PR DAPUR AISYAH

NUGGET PISANG

08:14:00





JANGAN BOSAN KLO LIAT PISANG LAGI...PISANG LAGI DI BLOG KU YAAAAH.... hahaa

Umik ku tuh bawain aku pisang banyak banget, sampe bosen mo diapain. Digoreng udah, di setup udah, dibikin apem juga udah...akhirnya terpikir untuk bikin nugget karena klo dibikin nugget kan bisa difrozen tuh jadi awet kan.... keburu busuk juga pisangnya klo ga segera diolah menjadi sesuatu. 
Untuk resepnya...hasil utak-atik sendiri aza. Dan seperti biasaaaa....karena resepnya hasil utak-atik sendiri jadiiii...klo enak ya aku bagi disini dan sebaliknya klo ga enak ya cukup aku aza yang tau, hihiiii....

Beneran lho rasanya enak...xmp kakak bilang "Nda, enak banget, besok kkk bawa ini ya buat temen sekelas..." ...wew jarang-jarang lho anakku tuh mau bawa makanan ke sekolah karena makanan atau kue apapun yang menurut dia ga enak pasti temen-temennya juga ga suka, padahal udah aku jelaskan ke dia klo selera tuh beda-beda, tp dia kekeh. yowislah.... adikpun ga beda sama kakak. Jadiiii...ketika ibu-ibu pada sibuk bikin cemilan untuk dibawa anaknya ke sekolah justru aku ga pernah bikin kecuali mereka yang minta, hehee ...

Dan ini adalah sisa yang dibawa ke sekolah, sengaja disisain dan digoreng belakangan buat foto-foto, hihiii. Juga sekalian buat setoran PR Dapur Aisyah. Tema PR bulan ini adalah "Yang Unyu-Unyu  Untuk Buah Hatiku". Pertama kali baca temanya udah kepikir ga mo setor karena yang  ke1... Dipikiranku yang unyu2 tuh kue yang dibentuk unyu2 sementara anak2ku ga pada suka kue-kue yang dibentuk unyu-unyu gitu, hihiiii.
Dan ketika bikin nugget ini terpikir kayaknya ini termasuk unyu2 deh, dan ukurannya juga aku bikin kecil-kecil. Yuk disetorin aza buat ke DA....












Ambil gambarnya cepet2an nih...karena adonan rotmar yang aku uleni dari abis subuh udah menunggu, untungnya ga ada gangguan jadi cepet selesai...
Dan ternyata....nugget pisangnya habis dalam sekejap ga sempat masuk frezzer, hihiiiii... alhamdulillah ^^

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

APEM PISANG

08:10:00



Apem adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu yang di fermentasikan menggunakan ragi. Rasanya yang manis legit dan tekstur yang berserat (karena pemakaian ragi) menjadikan kue Apem mempunyai rasa yang khas.  Ada banyak variasi kue apem dari yang dikukus dan yang dipanggang. Kue Apem dicetak dengan menggunakan cetakan khusus untuk kue apem yang terbuat dari bahan alumunium tebal atau kuningan itu untuk yang dipanggang tapi klo yang dikukus bisa menggunakan daun pisang atau loyang. Untuk cara penyajiannya ada yang menggunakan kuah santan, ditabur kelapa/kinca atau disiram dengan gula merah tapi ada juga yang disajikan hanya kue apem saja. Untuk aroma dan rasa... biasanya ditambahkan nangka/daun pandan/durian/pisang pada adonan atau pada kuah santan/kinca.

Masih cerita tentang pisang nih, hehee... udah lama ga bikin Apem, kangen juga euy... biasanya klo umik yang bikin suka dicampur dengan nangka jadi ada aroma nangka yang khas gitu walopun nangkanya ga dihaluskan cukup dipotong kecil-kecil dan dicampur diadonan. Dan kali ini aku bikin Apem Pisang. Apem yang seperti umikku biasa bikin, tapi yang ini aku campur dengan pisang yang dihaluskan supaya aroma pisangnya keluar, kan aroma pisang ga sekuat nangka....
Rasanya enak, seperti yang aku harapkan... Untuk pemakaian gula disesuaikan aza ya, untuk yang aku bikin ini karena pisangnya udah manis jadi pemakaian gula tidak terlalu banyak.













