LBT # 24 homemade FLOUR TORTILLA

09:25:00




Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etymology), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing (烙餅), kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum. Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla.(Sumber : Wikipedia)

PR LBT kali ini adalah homemade Tortilla. Aku pake resepnya Chef Deddy Rustandi copas dari dokumen grup. Sebenarnya ini kali kedua aku bikin tortilla dengan resep yang sama tapi udah lama banget bikinnya dan waktu itu hasilnya terlalu kering sampai pecah-pecah gitu sebenarnya pengen nyoba bikin lagi tapi ga sempet-sempet sampai akhirnya ada PR dari LBT ini (tengkyu ya mbak Vivi Nowotny...)
Untuk penyajiannya aku bikin yang anak-anakku suka aza, yaitu Chicken Stick (bikinan sendiri lhoo... #jiah!! pamer viiiiii ^@_@^ .. ) potongan tomat dan timun, daun selada, saus tomat dan mayones. Sebenarnya bikin Chikcen Stick itu emang sengaja dalam rangka buat isian Tortilla, makanya hari ini bikin chicken stick besoknya langsung bikin kulit tortilla...karena takut abis duluan si chicstick'nya secara anak-anakku duooyyann bangeeetz, hihiii... dan alhamdulillah setelah di gulung-gulung di kulit tortilla anak2ku tetep suka, hanya adek aza yang ga mau pake sayur2 :V

Hmm...yuk masuk dapur....!!!


TORTILLA

Bahan :

500 gr tepung  terigu protein sedang
5 gr  baking powder
5 gr  garam
40 gr olive oil / minyak kelapa
200 ml air mendidih

Cara membuat
  1. Campur bahan kering menjadi satu
  2. Tambahkan minyak (olive oil) aduk gunakan sendok kayu hingga berbulir-bulir, masukan air mendidih ke dalam adonan, aduk hingga semua bahan menyatu dan tidak lengket pada wadah.
  3. Uleni adonan selama 5 menit hingga lembut dan mudah dibentuk bulat, letakan pada wadah lalu tutup wadah dengan plastik atau lap bersih, istirahatkan selama 30 menit.
  4. ambil  adonan dengan berat 30 gr lalu bentuk bola-bola berdiameter 3 cm, lakukan hal ini hingga adonan habis. lalu istirahatkan selama 5 menit hingga bola2 adonan agak lembab.
  5. Ambil satu bola adonan, pipihkan, lalu giling hingga tipis (kalau tidak tipis, adonan tidak akan mengembung sempurna ketika di panggang)
  6. Panggang di atas wajan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, lalu kecilkan api kompor, letakan adonan yang sudah tipis diatasnya, perhatikan adonan yang mulai bergelembung-gelembung, lalu tekan pelan gelembung2 tersebut hingga bertemu dengan gelembung yang lain, hingga menjadi satu gelembung besar , lalu balik tortilla hingga masak dan gelembung tortilla kempis












Karena aku ga bisa bikin tortilla yang bunder "serr" jadi tortillanya aku cetak pake piring kecil setelah aku tipiskan, hihiiii  ...jangan kaget klo tortillanya rapi banget pinggirnya hahaa

Yang kali ini udah ga patah-patah lagi, hehee ternyata aku bissaaa !!
Kapan-kapan mo bikin lagi aahhh...^^

You Might Also Like

3 komentar

  1. cobain ah... kangen juga nih ama grup LBT.. ngopi resep chicken sticknya jg nih...
    Fotonya smkn keyen mba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbak...
      hihiii...ini fotonya orang yg masih belajaran mbak ^^. Makasih ya ;)

      Delete
  2. Knp tortila sy tidak lentur ya? Patah2.

    ReplyDelete