ROLLCAKE

BOLU GULUNG KUKUS PUTIH TELUR

20:36:00




Critanya mbak Lulus ngajakin aku untuk belajar bikin kue, jenis kuenya mbak Lulus yang nentuin dan salah satunya bolu gulung ini. Sejak bisa bikin kue baru kali ini bikin bolu gulung kukus yang pake putih telur semua, udah gitu putih telurnya dingin pula...bener-bener dingin...lha wong pas mo dikocok tuh masih beku. Jujur aku khawatir ga jadi aza..hihiii dan ternyata waktu dikocok bisa mengembang sempurna. Selanjutnya...bikin motifnya tuh, pengennya sih sama seperti yang digambar buku tapi ternyata kami kurang sabar, hikz...akhirnya dengan kesepakanan kami berdasarkan ketidaksabaran itu (bahasa yang aneh, hahaa) sisa adonan hijau dituang begitu aza diatasnya. Ketika udah matengpun bikin aku ketar-ketir karena hasilnya tebel banget boooo...khawatir ga bisa digulung, tapi alhamdulillah bisa tergulung rapi. Daaaan...hasilnya silahkan diliat di foto itu...hihiiii
Oiya resepnya ini nyontek dibuku tapi aku lupa buku apa, punya mbak Lulus tuh...


BOLU GULUNG KUKUS PUTIH TELUR 

Bahan :

350cc     Putih telur
250gr     Gula
1sdm      Cake emulsifier
130gr     Tepung terigu
20gr       Susu bubuk
50cc       Santan kental
Garam
Pasta coklat dan pasta pandan secukupnya.
Selai stroberry secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan kukusan dengan api sedang. Siapkan loyang ukuran 26x26x3cm, alas kertas roti dan oles margarin.

2. Kocok putih telur, gula dan cake emulsifier hingga mengembang (seperti klo bikin sponge cake). Kecilkan kecepatan mikser, tambahkan bahan kering sedikit demi sedikit. Terakhir masukkan santan kental.

3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, tambahkan masing dengan pasta pandan dan coklat. Masukkan masing adonan ke dalam piping bag. Semprotkan ke loyang sejajar, bergantian coklat dan hijau.

4. Kukus kurang lebih 15 menit. Setelaha matang balik cake, oles dengan selai kemudian gulung dan padatkan.






Coba perhatikan foto ini dengan foto Kue Lumpur tadi...sama cangkir dan kainnya kaaan....hihiii karenaaa...moto kue lumpur itu pagi hari dan bolgul ini sore harinya, cangkir dan teman-temannya yang dipake foto2 kue lumpur  itu blom diberesin jadiiiii daripada nyari-nyari properti lagi yo wis itu aza dipake lagiiiii....tapi tekonya ga aku pake biar agak beda lah... :D

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

KUE LUMPUR KENTANG

20:34:00





Sebenarnya udah seriiiiiiing banget bikin kue lumpur ini dan masih setia dengan resep NCC tapi ga pernah difoto-foto serapi ini, hihiiii
Daripada kentang busuk satu per satu, lebih baik diubah jadi makanan kan sebelum busuk semuanya...:D dan sengaja hiasannya ga pake kismis tapi pake adonan yang dikasih pasta coklat (jadul banget, hihiii...)

Rasanya lembut banget, pokoknya aku syuka banget sama kue ini....











JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

TALAM PANDAN GULA MERAH

07:27:00





DOELOE udah pernah bikin talam pandan pake resep NCC, kali ini bikin lagi masih dengan resep yang sama hanya aza lapisan putihnya aku tambah dengan gula merah. Karena ada gula merahnya itu rasanya jadi tambah legit.
Resepnya liat disini aza ya... males nulis nih @_@. 

Oiya...dalam satu resep adonan putih itu aku tambah 100gr gula merah yang udah disisir halus, pastikan gula merahnya bener-bener bersih. Aku bikinnya waktu itu gula merahnya langsung aku larutkan di adonan putihnya kemudian aku saring untuk memastikan bener-bener bersih ato bisa juga gula merahnya direbus dulu tapi klo gula merahnya direbus dulu santannya harus dikurangi biar ga terlalu encer.












ROTI

ROTI PIZZA

14:07:00




Ada sisa tepung protein tinggi, ada sisa saos bolognese....adek minta dibikinin roti pizza. Pake resep Roti empuknya NCC tapi kali ini airnya aku ganti dengan susu cair.


SOFT BREAD NCC

Bahan A:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
100 gr   gula
11 gr     ragi instan
1/2 sdt  bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml   air Es (vi pk susu cair)

Bahan B:
100 gr   mentega/margarine
5 gr      garam

Pelengkap :
Saus bolognese, sosis sapi, daging ayam cincang yang vi tumis dgn bawang putih dan lada hitam, keju secukupnya


Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan, bagi adonan masing2 40gr. Diamkan 15 menit. Tipiskan adonan kemudian oles dengan saos bolognese, tata potongan sosis dan tumisan ayam, tabur keju parut.
  3. Diamkan sebentar saja ato tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan,  panggang selama kurang lebih 15 menit, suhu 180 C hingga terlihat keemasan.
 



