PASTEL TERATAI

20:47:00





Salah satu yang diajarkan Almarhumah Mbahku ke aku adalah membuat pastel teratai. Jadi ingat beliau nih... beliau yang memaksaku untuk bisa menyulam, menjahit, merajut dan membuat kue...dipaksa harus bisa. Akhirnya aku bisa menjahit, bisa merajut dan menyulam tapi aku lebih suka bikin kue, hehee...

Pastel teratai adalah seperti pastel pada umumnya...terdiri dari adonan tepung yang digiling tipis, bisa menggunakan gilingan mie ato digiling manual. Kemudian dicetak dan digoreng...hanya saja klo pastel pada umumnya kan isinya ada didalam kalo pastel teratai isinya ada diluar. Enaknya bikin pastel teratai ini adalah kulit bisa dibikin duluan kemudian disimpan ditoples...
Kalo diliat bentuknya cantik sih...kayak bunga tapi tiap kali ada yang mo pesen pastel terus aku tawari pastel teratai ini selalu jawabnya "ga ah mbak, ribet maem'e" hihiiii...iyah emang ribet sih ya...


PASTEL TERATAI

Bahan Kulit :

250gr      Tepung terigu
1btr         Kuning telur
50gr        Margarin
Air kurang lebih 75cc
Sedikit garam

Bahan isi :

200gr      Wortel, potong dadu kecil kemudian masukkan ke air mendidih sebentar aja
100gr       Daging ayam, rebus dan potong dadu kecil
3siung      Bawang putih, haluskan
1buah       Bawang bombai, cincang kasar
1tangkai   Seledri, rajang halus
1sdm        Tepung terigu
150cc       Susu cair, bisa diganti air.
1sdt          Merica bubuk
2sdm        Margarain untuk menumis
Sedikit pala bubuk
Garam dan gula secukupnya
Mingayk goreng untuk menggoreng
Putih telur untuk perekat.

Hiasan : daun seledri dan cabe merah besar iris.

Cara membuat :

  1. Kulit : campur semua bahan, uleni hingga kalis.
  2. Isi : Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum, tambahkan tepung terigu, aduk rata. Tuang susu cair, aduk rata. Tambahkan wortel dan ayam. Kemudian tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam dan gula. Aduk rata. Terakhir tambahkan seledri. Masak hingga matang.
  3. Giling tipis adonan (menggunakan gilingan mie). Cetak bentuk teratai yang besar dan yang kecil. Rekatkan ke dua adonan yang sudah dibentuk bunga dengan putih telur. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Goreng adonan kulit pastel dengan cara menekan bagian tengah hingga ke dasar wajan dengan menggunakan kayu kemudian bentuk bagian kelopaknya dengan bantuan sutil masak. Goreng hingga semua adonan kulit habis.
  5. Penyelesaian : ambil kulit pastel letakkan daun seledri kemudian isi dengan isian dan hias dengan irisan cabe merah.














You Might Also Like

6 komentar

  1. weeeeeeh kereeeeen mbak Fifi...telaten banget ngerjainnya. Aku suka yang unik unik gini. Pengen coba suatu saat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mbak Hesti, bisa pake resep kulit dan isian pastel andalan mbak Hesti yang penting hasil akhirnya bentuk teratai, hihiiii
      Suwun mbaaaak :*

      Delete
  2. masyaalloh cuaaantik mbak,mbak fifi nyuwun foto cetakannya nggeh nyoba tak cari disini ada ndak..sekalian nyontek resep nggeh mbak suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. smg foto terakhir bisa membantu Um, karena hanya itu yg sempet ke foto hihiiiii
      silahkan, smg berkenan ^^
      sami2 ....

      Delete