Tuesday, 26 February 2013

YOGHURT BROWNIES





YOGHURT ...adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri, berbentuk susu yang menggumpal dengan rasa asam yang khas. Boleh dari susu sapi ato dari susu kedelai tapi untuk produksi saat ini pembuatan yoghurt di dominasi oleh susu sapi...bahkan saat ini banyak ditemui yoghurt dengan rasa buah-buahan. Karena bahan dasarnya adalah susu maka kandungan gizi yoghurt tidak kalah dengan susu. Yoghurt sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena yoghurt dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita juga sangat cocok sebagai pengganti susu untuk orang-orang yang sensitif terhadap susu.







Untuk lebih jelasnya silahkan liat disini yaaa...











Tadinya aku membayangkan sepotong bronis panggang dengan rasa yang asam segar gitu tapi yang ada adalah rasa bronis yang mirip dengan bronis panggang pada umumnya. Rasa yoghurtnya tenggelam diantara rasa coklat pekat DCC, heheee... apa karena MCC nya yang aku ganti dengan DCC ya...? karena diresep asli harusnya pake MCC karena ga ada stok so aku ganti dengan DCC, hihiii

Tapi yang pasti kami suka banget...klo lagi ada stok yoghurt nganggur silahkan dicoba deh... ^^






Friday, 22 February 2013

PUDING COKLAT VLA VANILLA





Kebingungan ketika hari udah siang, lupa klo harus bikin sesuatu buat buka puasa nanti huhuuu...akhirnya ganti baju keluar ke toko deket rumah...yang ada dipikiranku bikin puding aza yang gampang secara blom masak juga, hikz....

Ga sempet nyari-nyari resep puding akhirnya aku nyontoh plek apa yang ditulis di bungkus kemasan hanya aza air aku ganti susu fullcream, trs aku tambah coklat bubuk 1 sdm, pasta coklat 1sdm dan aku tambah DCC 50gr...yg lain2 sama persis di kemasan....hihiiii  wis ga mikir gulanya kurang ato ga... :D

Ketika bikin vlanya baru sedikit tenang dan blisak-blisak buka buku resep, hehee...
Resep vlanya nyontek dimajalah Sedap Sekejap

Vla Vanilla

Bahan :

300ml susu cair
11/2 sdm tepung maizena
60gr gula pasir
1btr kuning telur
1/8sdt garam
Essen vanilla secukupnya

Cara membuat :

Rebus susu, maizena, gula, garam dan vanilla sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang kekuning telur. Aduk rata. Tuang kembali kedalam panci. Rebus sambil diaduk hingga meletup-letup, matikan api. 







Alhamdulillah selesai, dan masih ada waktu foto2 menjelang maghrib... ^^



KLEPON




Klepooooon....asli kangen klepon walopun sebenarnya pengen bikin klepon ubi tapi yang dibikin malah klepon ketan, hehee yo wis gapopo...
Bikin klepon ini untuk menu takjil beberapa hari yang lalu. Pake resepnya NCC biar takaran pas karena biasanya klo bikin ga pernah di timbang, asal brak-bruk aza bahannya...maklumlah klepon itu jenis jajanan yang tingkat gagalnya kecil sekali, asal adonan tepung ketannya ga kebanyakan air pas waktu nguleni udah bisa dipastikan pasti jadi, hihiiii...

KLEPON

Bahan :

250gr          Tepung beras ketan
50gr            Tepung beras putih
150cc         Air daun suji
2sdt            Air kapur sirih
100gr         Gula merah, sisir
1/2btr         Kelapa, parut memanjang
1/4sdt         Garam
1ltr             Air       

Cara membuat :

1. Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, sisihkan.

2. Campur air daun suji dan air kapur sirih.

3. Tuangi tepung dengan campuran air daun suji, aduk dan uleni hingga menjadi adonan yang liat.

4. Ambil sedikit adonan, pipihkan. Beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulatan. Kemudian masukkan ke dalam 1ltr air yang sudah mendidih. Masak bola-bola klepon hingga matang dan mengapung. Angkat dan langsung gulingkan kedalam parutan kelapa yang sudah dikukus dengan garam.








Ini enak bangeeeeetz....klo ga percayaaaa...ayo dicoba, hihiiiiii
bikinnya juga gampaaaaaang...hanya saja marut kelapanya aza yang bikin aku males karena "1" aku harus marut kelapa sendiri....karena "2" si embak ga bisa marut kelapa, huwaaaa.... T,T





Linaaa...ini batik ilalang yang kamu bikinin, tapi lin...idemu pinggirnya di obras biar kliatan rapi itu ga aku banget liiiiin....mo tak gunting ae yo liiiiiin....#siap2ambilgunting...

