Friday, 22 February 2013

PEPES AYAM




Bikin pepes ayam...hmmm mumpung si embak lagi baik hati mau bawain aku daun pisang dari rumahnya, baik dan ga lupa, heheee karena embak itu orangnya pelupa parah...
Udah lamaaaaaaa banget ga makan pepes, xmp lupa kapan terakhirnya...ketika ada kesempatan masak ini duh senang sekaliiiii...walopun udah kebayang klo anak-anakku ga bakalan suka...tapi masih ada mas fitri yang pasti suka...dia sih apa-apa suka, hihiiiii

PEPES AYAM

250gr        Daging ayam, potong2 (boleh juga sama tulangnya)
1btr           Telur, kocok lepas
2sdm         Santan kental (vi pk kara)
1btg           Serai, ambil bagian putih iris2
3lbr           Daun salam
Garam dan gula secukupnya
Cabe rawit secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :

7btr         Bawang merah
3siung      Bawang putih
1buah      Cabe merah besar
4btr         Kemiri
1cm         Jahe
2cm         Kunyit

Cara membuat :

1. Campur ayam, telur, santan, bumbu halus, gula dan garam. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit supaya bumbu lebih meresap.

2. Ambil selembar daun pisang. Pada bagian alas beri daun salam dan irisan serai kemudian beri campuran ayam. Letakkan cabe rawit di bagian atas. Bungkus seperti membungkus botok.

3. Kukus selama 30 menit hingga matang. Siap disajikan....

eh...boleh juga di bakar dl sebelum disajikan




Sediakan nasi hangat...klo kurang pedes boleh ditambah cabe lagi, tuh udah tak siapin cabenya, haahaaa...

2 comments:

  1. ditambah irisan tomat ijo atau belimbing wuluh mba... Pasti tambah maknyuuuzzz....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lina ...ntr aku coba deh yang pake belimbing wuluh, kebetulan belimbing wuluh dirumahku lg banyak buahnya, hihiiii...makasih ya ^^

      Delete