Wednesday, 13 February 2013

MARTABAK TELUR








Taarraaaaaa....Martabak Endog in action...hahaaa
Alhamdulillah, ini adalah setoran untuk Pawon Ibu yang ke tiga sejak bergabung. Dan temanya kali ini adalah Egg Dish / Aneka Sajian Telur...boleh berwujud masakan ato kue pokoknya yang bahan utamanya telur ato endog, heheee
Kali ini aku bikin martabak telur hihiiii...yang gampang-gampang aza soalnya yang punya dapur lagi males mikir. Ato bisa juga biar klop...klo bulan lalu bikin Martabak Manis ...nah sekarang bikin martabak telurnya. Hallaah...!!!
Karena disini pada suka martabak telur jadi hmmm...bisa dibilang sering bikin. Dari yang pertama kali bikin dengan kulit yang lembek sampe sekarang dengan kulit yang agak kriuk. Ternyata biar kulitnya agak kriuk gitu adonan kulitnya ditambahkan maizena itupun ga boleh banyak-banyak karena klo terlalu banyak kulit martabak menjadi keras. Ilmu tentang penambahan maizena ini aku dapat dari temen di grup bbm dulu (lupa namanya euy...mbak Nina ato sapa yaaa...maaaaap lupaaaa... Jzkllh ya mbak ..^^ )

MARTABAK TELUR

Bahan kulit :

200gr           Tepung terigu
30gr             Maizena
1btr              Telur
1sdm            Minyak goreng
500-600cc   Air
Garam secukupnya.

Cara membuat :

Campur semua bahan, aduk hingga licin dan tidak menggerindil. Buat dadar tipis, sisihkan.

Tumisan ayam :

100gr         Daging ayam/sapi giling
1 tangkai    Daun bawang iris halus
1sdt           Bumbu kari bubuk
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

Tumis daun bawang hingga harum, tambahkan daging giling. Aduk rata. Kemudian tambahkan bumbu kari, aduk rata dan masak hingga matang.

Bahan isian :

6 butir      Telur
Kurang lebih 300gr daun bawang iris halus.

Penyelesaian :

Campur bahan isian telur, daun bawang dan tumisan daging aduk rata (jika kurang asin boleh tambahkan garam). Ambil selembar kulit dadar, beri isian kemudian lipat seperti amplop. Masukkan ke dalam wajan datar yang sudah dipanaskan dan diberi sedikit minyak dengan posisi bagian lipatan ada diatas supaya telur tidak mbleber keluar. Balik ketika bagian bawah udah kering. Lakukan untuk semua adonan kulit.

Oiya...untuk adonan kulit boleh juga garam diganti dengan "em es ge", suka-suka aza deh...mana yng lebih mantap dan menurut selera masing-masing, heheee







No comments:

Post a Comment