DESSERT KUE SNACK

SETUP PISANG

08:09:00





Namanya SETUP PISANG... terbuat dari pisang yang dipotong bulet-bulet kemudian direbus dengan gula, daun pandan, kayu manis dan cengkeh...jgn lupa dikasih sedikit garam ya. Bisa dibayangkan kan rasanya....?? Suegerr banget, apalagi klo dinikmati pas dingin, hmmm....
Sebenarnya aku udah sering banget bikin setup pisang ini tapi yang ke foto rapi ya baru kali ini. Bikinnya gampang banget, bahannya juga ga ada takaran khusus, asal cemplang-cemplung aza udah pasti jadi...^^
 
Yang blom pernah bikin...ayo dicobain deh. Oiya...kali ini aku pake pisang tanduk dikasih umik waktu pulang hari Minggu kemarin. Boleh juga pake pisang kepok (selain pisang kepok dan pisang tanduk aku belom pernah bikin). Yang harus diingat untuk bikin setup pisang adalah jangan menggunaka pisang yang terlalu mateng karena pisang yang terlalu mateng ketika direbus akan semakin lembek.






CAKE

CHICK CASAVA CAKE

11:22:00




Bermain-main dengan singkong yuukk ^^
Hmm kali ini bikin cake singkong yang gurih, beberapa waktu yang lalu aku bikin yang versi manis. Sebenarnya cake singkong ini resepnya dari Tabloid Saji tapi udah aku acak-acak sampe jadi kayak gini, smg yang punya resep ga marah :D

Masih tetep menggunakan singkong yang dikukus kemudian dihaluskan dan isiannya hanya sederhana aza yaitu daging ayam rebus yang ditumis tapi menjadi kaya rasa karena ada irisan cabe merahnya ;)
Karena menggunakan isian jadi untuk cakenya menggunakan cake yang padat ato pound cake ato butter cake supaya isian yang ditengah tidak turun kebawah.


CHICK CASAVA CAKE

Bahan Cake :

200gr     Margarin
100gr     Gula pasir halus
1/4sdt     Garam
200gr     Singkong, kukus dan haluskan
4btr        Telur
150gr     Tepung Terigu protein sedang
1sdt       Baking powder
75cc       Susu cair

Bahan Isi :

100gr       Daging Ayam, rebus dan potong kecil2
1sdm        Irisan daun bawang
1siung       Bawang putih, cincang
1buah       Cabe merah besar, buang bijinya dan potong kecil
1/4sdt       Merica bubuk
1sdt          Daun seledri cincang
3sdm        Air
Sedikit pala bubuk
Garam, gula secukupnya
1sdm         Margarin untuk menumis

Cara Membuat :

1. Panaskan oven, siapkan loyang ukuran 22x10x6cm alas dengan kertas roti dan oles margarin.

2. Isi : Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum. Masukkan daging ayam dan cabe merah, aduk rata. Tambahkan gula, garam, merica, pala dan air. Aduk rata. Biarkan hingga air meyusut (kering). Terakhir tambahkan daun seledri, aduk rata. Angkat, sisihkan.

3. Cake : Kocok margarin dan gula hingga lembut dan pucat. Masukkan singkong aduk rata. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung. Kocok rata. Masukkan sisa tepung dan susu cair, kocok rata.

4. Tuang separuh adonan ke dalam loyang kemudian tabur isiannya secara merata, tuang kembali sisa adonan. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang

* Bisa juga atasnya di tabur keju parut.

 
 



Rasanya enak banget (Y)...
Oiya...kmrn aku dikasih resep cake singkong sama umik tapi pake singkong mentah yang diparut kemudian diperes. Ntr deh ya klo punya singkong lagi aku bikin ... ^^ tapi jangan ditunggu ya (sing ngenteni yo soppohh :P)...soalnya aku masih nemenin kakak xmp selesai UN dulu. Karena aku ga mau kejadian kayak kemarin terulang, sesuatu yang ga pernah ada dalam pikiran ku terjadi di kkk... dan sempet bikin strees aku, hikz...alhamdulillah semua baik-baik sajah... :)

vi2 saiki iso masak...

PEPES TAHU

10:29:00






TAHU …. Siapa sih yang ga kenal tahu. Makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasikan. Secara garis besar cara membuat tahu adalah kedelai yang sudah direndam kemudian dihaluskan kemudian dipisahkan ampas dan sari kedelainya, nah sari kedelainya itu yang nantinya akan menjadi tahu tetapi setelah melalui proses fermentasi terlebih dahulu.

