Sunday, 31 March 2013

ES PISANG IJO










Huufffftttt....kali pertama bikin PR di hari terakhir, ini salah satu akibat ga buka FB beberapa hari. Tadi pagi buka FB liat grup Pawon Ibu....huwaaaa prnya blom dibikin. Bingung mo bikin apa...antara es Jely, Es pisang Ijo ato Smoothie Ice Blend...sementara bahan udah ada semua...tiktoktiktok akhirnyadipilihlah bikin Es Pisang Ijo secara ada pisang yang udah lama bobok di kulkas dan kulitnya udh menghitam. Lanjut masuk dapur, ga boleh lama-lama karena udah jam 10 dan udah tanggal 31, hihiii
Resepnya....aku lupa ini dikasih temen ato dapat dari pengisian Dawis ya...pokoknya udah ga sempet gugling deh...yang ada dibuku aza

ES PISANG IJO

Bahan Pisang Ijo :

100gr        Tepung beras
1sdt           Tepung sagu
25gr          Gula pasir
200cc        Santan  (aku blender dgn 10lbr daun suji + 1lbr daun pandan)
Sedikit Garam

Pisang secukupnya
Es Batu
Syrup cocopandan
Daun pisang untuk alas mengukus

Bahan Bubur :

30gr          Tepung beras
25gr          Gula pasir
300cc        Santan
1/4sdt        Garam
1lbr           Daun pandan

Cara Membuat :

1. Kulit pisang ijo : Campur semua bahan, aduk rata kemudian masak dengan api kecil. Aduk-aduk hingga matang. Ambil selembar daun pisang, oles dengan minyak goreng. Letakkan sebagian adonan hijau di atas daun pisang, ratakan. Letakkan pisang diatasnya, tutup dengan adonan hijau hingga menutupi dan membentuk buah pisang. Lakukan hingga semua adonan habis. Kemudian kukus kurang lebih 15 menit, hingga matang.

2. Bubur : Campur semua bahan, aduk rata. Masak diatas api kecil hingga matang.

3. Penyelesaian : letakkan bubur didasar piring saji, mangkok ato gelas. Tambahkan potongan pisang ijo, siram dengan syrup merah. Terakhir tambahkan es batu yang udah dihancurkan. Es pisang ijo siap dihidangkan.













Gampang kan bikinnya....rasanya juga tidak mengecewakan, beneran enak lho ...walopun aku blom pernah merasakan sebelumnya, hihiiiii ...kira-kira rasanya begitu lah hahaa

Begitu selesai di foto langsung dipindah di wadah yang lebih gede, dikasih sendok 4...langsung serbuuuuuuu.... jadi ketika aku nulis ini piring dan sendoknya masih blom diberesin, hihiiiiii

Oiya....ada cara sesat untuk menhancurkan es batu nih...ala vivi tentunya yaa....letakkan es batu di lap yang BERSIH, bungkus dan pegang erat-erat kemudian pukul-pukul pake ulek'an sambel (sadis ya...) eeiiitts jangan terlalu kuat mukulnya ntar lap'nya jadi robek, rugi kan klo gara2 es batu aza harus merobekkan lap...hihiiii...yang difoto itu sengaja ga dibikin terlalu hancur supaya biar lama esnya mencair :D okay...please try this at home ^^


MOLEN PISANG



Haihaiiii.....serasa lama sekali ga mengunjungi dunia maya. Sengaja....karena emang lagi banyak banget yang di kerjakan di dunia nyata trs ditambah si kakak lagi musim ujian jadi ga sopan kan klo kakak lagi belajar sementara emaknya lagi mengelilingi dunia maya jadiiiiiii libur dulu hihiiiiii....walopuuuuun tangan rasanya udah gatel pengen nyobain resep terus futu-futu ^^

Molen Pisang ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu baru sempet di edit karena baru semalam sempet buka PC. Kali ini pake resep dari Sajian Sedap. Kebetulan ada pisang tanduk dibawain Umik, karena ga sempet-sempet untuk mengolahnya sampe kulit pisangnya menghitam, dwoh!! hampir tiap hari bikin rotmar. Bahkan adonan udah dibikin eh ada temen minta bikinin rotmar ...yasudah adonan aku masukin kulkas dulu, pisangnya juga masuk kulkas lagi, hiihiii... dilanjut besok paginya, pagi-pagi sekali udah diumek2 tuh adonan eh giliran mo dioles kuning telur, telurnya abiiiiiiis...toko deket rumah juga lagi tutup, hwaaaaa.. T,T
Akhirnya aku tinggal jalan-jalan dulu mumpung lagi free...dengan maksud pulang jalan-jalan mampir toko untuk beli telur ...siangnya sampe rumah...ampuuuun telurnya lupa lagiiiiiii hwaaaa.... akhirnya pasrah nunggu toko deket rumah buka, mau keluar ke toko yang jauh udah males...probolinggo panas bangeeeet....

