Friday, 15 March 2013

AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK




Lagi-lagi pake resep umikku...ayam panggang ini bumbunya simpel banget tapi rasanya...hmmm ..yumyyyy (Y)....gara-gara bumbunya yang ga macem-macem jadi aku sering bikin...klo bumbunya banyak macamnya harus ada niat khusus untuk membuatnya, hihiiiii ribet banget pastinya...dasar males :P
Sengaja dipanggangnya  ga begitu gosyong karena klo kliatan gosyong ada hitam-hitamnya anak-anakku ga mau makan...hmm sebenarnya bisa juga sih ga pake di panggang tapi kok rasanya kurang mantap ya...

Langsung resep aza ya...lagi ga enak badan nih, males di depan PC lama2...


AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK

400gr       Paha ayam
2sdm        Air jeruk nipis
2lbr          Daun salam
1sdm        Air asam
20gr          Gula merah, sisir
Garam secukupnya
Air kurang lebih 300cc
3sdm        Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

6buah       Bawang merah
3siung      Bawang putih
4buah       Cabe merah besar, boleh ditambah rawit klo suka pedes
2cm          Lengkuas


Cara membuat :

  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Cuci bersih.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam. Aduk rata.
  3. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan air asam, gula dan garam. Aduk rata.
  5. Tambahkan air dan kecilkan api. Masak hingga bumbu meresap dan matang.





No comments:

Post a Comment