Kami adalah salah satu penggemar berat tahu karena suka banget sama tahu jadi ya sering banget mengolahnya menjadi lauk atau cemilan. Seperti tahu crispy, tahu isi, oseng tahu, pepes tahu, tahu telor, nugget tahu dll

Tertarik sama postingan Pepes tahunya mbak Aurora (makasih ya mbak...^^) di grup Pawon akhirnya ijin nyontek deh … hehee tapi udah aku sesuaikan dengan bahan yang ada dirumahku ya ^^

PEPES TAHU
Bahan :

300gr          tahu, haluskan (vi pk 4 tahu ukuran besar, stlh diperes jadi 350an gr)
4 butir         telur, kocok lepas
1genggam   daun kemangi
daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :

8 butir        bawang merah
4 siung       bawang putih
1bh            cabe merah besar
3btr           kemiri
2cm           kunyit
1cm           lengkuas
1/2 sdt       ketumbar
5lbr           daun jeruk
Garam, gula secukupnya
Daun salam secukupnya

Cara membuat :

1. Masukkan bumbu halus ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tambahkan tahu dan daun kemangi, aduk rata.   

2. Ambil selembar daun pisang, letakkan daun salam didasar daun kemudian ambil adonan tahu secukupnya. Bungkus seperti klo kita bikin botok.

3. Kukus sampai matang (kurang lebih 20 menit).







Aiyo dicoba, rasanya enak banget... apa karena aku suka tahu ya jadi apa aza yang terbuat dari tahu udah pasti enak, hihiii... ah ga kok...beneran yang ini enak banget (Y)

LET'S GET BAKING TOGETHER

LBT # 24 homemade FLOUR TORTILLA

09:25:00




Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etymology), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya. Di Tiongkok dikenal laobing (烙餅), kue tebal berbentuk bundar seperti pizza, sementara di India ada roti yang terbuat dari gandum. Keduanya adalah contoh kue dari negara lain yang mirip dengan tortilla.(Sumber : Wikipedia)

PR LBT kali ini adalah homemade Tortilla. Aku pake resepnya Chef Deddy Rustandi copas dari dokumen grup. Sebenarnya ini kali kedua aku bikin tortilla dengan resep yang sama tapi udah lama banget bikinnya dan waktu itu hasilnya terlalu kering sampai pecah-pecah gitu sebenarnya pengen nyoba bikin lagi tapi ga sempet-sempet sampai akhirnya ada PR dari LBT ini (tengkyu ya mbak Vivi Nowotny...)
Untuk penyajiannya aku bikin yang anak-anakku suka aza, yaitu Chicken Stick (bikinan sendiri lhoo... #jiah!! pamer viiiiii ^@_@^ .. ) potongan tomat dan timun, daun selada, saus tomat dan mayones. Sebenarnya bikin Chikcen Stick itu emang sengaja dalam rangka buat isian Tortilla, makanya hari ini bikin chicken stick besoknya langsung bikin kulit tortilla...karena takut abis duluan si chicstick'nya secara anak-anakku duooyyann bangeeetz, hihiii... dan alhamdulillah setelah di gulung-gulung di kulit tortilla anak2ku tetep suka, hanya adek aza yang ga mau pake sayur2 :V

Hmm...yuk masuk dapur....!!!


TORTILLA

Bahan :

500 gr tepung  terigu protein sedang
5 gr  baking powder
5 gr  garam
40 gr olive oil / minyak kelapa
200 ml air mendidih

Cara membuat
  1. Campur bahan kering menjadi satu
  2. Tambahkan minyak (olive oil) aduk gunakan sendok kayu hingga berbulir-bulir, masukan air mendidih ke dalam adonan, aduk hingga semua bahan menyatu dan tidak lengket pada wadah.
  3. Uleni adonan selama 5 menit hingga lembut dan mudah dibentuk bulat, letakan pada wadah lalu tutup wadah dengan plastik atau lap bersih, istirahatkan selama 30 menit.
  4. ambil  adonan dengan berat 30 gr lalu bentuk bola-bola berdiameter 3 cm, lakukan hal ini hingga adonan habis. lalu istirahatkan selama 5 menit hingga bola2 adonan agak lembab.
  5. Ambil satu bola adonan, pipihkan, lalu giling hingga tipis (kalau tidak tipis, adonan tidak akan mengembung sempurna ketika di panggang)
  6. Panggang di atas wajan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, lalu kecilkan api kompor, letakan adonan yang sudah tipis diatasnya, perhatikan adonan yang mulai bergelembung-gelembung, lalu tekan pelan gelembung2 tersebut hingga bertemu dengan gelembung yang lain, hingga menjadi satu gelembung besar , lalu balik tortilla hingga masak dan gelembung tortilla kempis












Karena aku ga bisa bikin tortilla yang bunder "serr" jadi tortillanya aku cetak pake piring kecil setelah aku tipiskan, hihiiii  ...jangan kaget klo tortillanya rapi banget pinggirnya hahaa

Yang kali ini udah ga patah-patah lagi, hehee ternyata aku bissaaa !!
Kapan-kapan mo bikin lagi aahhh...^^