Molen Pisang adalah pisang yang dibalut dengan adonan kulit yang terbuat dari tepung terigu. Ada yang digoreng dan ada juga yang di oven. Kalo yang digoreng adonan kulitnya mirip adonan kulit pastel tapi lebih manis dan sedikit kriuk, untuk yang di oven adonan kulitnya berlapis-lapis mirip puff pastry tapi lebih lembut. Biasanya untuk isian terdiri dari potongan pisang dan keju ato potongan pisang dan meses. Dulu aku udah beberapa kali bikin Molen Pisang ini tapi pake resep dari blognya mbak Tati, rasanya beda...lebih enak yang dulu aku bikin....hmm mungkin karena diresepnya mbak Tati ada butternya ya...
Molen pisang ini biasanya terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung walopun disini pun udah banyak yang jual, yang penasaran silahkan dicoba dirumah ya, ga harus beli dan datang ke Bandung kan untuk menikmati kue ini dan aku lebih menyarankan pake resep yang dari Mbak Tati ;) ....






Wednesday, 20 March 2013

DONAT KENTANG








Alhamdulillah...try out kakak minggu ini udah selesai, tinggal nunggu wisuda tahfid hari Sabtu besok, semoga dilancarkan semuanya yaa kak....^^
Marii update blog...
Bikin donat kentang aza ya...kali ini pake resep Mbak Yuri...hmm Mbak Yuri adalah temen sesama bakul kue tapi udah dekeeeeeet banget...dulu ketemunya di millis NCC...klo ga salah tahun 2008 dan xmp sekarang deket banget...klo aku lagi ga semangat baking ato ingin berkeluh kesah tentang baking ya ke dia lah orangnya...sebenarnya tempat yang paling enak untuk curhat adalah mas fitri tapi kan mas fitri ga ngerti baking jadi susah banget klo ngomongin baking dengan dia, hihiiii....
Mbak Yuri kasih aku resep ini udah luamuaaaa banget, tp karena aku simpan di hp dan aku ganti hp...ilang deh resepnya. Terus aku minta lagi pas aku lagi nelpon dia....SELALU ga segera dibikin, hihiiii xmp akhirnya aku janji ke adek mo bikinin dia donat...maksud hati pake resep mbak Yuri...eh esepnya ilang lagi ...dwoh!! Pas mo nelpon dia...eh kok liat dia abis update blog daaaaaannnn...WOW!! Yuri's Cake on media....huwaaaa selamat ya mbaaaaaak....dirimu udah layak untuk diketahui banyak orang lewat media...sukses untukmu, semoga menjadi berkah untuk dirimu dan keluarga...dan bisa meraih semua impian, yuhuuuuu....#ketjup-ketjup
Dan ketika nelpon dia sekalian  minta resep donat yang ke 3 kalinya sambil ngobrol-ngobrol sama dia, hihiiiii #ojo bosen lho mbak^^
Hmm...karena adek nagih terus donatnya sekarang udah ga bisa ditunda-tunda lagi deh,  bikin donaaaaaaatttt.....


















Sebenarnya...anak-anakku tuh paling doyan sama donat yang cuma dikasih gula aza, dan yang difoto itu satu-satunya donat yang aku hias...hehee inilah aku yang sok kecentilan, mumpung ada sisa coklat pruntul-pruntul ... :D
Oiya...donatnya beneran empuk bangeeeet...aiyo dicoba deh ^^

PASTEL TERATAI





Salah satu yang diajarkan Almarhumah Mbahku ke aku adalah membuat pastel teratai. Jadi ingat beliau nih... beliau yang memaksaku untuk bisa menyulam, menjahit, merajut dan membuat kue...dipaksa harus bisa. Akhirnya aku bisa menjahit, bisa merajut dan menyulam tapi aku lebih suka bikin kue, hehee...