PAWON IBU

BENTO "BUNGA MATAHARI"

14:07:00








Yuhhuuu...udah nyampe event bulan Mei untuk Pawon Ibu yaaa... kali ini tema nya adalah BENTO, huffttt lap keringet dolooo...

Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siang, makan malam, atau bekal piknik.
Bentō biasanya dikemas untuk porsi satu orang, walaupun dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bentō sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, berikut penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus uster dalam kemasan mini.
Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. (sumber Wikipedia)

Jujur sejujur-jujurnya nih... aku ga pernah bikinin anakku nasi bekal yang di bento-bento'in kayak gini karena 2 ndoro putriku itu emang ga pernah minta, bawa bekal ke sekolah pun juaraaang buanget karena disekolah udah dapat snack dan makan siang. Kalopun bawa itu karena ada acara outing ato renang daaaaaaann ga pernah dibentuk aneh-aneh gitu, yo wis brak-bruk di luncbox, hihiiii.... makanya ketika temen-temen sibuk pada beli buku bento aku anteng-anteng ae :D
Ketika baca temanya untuk bulan ini... dwoh!!! bingung mo bikin apa, pokoknya yang kebayang yang gampang-gampang aza.

Dan inilah Bento Bunga Matahari....hmmm...udah mirip bunga matahari ga yah ?? anggap aza mirip ya...hihiii...habisnya bingung mo bikin apa, hikz...

Yang aku butuhkan untuk mewujudkan si bento itu adalah ...

*Nasi putih, yang aku cetak pake cangkir kecil biar pas sama luncboxnya.
*Telur dadar, yang aku cetak "mirip" bunga matahari ^^
*Ayam goreng tepung, sengaja aku bikin kecil-kecil biar kliatan imut..#halah^^
*Sosis sapi asap, yang aku potong2 dan dibelah 4 kemudian rebuuuuus biar mekrok 
*Brokoli, aku rebus sebentiiiiiir biar warnanya cantik
*Kentang goreng, beli frozen tinggal goreng sreng...
*Bakso sapi, frozen juga terus aku belah 4 dan goreeeeeng...biar mekrok juga...^^
*Biar kliatan cantik aku hias dengan bunga2 kecil yang dicetak pk plunger...






Hasilnya...lumayanlah untuk seorang vi2, hihiiii...
Ini cerita selanjutnya....ketika selesai foto-foto bentonya aku simpen dulu nunggu ndoro putriku pulang skolah...hmm yang pulang duluan si kakak nih karena udah selesai ujian jadi udah tidak ada pelajaran. Ketika dia pulang sekolah aku tunjukin bentonya....daaaaaaann eksprsinya udah bisa aku tebak dari awal..... dia bilang "wow, bento ..." (garing) ...hanya diliat aza, ga pengen makan. Akhirnya aku yang makan karena klo nunggu adek masih ntr sore pulangnya dan aku yakin dia pasti akan berekspresi yang sama, garing juga....(hikz), kakak hanya nyincipi ayamnya aza... sejenak berpikir...#kayaknya klo anak orang lain ga kayak gini deh, pasti mereka akan riang gembira dibikinin yang lucu-lucu gini....#lap keringet lagi, huffttt....


vi2 saiki iso masak...

AYAM BAKAR BUMBU KUNING

14:07:00





Ayam Bakar Bumbu Kuning....hmmm udah lama ga masak ini. Aroma bakarannya bikin kangen... Kebetulan dirumah pada suka, walopun untuk Ara-Tia harus dibuang dulu bagian hitam yang terkena bara api...yang penting mereka pada suka lah..hehee ...seperti biasa, aku masak ga pernah banyak, hanya untuk sekali makan aza dan biasanya masak untuk makan malam.

 AYAM BAKAR BUMBU KUNING

Bahan :
1/2kg        Ayam (boleh paha ato dada, suka2 aza) potong sesuai selera
300cc       Santan
1btg          Serai, geprek
4lbr           Daun jeruk
2lbr           Daun salam
Minyak untuk menumis
Garam, gula secukupnya

Bumbu dihaluskan :
10btr         Bawang merah
5siung       Bawang putih
3cm           Kunyit
5btr            Kemiri (sangrai dl)
1/4sdt         Jinten
1/2sdt         Ketumbar

Cara membuat :

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk dan daun salam hingga harum
2. Tambahkan ayam, aduk-dauk hingga berubah warna.
3. Tuang santan, aduk rata. Tambahkan garam dan gula. Biarkan hingga ayam matang dan kuah menyusut. Terakhir bakar ayam diatas bara api hingga harum dan berwarna kecoklatan.










ROTI

ROTI ISI PISANG

14:06:00





Kangen rerotian... bikin roti isi pisang plus keju dan meses, hmm kebayang lezatnya...kesukaan kami nih. Sengaja dibikin roti potong, males ngebentuk satu-satu hehee...
Resepnya masih dengan Soft Bread NCC...yang hasilnya beneran empyuuk...