ROTI

ROTI GORENG ISI COKLAT

20:20:00

  




Sebenarnya roti goreng itu satu keluarga dengan rerotian karena melalui proses fermentasi pada adonannya. Hanya beda di cara pematangan yang digoreng dan biasanya dipanir dulu.
Dan ini adalah resep bakulannya sodaraku, semoga beliau ga marah resepnya aku share disini, hihii.... #sesama bakul kue ga boleh marahan lho :D ^^ 
Seperti resep rerotian pada umumnya masih pake ragi sebagai bahan fermentasi, bedanya ini adonannya lembek banget jadi ga perlu diuleni sampe kalis elastis. Dan untuk membentuk bulatannya tangan harus ditabur tepung biar ga lengket. Awalnya sih aku ga nyaman banget dengan lengketnya, mungkin karena blom terbiasa kali ya...tapi aku liat sodara ku kok enak banget, cepet pula ngebentuknya... lha dia emang udah kerjaanya, tiap hari bikin, hihiiiii... 
oiya...karena adonannya yang lembek itu tanpa adonan lapisan pun panirnya udah nempel...
Untuk isiannya bisa ragut, kacang ijo, coklat dll....kali ini karena bikinin cemilan buat anak-anakku jadi aku isi dengan meses aza, yang mereka pasti doyan :D




Resep aslinya ga pake susu bubuk...^^






Rasanya tidak mengecewakan lho, beneran deh... Bisa jadi alterrnatif isian snackbox
Dan yang pasti nguleninya ga capek, hihiiiii maklumlah ga punya BM, hikz....

DESSERT KUE SNACK

PASTEL KERING ISI ABON

18:54:00



Rasanya gurih, kriuk-kriuk, renyah dan ada isi abonnya, hmmm....

Baru nyadar klo seumur-umur blom pernah bikin pastel kering ini, klo "nyubiti" pinggirnya sih udah pernah belajar dulu tapi yang dicubiti tuh pastel gede jadi nyantai aza nyubitnya.
Lha ini pastel kecil banget, diameter kurang lebih 4cm...liat kecilnya aza udah males duluan mo nyoba bikin, mbayangin kecilnya....masih diisi pula...gimana nyubitnya ...? @_@

Beberapa hari yang lalu mbakku minta kirimi pastel ini...sebenarnya aku sih yang nawari ngirimi beliau pastel kering... lha setelah deal mo ngirim baru nyadar klo aku blom pernah bikin. Dwoh!! ...langsung yang kepikir pesen ke tetangga yang kebetulan jualan pastel kering tapi klo pas lebaran aza. Hmm...untuk yang dikirim udah ga mikiri lagi karena udah ada yang bikinin, hihiii...tapi aku masih kepikiran untuk mencobanya sendiri. Udah nyiapin bahannya tapi blom ada waktu untuk bikin... #gaya'e vivi "sok sibuk"
Sampai akhirnya nyempetin bikin disela-sela waktu bikin roti maryam, ampun deh... dari pagi sampe sore baru kelar... bayangin aza bikin roti maryam itu kan lama pake banget pula (2 resep rotmar #lap keringett)... trs masih nyambi bikin pastel juga ... yang lama tuh '"nyubit" pinggirnya karena masih amatir, huhuuu tadinya udah kepikir klo ga selesai mo aku simpen dikulkas aza, tk lanjutin besok... tapi akhirnya selesai juga walopun sampe sore...padahal cuma bikin seperempat resep lho...gimana klo bikinnya seresep ...?? #wis ga usah dibayangno vii...

Untuk resepnya....aku nyari di google, ada salah satu foto yang aku hafal banget stylenya, hehee... fotonya mbak Susi, langsung meluncur ke blognya dan aku tertarik sama resepnya, langsung deh copas tapi aku udah minta ijin dulu lho ke orangnya ^^








Tanpa modifikasi, rasanya enak banget.... yang pengen jualan ato mo dimakan sendiri resep ini layak dicoba deh... hmm...siap-siap ya, harus punya ilmu sabar tingkat tinggi untuk yang masih belajar nyubit...hihiiii tapi hasilnya bener-bener tidak mengecewakan ... (Y)

PASTRY

TIGER SUS

12:11:00






Kalo liat kue sus ini rasanya pengen ketawa aza lho... ini kue sus yang paling gede yang pernah aku bikin. Tiger Sus ini sebenarnya sama dengan kue sus pada umumnya hanya saja dikasih topping yang dipanggang bareng adonan sus dan karena proses pemanggangan membuat adonan kue sus mengembang sehingga adonan topping retak-retak membentuk motif tiger. Dengan penambahan topping itu membuat sus menjadi kaya rasa dan cantik. Untuk adonan toppingnya mirip dengan adonan topping melon pan. 
Resepnyaaa... aku pake resep dari tabloid Koki.