Pastel teratai adalah seperti pastel pada umumnya...terdiri dari adonan tepung yang digiling tipis, bisa menggunakan gilingan mie ato digiling manual. Kemudian dicetak dan digoreng...hanya saja klo pastel pada umumnya kan isinya ada didalam kalo pastel teratai isinya ada diluar. Enaknya bikin pastel teratai ini adalah kulit bisa dibikin duluan kemudian disimpan ditoples...
Kalo diliat bentuknya cantik sih...kayak bunga tapi tiap kali ada yang mo pesen pastel terus aku tawari pastel teratai ini selalu jawabnya "ga ah mbak, ribet maem'e" hihiiii...iyah emang ribet sih ya...


PASTEL TERATAI

Bahan Kulit :

250gr      Tepung terigu
1btr         Kuning telur
50gr        Margarin
Air kurang lebih 75cc
Sedikit garam

Bahan isi :

200gr      Wortel, potong dadu kecil kemudian masukkan ke air mendidih sebentar aja
100gr       Daging ayam, rebus dan potong dadu kecil
3siung      Bawang putih, haluskan
1buah       Bawang bombai, cincang kasar
1tangkai   Seledri, rajang halus
1sdm        Tepung terigu
150cc       Susu cair, bisa diganti air.
1sdt          Merica bubuk
2sdm        Margarain untuk menumis
Sedikit pala bubuk
Garam dan gula secukupnya
Mingayk goreng untuk menggoreng
Putih telur untuk perekat.

Hiasan : daun seledri dan cabe merah besar iris.

Cara membuat :

  1. Kulit : campur semua bahan, uleni hingga kalis.
  2. Isi : Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum, tambahkan tepung terigu, aduk rata. Tuang susu cair, aduk rata. Tambahkan wortel dan ayam. Kemudian tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam dan gula. Aduk rata. Terakhir tambahkan seledri. Masak hingga matang.
  3. Giling tipis adonan (menggunakan gilingan mie). Cetak bentuk teratai yang besar dan yang kecil. Rekatkan ke dua adonan yang sudah dibentuk bunga dengan putih telur. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Goreng adonan kulit pastel dengan cara menekan bagian tengah hingga ke dasar wajan dengan menggunakan kayu kemudian bentuk bagian kelopaknya dengan bantuan sutil masak. Goreng hingga semua adonan kulit habis.
  5. Penyelesaian : ambil kulit pastel letakkan daun seledri kemudian isi dengan isian dan hias dengan irisan cabe merah.














MARMER CAKE






Critanya ini adalah cake coba-coba...yaitu coba-coba pake Basic Essentials Pan (bener ga nih tulisannya), sebenarnya beli pan ini udah hampir 2 tahun...konon critanya bisa buat manggang cake. Klo untuk masak sih udah sering...dan pernah aku pake untuk bikin Brnady Snaps PR LBT beberapa bulan yang lalu... 

Karena namanya juga coba-coba jadi aku bikin cuma separuh resep Marmer Cake nya bu Sisca dan hasilnya... lembut juga lho...ga beda klo manggang pake oven. Hmm...jadi sekarang klo pas aku lagi males manggang cake pake oven aku ganti pake BE aza...bisa ganti-gantian sama si snack maker...oiya aku juga sering lho bikin cake pake snack maker terutama klo pas ada tamu yang mendadak gitu, cepet dan ga ribet ^^ 







Kebetulan bikinnya lagi hujan-hujan...jadi pas banget ya. Ambil gambarnya juga sore hari, mendung dan gerimis pula...begitu selesai photo-photo langsung deh masuk mulut, heheee...





Friday, 15 March 2013

AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK




Lagi-lagi pake resep umikku...ayam panggang ini bumbunya simpel banget tapi rasanya...hmmm ..yumyyyy (Y)....gara-gara bumbunya yang ga macem-macem jadi aku sering bikin...klo bumbunya banyak macamnya harus ada niat khusus untuk membuatnya, hihiiiii ribet banget pastinya...dasar males :P
Sengaja dipanggangnya  ga begitu gosyong karena klo kliatan gosyong ada hitam-hitamnya anak-anakku ga mau makan...hmm sebenarnya bisa juga sih ga pake di panggang tapi kok rasanya kurang mantap ya...

