiii dan ternyata waktu dikocok bisa mengembang sempurna. Selanjutnya...bikin motifnya tuh, pengennya sih sama seperti yang digambar buku tapi ternyata kami kurang sabar, hikz...akhirnya dengan kesepakanan kami berdasarkan ketidaksabaran itu (bahasa yang aneh, hahaa) sisa adonan hijau dituang begitu aza diatasnya. Ketika udah matengpun bikin aku ketar-ketir karena hasilnya tebel banget boooo...khawatir ga bisa digulung, tapi alhamdulillah bisa tergulung rapi. Daaaan...hasilnya silahkan diliat di foto itu...hihiiii
Oiya resepnya ini nyontek dibuku tapi aku lupa buku apa, punya mbak Lulus tuh...


BOLU GULUNG KUKUS PUTIH TELUR 

Bahan :

350cc     Putih telur
250gr     Gula
1sdm      Cake emulsifier
130gr     Tepung terigu
20gr       Susu bubuk
50cc       Santan kental
Garam
Pasta coklat dan pasta pandan secukupnya.
Selai stroberry secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan kukusan dengan api sedang. Siapkan loyang ukuran 26x26x3cm, alas kertas roti dan oles margarin.

2. Kocok putih telur, gula dan cake emulsifier hingga mengembang (seperti klo bikin sponge cake). Kecilkan kecepatan mikser, tambahkan bahan kering sedikit demi sedikit. Terakhir masukkan santan kental.

3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, tambahkan masing dengan pasta pandan dan coklat. Masukkan masing adonan ke dalam piping bag. Semprotkan ke loyang sejajar, bergantian coklat dan hijau.

4. Kukus kurang lebih 15 menit. Setelaha matang balik cake, oles dengan selai kemudian gulung dan padatkan.






Coba perhatikan foto ini dengan foto Kue Lumpur tadi...sama cangkir dan kainnya kaaan....hihiii karenaaa...moto kue lumpur itu pagi hari dan bolgul ini sore harinya, cangkir dan teman-temannya yang dipake foto2 kue lumpur  itu blom diberesin jadiiiii daripada nyari-nyari properti lagi yo wis itu aza dipake lagiiiii....tapi tekonya ga aku pake biar agak beda lah... :D

No comments:

Post a Comment