TIGER SUS

Bahan adonan Sus :

175cc         Air
100gr         Margarin
1/2sdt        Baking Powder
100gr         Tepung terigu protein tinggi
3btr            Telur (150gr)

Bahan Topping :

40gr          Margarin
40gr          Gula halus
1btr           Telur
25gr          Susu bubuk
100gr        Tepung terigu protein sedang
1sdm         Coklat bubuk

Bahan Isi :

150gr          Susu coklat cair
50gr            Gula pasir
21/2sdm      Maizena
1btr             Kuning telur

Cara membuat :

1. Adonan topping : Kocok margarin dan gula hakus hingga putih. Masukkkan telur kocok rata. Masukkan susu, terigu dab coklat bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit. 

2. Adonan sus : campur air dan margarin. Masak hingga margarain larut. Masukkan terigu, aduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hingga hangat. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk hingga rata. Tambahkan baking powder, aduk rata. Masukkan adonan dalam kantong segitiga. Semprotkan adonan pada loyang. Letakkan adonan topping yang sudah ditipiskan diatas adonan sus. Panggang sus dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit, kemudian turunkan suhunya panggang hingga matang. 

3. Vla : campur semua bahan kecuali kuning telur, masak diatas api kecil hingga meletup-letup. Matikan api. Kocok kuning telur, ambil sedikit adonan vla campur kan ke kuning telur aduk rata. Nyalakan api, tuang ke adonan vla, aduk cepat. Biarkan mendidih sekali lagi.

4. Belah kulit sus, isi dengan vla.










Yang biasa bikin sus, coba deh bayangin dengan takaran adonan seperti di resep itu cuma jadi 7 buah kulit sus, so seberapa gede kulit susnyaaaa....hihiiiiii yang biasanya klo maem cukup digigit sajah tapi yang ini harus pake sendok karena kegedean, hahaa....

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

KUE KU

12:11:00





Siapa yang ga kenal Kue Ku ...?? klo ditempatku namanya Ketok, klo mas Fitri nyebutnya Citak :D
Kue Ku salah jajan tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang diuleni dengan santan kemudian diisi dengan kacang ijo yang mirip dengan isian onde2 dan dicetak dengan menggunakan cetakan khusus Kue Ku, klo dulu cetakan kue Ku hanya terbuat dari kayu tapi sekarang sudah ada cetakan yang terbuat dari plastik dengan bermacam bentuk dan ukuran.

Sebenarnya bikin kue ini karena menghabiskan sisa kacang ijo abis bikin pia. Karena bikin pia nya cm separuh resep jadi sisa kacang ijo nya masih banyak. Resep Kue Ku nya pake punya bu Sisca dari buku 100 Resep Cake & Kue. Untuk warnya aku pake pewarna daun suji dan daun pandan yang aku blend bareng santan.












Syukaaa banget dengan warna ijonya...dan aroma pandannya selalu bikin kangen ^^

DESSERT KUE SNACK

PIA KACANG HIJAU

12:11:00




Ada kacang hijau kupas yang hampiiir expired, terus aku bikin isian kacang ijo tapi blom tau mo bikin apa...yang penting dimasak dulu, hehee
Besoknya baru terpikir bikin Pia aza secara dirumah pada suka. Resepnya dari tabloid Koki edisi jadul banget tapi masih kesimpen. Bikin pia kali ini bukan yang pertama kali bikin tapi yang kefoto rapi cuma ini... Jujur aku suka sekali sama pia karena itu aku jadi sering beli dan ternyata rasanya lebih enak bikininku lho... ihhhiiiyyy  memuji diri sendiri... ^^ 

Pada umumnya pia itu terdiri dari adonan kulit yang berlapis-lapis kemudian diisi dengan kacang hijau yang mirip ato bahkan sama dengan isian onde-onde dengan proses pematangannya yaitu dipanggang/dioven. Sekarang banyak ditemui macam-macam isian pia, dari yang original dengan ditambah keju, coklat, kacang merah dll...


PIA KACANG HIJAU

Bahan Kulit I 

250gr      Tepung terigu protein sedang
125cc      Minyak goreng
75cc        Air
50gr        Gula halus
Sedikit garam

Bahan Kulit II

200gr       Tepung terigu protein sedang
100gr       Minyak goreng

Isi :

200gr      kacang hijau kupas
125gr      gula pasir
1/2sdt     vanili bubuk
2sdm      susu bubuk
250ml     air
1lbr        daun pandan
1sdm      margarin

Cara membuat :

1. Isi : rendam kacang hijau selama 2 jam, tiriskan dan cuci bersih lalu kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dengan gula pasir dan daun pandan, masukkan kacang hijau dan vanili bubuk. Masak hingga menjadi kalis. angkat dan dinginkan.