Langsung resep aza ya...lagi ga enak badan nih, males di depan PC lama2...


AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK

400gr       Paha ayam
2sdm        Air jeruk nipis
2lbr          Daun salam
1sdm        Air asam
20gr          Gula merah, sisir
Garam secukupnya
Air kurang lebih 300cc
3sdm        Minyak untuk menumis

Bumbu halus :

6buah       Bawang merah
3siung      Bawang putih
4buah       Cabe merah besar, boleh ditambah rawit klo suka pedes
2cm          Lengkuas


Cara membuat :

  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit. Cuci bersih.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam. Aduk rata.
  3. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan air asam, gula dan garam. Aduk rata.
  5. Tambahkan air dan kecilkan api. Masak hingga bumbu meresap dan matang.





BUBUR SURO / JENANG SURO









1 Suro bagi sebagian masyarakat Jawa masih sering di peringati walopun akhir-akhir ini hanya warga tertentu saja yang merayakannya yaitu masyarakat yang bener-bener yakin dengan kesakralan bulan tersebut, hmm tergantung kemantapan bathin juga sih. Sebenarnya 1 Suro adalah tahun baru untuk penanggalan Jawa dan diperingati saat dimulainya kehidupan baru. Beda dengan tahun baru masehi yang diisi dengan pesta kalo tahun baru Jawa penuh dengan nuansa spiritual.

Di tempat aku dilahirkan, tepatnya didesa Tempeh – Lumajang dan juga didesa-desa lain di sekitar Tempeh seperti Pulo, Besuk dan Lempeni ada satu tradisi yang masih dilakukan sampai sekarang walopun sudah mulai terkikis (terutama didaerah yg agak kota) yaitu membuat Bubur Suro/Jenang Suro yang nantinya akan dijadikan hantaran ke tetangga-tetangga. Ga harus tanggal 1 Suro sih, biasanya hantaran itu ada selama bulan Suro dengan bergantian yang memberi hantaran, klo ditempatku namanya “ater-ater jenang Suro” dan vivi kecil DOELOE selalu menunggu-nunggu saat itu tiba, karena mbah dan buyutku selalu bikin.

Jenang Suro sendiri sebenarnya adalah bubur beras yang dimasak dengan santan, jadi rasanya gurih gitu. Untuk pelengkapnya adalah tahu, tempe dan daging ayam yang dipotong kecil dimasak kare, perkedel kentang yang dibentuk bulat kecil, telur dadar yang dipotong-potong panjang, dan yang ga pernah ketinggalan adalah krupuk warna-warni yang menurut umikku terbuat dari singkong. Hmm…membayangkan saja rasanya pengen kembali ke masa kecilku…

Tapiiiii sekarang sejak mbah dan buyutku udah tiada kami udah jarang sekali bikin jenang suro kecuali klo pengen, ga harus bulan Suro sih dan itupun hanya dimakan kami sekeluarga…bukan hanya dirumahku saja…tetanggaku juga udah ga ada yang bikin, mungkin sama kayak dirumahku, bikin hanya untuk dimakan sendiri saja…. Sebuah tradisi yang mulai terkikis… hanya didaerah tertentu saja yang warganya masih setia dengan tradisi itu yang masih membuat bubur suro ditiap tahunnya.

Chalenge IDFB # 9 kali ini adalah CONGEE atau PORRIDGE atau bisa diterjemahkan dengan kata BUBUR. Bubur ada yang gurih dan manis tapi untuk tantangan kali adalah BUBUR GURIH ASLI NUSANTARA….
Kali ini aku membuat Bubur Suro/Jenang Suro semirip mungkin dengan  Jenang Suro yang ada didesaku dan jenang suro yang pernah aku makan dulu. Yaitu bubur beras yang dimasak dengan santan, kare tahu dan daging ayam (minus tempe ya krn lagi ga ketemu bakul tempe), perkedel kentang dan membuat jadi penuh warna adalah krupuk warna-warni…sebenarnya krupuk itu adanya hanya di bulan suro …sampai2 tante ku bilang “mbak viiiii…ndk ndi ono wong dodol krupuk iku lek ga bulan suro …” hihiiii tapi aku dapat Teeeee…..