SOFT BREAD NCC

Bahan A:
500 gr   tepung terigu protein tinggi
100 gr   gula
11 gr     ragi instan
1/2 sdt  bread improver
4 btr     kuning telor
200 ml   air Es

Bahan B:100 gr   mentega/margarine
5 gr      garam

Bahan isi :
Pisang yang sudah direbus, meses, keju

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A, uleni hingga bergumpal-gumpal, masukkan bahan B, uleni terus hingga kalis elastis. Istitirahatkan 20 menit.
  2. Kempiskan adonan kemudian bagi 2, tipiskan kira2 tebal 1cm kemudian tata pisang memanjang ditengah adonan, tabur meses dan keju parut. Rapatkan bagian sisi adonan. Letakkan adonan yang sudah diisi diloyang yang sudah dioles margarin.
  3. Diamkan 30 s/d 60 menit, tergantung kehangatan udara. Setelah terlihat mengembang ringan, poles atasnya dengan kuning telur kocok, panggang selama 20 menit, suhu 180 C hingga terlihat keemasan. Angkat. Langsung poles permukaan roti dengan margarin












Bentuk roti gini pas banget untuk orang-orang yang lagi males kayak aku, karena ga ribet ngebentuk satu-satu hihiii... eh dulu aku juga pernah lho bikin roti kayak gini tapi aku isi daging dengan resep roti yang sama ...^^

CAKE

BANANA CAKE

14:05:00




Lagi ke toko buah ...eh ada pisang ambon yang udah mateng banget dan udah hitam kulitnya, iseng nanya ke penjualnya harganya berapa...beliau bilang 3rb...wis langsung bungkus ae, hihiiii 
sampe rumah langsung nyari majalah Sedap Pemula yang ada resep cake pisangnya...
Langsung resep aza yah...


BANANA CAKE

Bahan :

150gr      Margarin
50gr        Mentega
75gr        Gula merah, sisir (vi pk gula palm)
25gr        Gula pasir
150gr      Pisang ambon, haluskan (vi pk 200gr)
1/8sdt      Garam
4btr         Telur
150gr       Tepung terigu protein sedang
25gr         Susu bubuk
25gr         Maizena
1sdt         Bumbu spekuk
1/2sdt      Baking powder
75gr         Almond slice utk taburan (vi pk kenari lg ga punya almond)

Cara membuat :

1. Kocok margarin, mentega, gula palem dan gula pasir selama kurang lebih 7menit, hingga lembut. Masukkan pisang ambon dan garam. Kocok rata.

2. Tambahkan telur bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.

3. Masukkan sisa tepung, susu bubuk, maizena, bumbu spekuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.

4. Tuang dalam loyang 24x10x7cm yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburi almond/kenari.

5. Oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 45 menit atau hingga matang.

















Huwaaaa....wangi pisang ambon, mentega plus bumbu spekuk...bener-bener deeh ....
Disarankan untuk dicoba, enak bangeeeeetzz.....

vi2 saiki iso masak...

BAKSO TAHU

14:05:00





Maksud hati pengen bikin bakso tahu yang banyak tepungnya...hmmm...ato baksonya lebih mirip cilok gitu tapi ada rasa dagingnya (vi2 selera'e ndeso banget...^^) tapi hasilnya kok masih berasa daging banget ...enak juga sih tapi ini ga sesuai sama yang aku bayangkan...dibayanganku hasilnya kenyil-kenyil mirip cilok gitu. Hmm kurang tepung kayaknya ya, hihiiii... 

Dan udah bisa dipastikan...makanan kayak gini dirumahku laris manis, langsung habis pokoknya deh...







JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

LUPIS

14:04:00



Jajan pasar lagiiiii...
Kali ini bikin Lupis...udah pada tau kan sama jajanan yang satu ini...? Ini jajanan favorit adek dan aku, klo kakak asli ga doyan...
Klo ditempatku Lupis ini dijual bareng sama cenil, lathok, apem, klepon dll... satu keluarga deh sama mereka itu. Lupis terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun membentuk segitiga ato ada juga yang dibungkus mirip lontong. Bikinnya gampang banget, padahal awalnya aku kira bikinnya susah tapiiiiii...ngerebusnya itu lho yang luamua buangeeeetz... jadi teringat klo malam takbiran umikku ngerebus ketupat tapi ga selama ngerebus ketupat siih.













Yang bikin aku seneng ketika bikin lupis ini adalah aku bisa membentuk menjadi segitiga-segitiga yang rapi, yang awalnya aku ga yakin bisa, hihiiii

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

NOGOSARI

14:04:00





Semoga masih blom bosan sama pisang ya, hehee
Nogosari, jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan hingga menjadi bubur dengan penyelesaian diisi dengan pisang dan dibungkus daun pisang kemudian dikukus ....syuka banget sama kue yang satu ini, beneran ga pernah bosen deh, masih dengan resep yang sama dengan pernah aku bikin dulu.