2. Adonan II : Campur semua bahan II hingga rata. Sisihkan.

3. Adonan I : Campur semua bahan I, uleni hingga rata. 

4. Bagi adonan I dan II menjadi 20 bagian atau sesuai selera. Pipihkan adonan I, letakkan adonan II diatasnya. Bungkus membentuk kotak. Lebarkan dan lipat menjadi 4 bagian. Lakukan hingga 2 kali.

5. Pipihkan membentuk bulat. Isi dengan isian kacang hijau, rapikan  hingga menutupi isiannya. Atur diloyang, lakukan hingga adonan habis. Oles permukaannya dengan kuning telur

6. Panggang dalam oven suhu 160 derajat celcius hingga matang.






Karena aku bikin cuma separuh resep dan ga pengen pia yang gede-gede maka separuh resep itu aku jadikan 12 dan untuk isiannya aku timbang 20gr.

DESSERT KUE SNACK

SUS MAKER

20:17:00




Udah sering makan Sus Maker tapi baru kali ini bikin, waddoohh kemana aza viiiiiii xmp terlambat bikin padahal Sus Maker tuh kue jadul lho...hihiiii

Sus Maker adalah sejenis cake yang gurih karena pemakaian gula yang sedikit. Menggunakan isian yang terdiri dari tumisan daging ayam atau sapi yang dicampur dengan wortel atau jamur. Umumnya Sus Maker disajikan dengan ukuran personal yaitu menggunakan cetakan muffin pendek bentuk bulat atau ada juga yang oval.

Banyak resep sih yang aku simpen dari berbagai sumber, hanya saja yang dicari langsung ketemu resep dari Saji ini. Untuk resep cakenya aku pake yang dari Saji itu  ... sssttttttt untuk isinya...kemarin bikin roti goreng pesanan trs ada sisa isinya hehee ...emak-emak yang baik dan sukses adalah bisa memanfaatkan barang sisa menjadi sesuatu yang lebih enak...hohooo ^^
Yuk ahh...langsung resep aza yah :D

SUS MAKER

Bahan Cake :

5btr         Telur
25gr        Gula
1/2sdt      Sp
90gr        Tepung Terigu
1/ 2sdt     Baking Powder
50gr        Margarin, cairkan

Bahan Isi :

2sdm       Margarin
3btr         Bawang merah, cincang
2btr         Bawang putih, cincang
75gr        Daging ayam, rebus dan potong kecil2
75gr        Wortel, potong dadu kecil
150cc      Susu
1/2sdt      Daun seledri yg udh dicincang
1sdt         Merica bubuk
Sedikit pala bubuk.
Garam, gula secukupnya


Cara Membuat :
  1. Isi: panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Masukkan daging ayam dan wortel, aduk rata. Tambahkan susu cair, merica, pala, garam dan gula, aduk rata. Biarkan sampai bumbu meresap. Terakhir masukkan seledri. Masak hingga matang
  2. Cake: kocok telur, gula pasir, dan SP sampai mengembang. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
  3. Masukkan margarin leleh, aduk balik sampai merata.
  4. Tuang setengah bagian di cetakan muffin pendek besar yang dioles margarin. Beri isi. Tuang lagi adonan.
  5. Oven dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang.







Harusnya atasnya dikasih taburan keju parut tapi berhubung lagi ga punya keju (terakhir abis buat bikin Chicken Stick) yasudahlah ga pake keju :D tetep cantik kok...
Dan rasanya lembut banget walopun putelnya masuk semua. Mau coba ...??

DESSERT KUE SNACK

CHICKEN STICK

20:16:00





Ini request anak-anakku...beberapa hari yang lalu aku dibikinin daftar makanan yang harus aku bikin oleh anakku dan ditempel ditembok dapurku, salah satunya chicken stick ini :D

Resepnya aku dapet dari tabloid Saji, rasanya beneran enak so layak dicoba deh. Aku bikin satu setengah resep jadinya banyak banget :D aku simpen di frezzer, hmm.... cukuplah untuk persediaan beberapa hari biar aku bisa nyantai ^^
Sebenarnya sih mirip-mirip chicken nugget gitu hanya saja klo aku bikin chicken nugget ga pake keju.