BUBUR BERAS

Bahan :

150gr      Beras, cuci bersih
1500cc    Santan
1sdt         Garam
2lbr         Daun salam

Cara membuat :

Campur semua bahan, kemudian masak dengan api kecil hingga menjadi bubur. Jangan lupa sekali-sekali di aduk biar ga gosyoong, hehee…


KARE TAHU & AYAM

Bahan :

200gr       Fillet ayam, potong dadu kecil
400gr       Tahu, potong dadu dan goreng setengah matang
2lbr          Daun jeruk
2lbr          Daun salam
1btg          Serai, memarkan
1buah       Cabe merah besar, iris serong
300cc       Santan 
Garam dan gula secukupnya
3sdm        Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

3siung     Bawang putih
6btr         Bawang merah
3btr         Kemiri
1sdt         Ketumbar
Sedikit jinten
2cm         Kunyit

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan cabe, daun jeruk, daun salam dan serai. Aduk rata.
  2. Tambahkan tahu dan daging ayam, aduk rata dan masak hingga daging ayam berubah warna.
  3. Tambahkan santan, garam dan gula. Masa hingga kuah agak menyusut dan matang.


PERKEDEL KENTANG

Bahan :

200gr     Kentang (kupas, potong2, goreng dan haluskan)
2siung    Bawang putih, haluskan
Sedikit merica bubuk dan pala bubuk
1btr      Telur ukuran kecil, pisahkan kuning dan putihnya
1sdt      Bawang putih goreng
Garam secukupnya

Cara membuat :

Campur semua bahan kecuali putih telur. Bentuk bulatan sebesar kelereng.
Kocok lepas putih telur tambahkan sedikit garam, celupkan bulatan perkedel kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.

Pelengkap :

Bawang goreng
Telur dadar, iris2
Krupuk

Penyajian : Letakkan samir (daun pisang yang dibentuk bulat untuk alas piring) tambahkan bubur beras kemudian diatasnya tata perkedel dan telur dadar, siram dengan kuah kare beserta isinya dan terakhir tabur bawang merah goreng.












Akhirnya bisa setor juga setelah 2 hari tepar...pusing, badan pegel, mata panas, liat monitor rasanya pusing banget ...kyknya ketularan si kakak nih yang beberapa hari ini flu berat... sekarang aza masih terasa pusiiiing tapi inget ada foto yang blom diedit dan disetor...hikzhikz

Monday, 11 March 2013

LBT # 23 HOKKAIDO CHIFFON CUPCAKES WITH VLA AVOCADO




LBT # 23 dengan tema HOKKAIDO CHIFFON CUPCAKES... yaitu cupcakes dengan adonan dasar chiffon cake yang bagian tengahnya diberi filling...bisa vla, buttercream dll...
Jujur klo chiffon cake udah sering bikin tapi klo Hokkaido Chiffon Cake ini blom pernah, hanya tau nama dan gambarnya aza...hmm membayangkan lembutnya chiffon cake dipadu dengan filling vla (sssstttt...aku ga begitu suka BC ^^) jadi pengen segera bikin....tapi untuk lebih jelasnya jalan-jalan dulu ke Gugel (msh penasaran) ....Oops...ternyata lbh banyak pk cupcase kotak walopun yang bunder banyak juga tapi menurut naluriku lebih keren yang kotak....dwoh!! dimn bisa beli cupcase kotak klo ga beli OL, akhirnya nyerah juga pake yang bunder...itupun nyari yang warnanya cerah ga ada, adanya cuokluaaaaat ^^ yowislah...
Untuk adonan dasar chiffon cakenya aku nyontek plek punya Mbak Hesti ^^ ...karena menurut crita mbak Hesti chiffon cake nya ga begitu manis...wah cucok nih, secara kami ga begitu suka yang manis-manis... Lanjut ke vla nya....berpikir mo dibikin apa vla nya...pandan ga...strobery ga...coklat ...hmm kali ini coklat ga juga.... semua bahan cake udah siap ditimbang, tinggal mikir vlanya....
Sambil nungguin si Emmas berangkat kerja teteeeeep masih mikir vla, hikz....
CLING!! akhirnya 3 buah apokat dikulkas menari-nari dianganku...yah...!! minggu kemarin jalan-jalan ke MPS ketemu pedagang apokat....viviiiii mari kita bikin sesuatu dari avokat...berbekal ilmu yang hanya seuprit mulai deh bikin coretan bahan yang mo dipake....



