RISOLES ISI TAHU KORNET

15:05:00





Mumpung koneksi lagi lancar, update blog lagi...karena sejak sering hujan koneksi sering lelet. Uplod foto yg semalam aza lamanya minta ampun....huhuuuu

Aseli pengen bikin risole yang isi ragut tapi anak-anakku ga suka klo diisi ragut yasudahlah diisi tahu dan kornet aza. Ini bikinnya pas Ara-Tia lagi liburan sekalian bikin buat cemilan mereka. 
Risoles adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung yang dibuat kulit dadar tipis yang diisi isian (bisa ragut, sayuran, daging asap+keju dll) kemudian dibentuk seperti dadar gulung dengan penyelesaian akhir dipanir dan kemudian digoreng. 
Disaat sekarang banyak dijual frozen risoles yaitu risoles yang udah sampai pada tahap dipanir kemudian dibekukan jadi kita tinggal menggoreng aza...lebih simpel kan, untuk teman2 yang ga sempet bikin jadi beli aza yang frozen ato bisa juga bikin sendiri kemudian disimpen di freezer...
Dan kali ini aku bikin yang isi tahu dan kornet, sebenarnya kornet bisa juga diganti dengan daging sapi cincang ato daging ayam cincang tapi karena aku ga mau ribet ya udahlah pake kornet sajjahh....
Karena waktu Ara-Tia lgi libur jadi bikinnya ada yg bantuin, hihiii...senengnyaa ^^


RISOLES ISI TAHU KORNET

Bahan kulit dadar :

200gr            Tepung terigu segitiga
2btr               Telur
1/4sdt            Garam
40gr               Susu bubuk
500-600cc     Air
1sdm              Minyak goreng 

Bahan Isi :

500gr            Tahu, peras & haluskan
150gr            Kornet
4siung           Bawang putih, haluskan
1bh               Bawang bombay, cincang kasar
1sdm            Saus tiram
1sdt              Merica bubuk
1sdm            Kecap manis
Garam secukupnya
Minyak goreng untk menumis
Air secukupnya

Bahan untuk memanir :

Tepung panir
Tepung terigu
Telur (klo vi pk putel sisa bikin cake, heheee)

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit, aduk sampai licin. Buat dadar tipis. Sisihkan.

2. Isi : tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan saus tiram, kecap manis, merica bubuk aduk rata. Kemudian masukkan kornet dan tahu, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata. Masak hingga meresap.

3. Ambil selembar kulit dadar, beri isi. Lipat dan gulung. 

4. Masukkan ke tepung terigu, celupkan ke kocokan telur kemudian gulingkan di tepung panir. Lakukan sampai semua kulit dadar habis.

5. Simpan minimal 1 jam dalam kulkas sebelum digoreng biar tepung panir set (ga rontok ketika digoreng). Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang.








Pas banget nih buat cemilan di hari hujan gini... ^^

You Might Also Like

2 komentar

  1. assalamu'alaikum mba vivi...
    Aku kl bikin kulit dadar mesti jadinya tebel n kalo digulung jadinya gede, gendut gitu.... Jauh dari cantik deh... Gimana c caranya mba bisa bikin kulitnya cantik n tipis gitu??? Apakah pengaruh dari susu bubuk? Karena aku ga prnah pk susu bubuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak baru balas ya ...
      klo ketebelen bisa jadi karena adonannya terlalu kentel ato pas nuang dipan nya kebanyakkan mbak. Pastikan pan udah panas, tuang kira2 1 sendok sayur ato menurut besar pan deh...putar pan sampai adonan merata/menyentuh semua permukaan pan. Yg perlu diperhatikan adalah klo pan terlalu panas hasilnya ga bagus (adonan akan cepet matang sebelum pan diputar ato sebelum adonan merata ke permukaan pan), kurang panas juga hasilnya ga bagus jd dikira-kira aza mbak yang penting apinya ga terlalu gede. Untuk pemakaian susu bubuk, sebenarnya itu karena aku ga punya susu cair mbak...yg terpikir waktu itu adalah klo kita ga punya susu cair sebagai gantinya adalah susu bubuk yg dicairkan, nah krn aku males untuk mencairkan maka susu bubuknya yang aku campur di adonan, hihiiii ...

      Delete