CHICKEN STICK

Bahan :

250gr        Ayam giling (aku campur daging dada dan paha)
50gr          Tepung panir
2btr           Telur
50cc          Air
1/2sdt        Kaldu ayam bubuk (vi ga pk)
1/2sdt        Merica bubuk
3/4sdt        Garam
1/2sdt        Bawang putih bubuk
50gr          Keju parut
Minyak untuk mengoreng

Bahan lapisan : telur, tepung terigu dan tepung panir

Cara membuat :

1. Aduk semua bahan menjadi satu, kemudian tuang diloyang ukuran 20x20 yang sudah dialas palstik dan dioles minyak goreng. Kukus 30 menit.

2. Setelah dingin potong 1x1cm. Gulingkan tiap potongan ke dalam tepung terigu kemudian celupka ke dalam kocokan telur (vi pk putel sisa bikin cake :D), terakhir gulingkan di tepung panir. 

3. Diamkan minimal 1 jam di lemari es supaya lapisan panir tidak rontok. Kemudian goreng hingga matang.

  




COOKIES

ketika ada NASTAR walopun blom Lebaran ^^

14:17:00





Ini adalah kurang kerjaan...ketika tidak lebaran tapi bikin nastar dan tambah kurang kerjaan lagi ketika nastarnya dijepit-jepit bentuk daun, hihiiiii 
Emang yang paling simpel dan cepet adalah nastar yang dibentuk bulet-bulet, klo pengen agak seru lagi dikasih cengkeh sebagai tangkai jadi deh nastar klasik :D ...klo mau yang ribet dan lama silahkan dibentuk seperti ini... :D
Kenapa aku bikin nastar ? karenaaaa ada nanas yang udah mateng banget dan baunya udah memenuhi seluruh penjuru rumahku, alangkah lebih baik klo segera diolah...dan akhirnya jadilah selai nanas. Setelah jadi selai bingung lagi mo dibikin apa selainya...sampai akhirnya nemu buklet KOKI ditumpukan buku resep. Yasudahlah membuat nastar sajjah yaa....kebetulan dirumah suka banget kecuali kkk yang emang ga doyan sama hasil olahan nanas. 



NASTAR 

Bahan :

175gr        Margarin
100gr        Gula halus (vi pk 70gr aza)
1btr           Kuning telur
15gr          Susu bubuk Fullcream
1/2sdt        Vanilli bubuk 
275gr        Tepung terigu protein sedang (vi pk 250gr terigu+25gr maizena)
1btr           Kuning telur untuk olesan

Bahan Isi :

200gr        Nanas parut
150gr        Gula pasir
2cm           Kayu manis (vi tambah 4btr cengkeh)

Cara membuat :

1. Isi : Campur semua bahan, masak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga matang dan kering. Angkat dan dinginkan.

2. Campur margarin dan gula halus, kocok hingga putih (ga perlu terlalu lama). Masukkan kuning telur, kocok embali hingga rata.

3. Masukkan susu bubuk, vanili dan terigu, aduk perlahan menggunakan sendok kayu hingga adonan rata dan dapat dibentuk.

4. Ambil sedikit adonan, pipihkan emudian isi dengan selai nanas, bulatkan. Tata diloyang yang sudah dioles margarin. Oles kue dengan kuning telur. 

5. Panggang kue dalan oven dengan suhu 175 derajat celcius hingga matang.



Karena aku lagi ga punya stok butter jadi aku hanya pake margarin aza sesuai resep...dan ternyata emang beda ya...jaaaaaaauh lebih enak klo pake butter (yo jelaslah viiiii ....) dan satu lagi kuenya jadi kokoh banget klo pake margarin, biarpun dipindah berulang-ulang ga gampang rapuh, hihiiiiii

Eh beneran lho...bbeerrrassa lebaran deh, hihihiiiii...











Perasaan dari tadi aku update blog ga selesai-selesai, ntah jaringannya yang lelet ato pcnya yang lelet, hohooo ...mo pake laptop kok males banget ...

NCC WEEK

LATHOK

11:57:00







Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau kaya akan keragaman jajanan tradisional. Masing-masing daerah mempunyai ciri khas sendiri. Dijaman modern seperti ini sudah banyak kue-kue internasional  seperti black forest, opera, cheese cake, sacher dll yang dijual di toko-toko kue tapi jajanan tradisional tetap masih punya banyak penggemarnya. Bahkan sekarang sudah banyak jajanan tradisional  yang dimodifikasi bentuknya supaya tampilannya lebih menarik tapi tetap dengan rasa yang sama. Jenis jajanan tradisional banyak banget, seperti onde-onde, getas, nogosari, putu, lupis, awug-awug, klepon dll

Jajanan tradisonal biasanya terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tepung beras, tepung sagu atau kanji, tepung ketan ato beras ketan, umbi2an dll. Pewarna alami dari daun pandan suji (walopun ada juga yang menggunakan pewarna sintetis) dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Untuk rasa manis biasanya menggunakan gula pasir, gula merah atau gula palem.