HOKKAIDO CHIFFON CUPCAKES
with VLA AVOCADO

Bahan Chiffon :

3btr      kuning telur
20gr     gula pasir
35gr     minyak sayur
60gr     susu cair
70gr     tepung terigu protein sedang
Sedikit vanilla L'arome (tengkyu mbak dida ya, siapain aza yg lain ntr klo mampir lg aku ambil ihhiiyyy)
3btr      putih telur
25gr     gula pasir
1/2sdt   air jeruk nipis

Bahan vla avocad :

100cc     susu
100gr     daging apokat
40gr       gula pasir
10gr       maizena
1btr       kuning telur
50gr      whipping cream bubuk
100cc    air dingin

Cara membuat :

1. Panaskan oven 170 derajat celcius.

2. Kocok kuning telur dan gula menggunakan whisker hingga pucat. Tambahkan susu dan minyak sayur, aduk rata. Masukkan tepung dan vanilla, aduk rata. Sisihkan.

3. Kocok putih telur dgn kecepatan tinggi hingga berbusa tambahkan gula sedikit demi sedikit. Tambahkan air jeruk nipis, mikser hingga softpeak.

4. Ambil sedikit putih telur masukkan kedalam adonan, aduk balik. Lakukan hingga putih telur habis, aduk balik hingga rata. Tuang ke dalam cup (3/4cup), oven selama 20-30 menit.

5. Vla avocad : kocok whippy cream bubuk dengan air es,simpan dikulkas. Blender susu dan apokat. Tuang campuran susu dan avocad kedalam panci, tambahkan gula & maizena. Masak dgn api kecil, aduk2 dgn whisker hingga meletup2.Matikan api. Kocok kuning telur, tambahkan sedikit adonan vla aduk2. Kemudian masukkan kedalam adonan vla, nyalakan api biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, biarkan hangat.

6. Mikser whipping cream dengan adonan vla hingga rata.

7. Penyelesaian: masukkan vla kedalam cake yang sudah dilubangi dengan menggunakan piping bag. Semprotkan hingga meluber keluar….hmm yummyyyy ^^








Karena bikinnya tadi siang....so ga bisa ngincipi, nunggu abis maghrib :D sabaaaar.....
Daaaan...tibalah saatnya menikmati hokkaido chiffon cupcakes...weeyyyy ...beneran enaaak, vla nya lembuuuut banget dengan rasa apokat yang nendang... jujur nih...mo setor foto ini nunggu abis maghrib karena khawatir sama rasanya...apa kurang gula...? ato terlalu manis....? juga khawatir vlanya pait tp tadi aku udah ngati-ngati banget pas ambil daging apokatnya...ambil bagian yang kuning aza karena klo kena ijonya pasti pait....
Alhamdulillah seperti yang aku harapkan ^^





Saturday, 9 March 2013

RISOLES ISI TAHU KORNET





Mumpung koneksi lagi lancar, update blog lagi...karena sejak sering hujan koneksi sering lelet. Uplod foto yg semalam aza lamanya minta ampun....huhuuuu

Aseli pengen bikin risole yang isi ragut tapi anak-anakku ga suka klo diisi ragut yasudahlah diisi tahu dan kornet aza. Ini bikinnya pas Ara-Tia lagi liburan sekalian bikin buat cemilan mereka. 
Risoles adalah jajanan yang terbuat dari adonan tepung yang dibuat kulit dadar tipis yang diisi isian (bisa ragut, sayuran, daging asap+keju dll) kemudian dibentuk seperti dadar gulung dengan penyelesaian akhir dipanir dan kemudian digoreng. 
Disaat sekarang banyak dijual frozen risoles yaitu risoles yang udah sampai pada tahap dipanir kemudian dibekukan jadi kita tinggal menggoreng aza...lebih simpel kan, untuk teman2 yang ga sempet bikin jadi beli aza yang frozen ato bisa juga bikin sendiri kemudian disimpen di freezer...
Dan kali ini aku bikin yang isi tahu dan kornet, sebenarnya kornet bisa juga diganti dengan daging sapi cincang ato daging ayam cincang tapi karena aku ga mau ribet ya udahlah pake kornet sajjahh....
Karena waktu Ara-Tia lgi libur jadi bikinnya ada yg bantuin, hihiii...senengnyaa ^^


