Wednesday, 3 April 2013

PEPES TONGKOL




 



 
Akhirnyaaaa....aku bikin pepes jugaaa, masakan yang belom pernah aku bikin selama aku bisa masak ato lebih tepatnya selama aku menikah. Bukan aku ga suka...justru aku doyan buanget tapi aku muales kalo harus "nggerus" cabe merah besar dalam jumlah banyak, susah alusnyaaaaaa huhuuuu....jadinya klo pengen maem pepes ya jalan satu-satunya adalah minta tolong umik untuk bikinin padahal udah waktunya aku yang bikinin umik yaa....>,<

Ini adalah PR untuk grup Pawon Ibu, diajeng Dwi Setya memberi thema kreasi PEPES & BOTHOK. Pepes adalah suatu cara mengolah bahan makanan yang sudah diberi bumbu yang dihaluskan dengan penyelesaian dibungkus dengan daun pisang. Kemudian dikukus hingga matang, ada juga yang setelah dikukus kemudian dibakar. Dengan keragaman kuliner di Indonesia jadi banyak sekali ragamnya mulai dari pepes tahu, pepes ikan, pepes telur, pepes nasi dll dengan variasi bumbu yang berbeda tentunya.

Karena ini adalah kali pertama bikin pepes jadi aku tidak mengkreasikan dengan apapun, asli resep dari my mom...kebetulan kemarin siang ketika abis ngintip grup umikku nelpon sekalian deh nanya resepnya...dan ternyata resepnya simpel buanget, hihiiiii tak pikir banyak bumbu yang dipake... tapi ini versi rumahku lho ya...mungkin dilain tempat beda lagi bumbunya. Dan ikan yang dipake adalah pindang tongkol.

Hmm...gimana caranya aku menghaluskan bumbunya ...? jawabnya adalah ....pertama bumbu yang mo dihaluskan aku chop dulu, dengan begitu semua bumbu kan udah agak halus tuh ... baru setelah itu aku "gerus"....ahhayy..ternyata chopper itu membantu sekali, nguleknya jd ga lama2 dan cepet alus, hihiiiii










Ini bikinnya tadi pagi, pagi-pagi abis sholat subuh nggowes sepeda ke tukang sayur, belanja (wis ngene iki vi2 lek lg sregep :D )... pulang belanja langsung masuk dapur. Salah satu yang bikin semangat bikin pepes adalah udah aku pikirkan dari semalam gmn caranya menghaluskan bumbu, hihiiiii... begitu selesai langsung diincipi...dan rasanya enak ...klo ga enak mungkin aku akan bikin lagi hahaaa. Hanya saja ga pedes sama sekali karena disini ga pada suka pedes, hikz...harusnya klo mau pedes bumbu halus bisa ditambah cabe rawit, lha pepes yang aku bikin hanya pake cabe merah itupun aku buang bijinya....huhuuuu.... wis, sing penting dadi pepes.. oiya ...klo ditempatku namanya bukan pepes tapi "pelasan" apapun namanya yang penting maksudnya sama.

No comments:

Post a Comment