Jajanan yang aku buat kali ini adalah Lathok. Lathok biasanya dijual bersama-sama dengan lupis, putu, cenil, ketan, tiwul dll. Lahtok bahan utamanya adalah tepung kanji atau tapioka. Karena terbuat dari tepung kanji so bisa dibayangkan rasanya ? mirip cenil sih hanya saja klo cenil direbus tapi klo lathok dikukus berlapis-lapis seperti kue lapis. Untuk temen-temen yang tinggal di Jawa Timur bagian timur pasti jajanan ini udah tidak asing lagi.




















DESSERT KUE SNACK

SINGKONG GORENG

17:15:00





Masih menyempatkan diri untuk bikin cemilan buat orang-orang tersayang. Walo hanya singkong goreng tapi klo semua suka adalah sebuah keindahan untukku... hehee. Bikinnya udah beberapa hari yang lalu, baru sempet di edit, biasalah sok sibuk, hikz....

Udah pada tau singkong goreng kan....??? kebangeten klo ga tau siiih....hihiiii
Jajanan sepanjang jaman, disuka tua dan muda dan ga pernah membosankan. Paling enak klo dinikmati pas anget sebagai temen minum teh ato kopi...klo anak-anakku mamnya di cocol sambel botol.








PAWON IBU

PEPES TONGKOL

16:28:00




 



 
Akhirnyaaaa....aku bikin pepes jugaaa, masakan yang belom pernah aku bikin selama aku bisa masak ato lebih tepatnya selama aku menikah. Bukan aku ga suka...justru aku doyan buanget tapi aku muales kalo harus "nggerus" cabe merah besar dalam jumlah banyak, susah alusnyaaaaaa huhuuuu....jadinya klo pengen maem pepes ya jalan satu-satunya adalah minta tolong umik untuk bikinin padahal udah waktunya aku yang bikinin umik yaa....>,<

Ini adalah PR untuk grup Pawon Ibu, diajeng Dwi Setya memberi thema kreasi PEPES & BOTHOK. Pepes adalah suatu cara mengolah bahan makanan yang sudah diberi bumbu yang dihaluskan dengan penyelesaian dibungkus dengan daun pisang. Kemudian dikukus hingga matang, ada juga yang setelah dikukus kemudian dibakar. Dengan keragaman kuliner di Indonesia jadi banyak sekali ragamnya mulai dari pepes tahu, pepes ikan, pepes telur, pepes nasi dll dengan variasi bumbu yang berbeda tentunya.

Karena ini adalah kali pertama bikin pepes jadi aku tidak mengkreasikan dengan apapun, asli resep dari my mom...kebetulan kemarin siang ketika abis ngintip grup umikku nelpon sekalian deh nanya resepnya...dan ternyata resepnya simpel buanget, hihiiiii tak pikir banyak bumbu yang dipake... tapi ini versi rumahku lho ya...mungkin dilain tempat beda lagi bumbunya. Dan ikan yang dipake adalah pindang tongkol.

Hmm...gimana caranya aku menghaluskan bumbunya ...? jawabnya adalah ....pertama bumbu yang mo dihaluskan aku chop dulu, dengan begitu semua bumbu kan udah agak halus tuh ... baru setelah itu aku "gerus"....ahhayy..ternyata chopper itu membantu sekali, nguleknya jd ga lama2 dan cepet alus, hihiiiii










Ini bikinnya tadi pagi, pagi-pagi abis sholat subuh nggowes sepeda ke tukang sayur, belanja (wis ngene iki vi2 lek lg sregep :D )... pulang belanja langsung masuk dapur. Salah satu yang bikin semangat bikin pepes adalah udah aku pikirkan dari semalam gmn caranya menghaluskan bumbu, hihiiiii... begitu selesai langsung diincipi...dan rasanya enak ...klo ga enak mungkin aku akan bikin lagi hahaaa. Hanya saja ga pedes sama sekali karena disini ga pada suka pedes, hikz...harusnya klo mau pedes bumbu halus bisa ditambah cabe rawit, lha pepes yang aku bikin hanya pake cabe merah itupun aku buang bijinya....huhuuuu.... wis, sing penting dadi pepes.. oiya ...klo ditempatku namanya bukan pepes tapi "pelasan" apapun namanya yang penting maksudnya sama.