RISOLES ISI TAHU KORNET

Bahan kulit dadar :

200gr            Tepung terigu segitiga
2btr               Telur
1/4sdt            Garam
40gr               Susu bubuk
500-600cc     Air
1sdm              Minyak goreng 

Bahan Isi :

500gr            Tahu, peras & haluskan
150gr            Kornet
4siung           Bawang putih, haluskan
1bh               Bawang bombay, cincang kasar
1sdm            Saus tiram
1sdt              Merica bubuk
1sdm            Kecap manis
Garam secukupnya
Minyak goreng untk menumis
Air secukupnya

Bahan untuk memanir :

Tepung panir
Tepung terigu
Telur (klo vi pk putel sisa bikin cake, heheee)

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit, aduk sampai licin. Buat dadar tipis. Sisihkan.

2. Isi : tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan saus tiram, kecap manis, merica bubuk aduk rata. Kemudian masukkan kornet dan tahu, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata. Masak hingga meresap.

3. Ambil selembar kulit dadar, beri isi. Lipat dan gulung. 

4. Masukkan ke tepung terigu, celupkan ke kocokan telur kemudian gulingkan di tepung panir. Lakukan sampai semua kulit dadar habis.

5. Simpan minimal 1 jam dalam kulkas sebelum digoreng biar tepung panir set (ga rontok ketika digoreng). Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang.








Pas banget nih buat cemilan di hari hujan gini... ^^

Friday, 8 March 2013

MACARONI SCHOTEL again...





Heheee...maap lho yaa...klo sering pasang poto makutel disini...dan jangan bosen lho ya klo makutel lagi...makutel lagiii....^^

Kali ini resepnya suka-suka aza dan memanfaatkan keju melt dan saus bolognese sisa bikin pizza beberapa hari yang lalu...ehhh maaaap pizzanya ga ke poto...karena aku akhir-akhir ini sibuk banget didapur jadi yaah ga kepoto deh...
Gara-gara sibuk banget tuh sampe ga sempet ngenet,  OL hanya dari henpun. Sekali buka pc mata ga kuat melek, nguantuk pol ...sambil melototi pc kepala aku taruh di meja, ga lama nyerah juga karena mata pedes, hikz....














Yang membahagiakan adalah ketika mas fitri, kakak, adek suka dengan apa yang aku bikin...tp klo makutel sih bukan cuma suka tapi doyan, hahaa...
Alhamdulillah ya ...

OREM-OREM





Kangen masa kecil, ketika masih di rumah Tempeh. Umik sering masakin sayur orem-orem ini untuk kami, kadang juga masak dalam jumlah yang banyak untuk ngirim ke sawah. 
Sayur orem-orem ini terdiri dari tahu, tempe dan pindang tongkol...ato adakalanya tanpa pindang tongkol. Oiya mo crita dikit nih tentang pindang tongkol...karena Lumajang, tepatnya Desa Tempeh (tanah tumpah darahku ^_^ ) jauh dari laut maka waktu aku masih kecil ikan yang sering ditemui dipasar adalah ikan pindang....pindang tongkol (dijualnya udah dalam bentuk potongan kecil gitu krn ikannya gede banget), pindang sisik, pindang benggol jadiii dirumah sering banget masak ikan pindang itu...dari yang di pepes, disayur santen, disayur cemplung sampai di goreng aza trs dipenyet di sambel. Tapi klo sekarang ini udah banyak banget ikan segar yang dijual dipasar mungkin karena transportasi udah lancar ya...
Dan ketika saat ini aku udah tinggal disini (Probolinggo daerah pantai) aku udah dengan mudahnya untuk mendapatkan ikan laut...klo lagi ada kesempatan main ke pelabuhan sekitar jam 2 siang aku bisa belanja ikan segar disana. Menurut pendapat orang-orang nih ikan tongkol Probolinggo itu lebih enak lho...katanya siiih hihiiii...
Sebenarnya di Lumajang juga ada laut seperti laut Bambang (yang selalu rame ketika lebaran ketupat) ato Watu Pecak tapi kayaknya ga ada nelayannya deh karena ombaknya terlalu besar jadi tidak memungkinkan para nelayan untuk mencari ikan. Konon critanya, seperti halnya deretan pantai selatan lainnya kedua pantai itu (pantai bambang dan Watu Pecak)  diyakini sebagai tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul, hiiiiiyy seyyemm yaaa...>,<














