Monday, 22 April 2013

PEPES TAHU






TAHU …. Siapa sih yang ga kenal tahu. Makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasikan. Secara garis besar cara membuat tahu adalah kedelai yang sudah direndam kemudian dihaluskan kemudian dipisahkan ampas dan sari kedelainya, nah sari kedelainya itu yang nantinya akan menjadi tahu tetapi setelah melalui proses fermentasi terlebih dahulu.

Kami adalah salah satu penggemar berat tahu karena suka banget sama tahu jadi ya sering banget mengolahnya menjadi lauk atau cemilan. Seperti tahu crispy, tahu isi, oseng tahu, pepes tahu, tahu telor, nugget tahu dll

Tertarik sama postingan Pepes tahunya mbak Aurora (makasih ya mbak...^^) di grup Pawon akhirnya ijin nyontek deh … hehee tapi udah aku sesuaikan dengan bahan yang ada dirumahku ya ^^

PEPES TAHU
Bahan :

300gr          tahu, haluskan (vi pk 4 tahu ukuran besar, stlh diperes jadi 350an gr)
4 butir         telur, kocok lepas
1genggam   daun kemangi
daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :

8 butir        bawang merah
4 siung       bawang putih
1bh            cabe merah besar
3btr           kemiri
2cm           kunyit
1cm           lengkuas
1/2 sdt       ketumbar
5lbr           daun jeruk
Garam, gula secukupnya
Daun salam secukupnya

Cara membuat :

1. Masukkan bumbu halus ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tambahkan tahu dan daun kemangi, aduk rata.   

2. Ambil selembar daun pisang, letakkan daun salam didasar daun kemudian ambil adonan tahu secukupnya. Bungkus seperti klo kita bikin botok.

3. Kukus sampai matang (kurang lebih 20 menit).







Aiyo dicoba, rasanya enak banget... apa karena aku suka tahu ya jadi apa aza yang terbuat dari tahu udah pasti enak, hihiii... ah ga kok...beneran yang ini enak banget (Y)

No comments:

Post a Comment