Rasanya...aku jamin tidak mengecewakan. Ada belimbing wuluh yang bikin seger, hmmm...klo pengen pedes dan lagi males bikin sambel cabe rawit yang merah-merah itu bisa dijadikan pengganti sambel...^^





OREO CHEESE CAKE





Oreo Cheese Cake....ini bikin udah beberapa hari yang lalu disela-sela ngukus bronis yang berloyang-loyang (makasih ya mbak Nanik untuk pesanan bronis yang kedua kalinya di Jajanevivi). Cake kukus dengan taburan biskuit oreo didalamnya resepnya dapat di Majalah Sedap Pemula. Resep aslinya pake keju slice yang diletakkan ditengahnya (separuh adonan dikukus dulu kemudian letakkan keju slice setalah itu tuang sisa adonan) tapi karena aku ga punya keju slice jadi aku ganti dengan keju cheddar yang aku parut kemudian aku aduk di adonannya maksud hati biar cakenya "ngeju" gituuh... 


OREO CHEESE CAKE

7btr         Telur
130gr      Gula pasir halus
1/4sdt     Garam
1/2sdt     Emulsifier (SP/TBM)
3sdm      Air
175gr     Tepung terigu protein rendah
25gr       Susu bubuk
1/2sdt     Baking powder
100cc     Santan kental instan
50gr       Margarin
100gr     Oreo tanpa krim, cincang kasar
4lbr        Keju slice, aku ganti keju cheddar parut

Cara membuat :

1. Kocok telur, gula, garam, emulsifier dan air hingga mengembang.

2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan. Tambahkan santan dan margarin leleh. Aduk balik.

3. Tambahkan oreo dan keju parut, aduk rata.

4. Tuang diloyang 22x22x7cm yang udah dioles margarin dan dialas kertas roti.

5. Kukus hingga matang.







Rasanya...cake kukus yang berasa santan tapi ada rasa kejunya dan ditambah dengan rasa oreo gitu, tekstur cake agak padat mungkin karena ada margarin didalamnya jadi ketika cake udah dingin cake jadi padat.

Friday, 1 March 2013

FRUIT CHEESE CAKE




Yuhhuuuu...akhirnya bisa futu-futu kue lagiiiiii....
Kali ini bikin Fruit Cheese Cake...ini cake model BUTTER CAKE yaitu margarin/mentega dikocok bersama gula sampai lembut. Telur kemudian dimasukkan satu persatu bergantian dengan tepung terigu atau bahan kering lainnya seperti susu bubuk, coklat bubuk dan baking powder. Memasukkan tepung dan bahan kering lainnya harus sambil diayak. Sisa tepung bisa dimasukkan sekaligus, bisa sambil diaduk atau dikocok .
Bila menggunakan cooking coklat, masukkan setelah margarin dikocok atau bergantian dengan sisa tepung terigu. Setelah ini adonan bisa dituang kedalam cetakan yang telah dialas kertas dan dioles margarin.

Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan Chifon, Butter dan Sponge Cake bisa diliat disini ya... 








Untuk kue ini membutuhkan waktu yang agak lama dalam proses pematangannya, kadang bagian atas udah kering duluan sementara bagian dalam masih mentah...nah untuk menghindari hal itu tutup bagian atas kue dengan kertas alumunium. Ketika kue udah matang buka kertas alumuniumnya, oven kembali untuk mematangkan bagian atasnya.

Cake ini enak banget...beneran deh...berasa keju walopun perbandingan keju dan terigu masih banyak terigunya tapi layak dicoba...ok banget buat temen minum teh sore hari ato ok juga buat sarapan ^^








ROTI MARYAM

Hanya perkerjaan iseng, ketika ada roti maryam sisa pesanan nganggur dan sebelum masuk peyut kami (kebetulan mas fitri, aku, kkk, adek doyan semua...heheee) difutu-futu duluuu....
Masih dengan resep yang sama dengan yang sebelumnya ya...jadiiiii ga aku tulis lagi yaaa....silahkan dicari-cari resepnya di blog ini...