MUFFIN TAPE





Masih ada sedikit sisa tape, lanjut bikin muffin tape hihiiiii...
Resepnya nyontek di bukunya bu Sisca....
Senengnya bikin muffin adalah...ga perlu ribet-ribet mikser adonan karena muffin tidak membutuhkan adonan yang mengembang sempura jadiiiiii adonan cukup diaduk-aduk aza pake whisker... ^^

MUFFIN TAPE

Bahan :
150gr      Margarin
100cc     Susu cair
3btr        Telur
150gr     Gula pasir
250gr     Tepung terigu
1sdt        Baking powder
1sdt        Soda kue
200gr     Tape singkong
Almond slice untuk taburan

Cara membuat :

1. Siapkan loyang muffin, beri kertas cup. Sisihkan.

2. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius.

3. Panaskan margarin dan susu cair hingga meleleh tapi tidak mendidih, angkat.

4. Kocok telur bersama gula pasir hingga gula larut tapi tidak berbuih. Masukkan tepung terigu, baking powder dan soda kue, aduk rata. Masukkan campuran margarain dan susu. Tambahkan tape, aduk rata.

5. Tuangkan adonan ke loyang muffin, taburi almond slice. Panggang hingga matang.







Tidak pernah bosan dengan kue yang bertape-tape, heheee....
Aiiooo...dibikin ^^



PEPES AYAM




Bikin pepes ayam...hmmm mumpung si embak lagi baik hati mau bawain aku daun pisang dari rumahnya, baik dan ga lupa, heheee karena embak itu orangnya pelupa parah...
Udah lamaaaaaaa banget ga makan pepes, xmp lupa kapan terakhirnya...ketika ada kesempatan masak ini duh senang sekaliiiii...walopun udah kebayang klo anak-anakku ga bakalan suka...tapi masih ada mas fitri yang pasti suka...dia sih apa-apa suka, hihiiiii

PEPES AYAM

250gr        Daging ayam, potong2 (boleh juga sama tulangnya)
1btr           Telur, kocok lepas
2sdm         Santan kental (vi pk kara)
1btg           Serai, ambil bagian putih iris2
3lbr           Daun salam
Garam dan gula secukupnya
Cabe rawit secukupnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :

7btr         Bawang merah
3siung      Bawang putih
1buah      Cabe merah besar
4btr         Kemiri
1cm         Jahe
2cm         Kunyit

Cara membuat :

1. Campur ayam, telur, santan, bumbu halus, gula dan garam. Aduk rata. Diamkan kurang lebih 30 menit supaya bumbu lebih meresap.

2. Ambil selembar daun pisang. Pada bagian alas beri daun salam dan irisan serai kemudian beri campuran ayam. Letakkan cabe rawit di bagian atas. Bungkus seperti membungkus botok.

3. Kukus selama 30 menit hingga matang. Siap disajikan....

eh...boleh juga di bakar dl sebelum disajikan




Sediakan nasi hangat...klo kurang pedes boleh ditambah cabe lagi, tuh udah tak siapin cabenya, haahaaa...

SEMUR 'CEKER' AYAM





Lagi-lagiiiiiiii...dikasih ceker sama tukang ayam, hihiiiii...baik banget yaaa pak Sugik ituuu, tau aza klo kami suka ceker, hahaaa...tak doakan semoga dagangannya berkah dan ayamnya laris manis ya paaaak biar bisa kasih ceker lagi ke aku...#ngarep yo viiiii hihiiiii

Pengennya sih dimasak yang beda gitu lho...ga semur ceker lagi...semur ceker lagi tapi disemur inilah yang Ara-Tia sukaaa...jadi ya sudahlah di masak semur lagi.... ^^
Resepnya masih seperti yang dulu yaa....jadi ga perlu ditulis lagi...









Tuesday, 19 February 2013

CAKE TAPE





Kangen aroma tape dalam sebuah cake....
Masih ada sisa tape waktu bikin prol tape kemarin, mungkin lebih tepatnya belinya dibanyakin biar ada sisanya hehee...nih gara2 berkali-kali liat gambar cake tape di fb jadi pengen...mumpung lagi nyantai uplek-uplek sebentar didapur nyiapin ini itu...dan jadi deeh cake tapenya...ga pake lama heheee
Ini pake resep dari majalah Sedap Pemula th 2008....

CAKE TAPE

Bahan :

225gr        Margarin
150gr        Gula pasir
100gr        Tape singkong, haluskan (vi pk 200gr)
6btr           Kuning telur
4btr           Putih telur
225gr        Tepung terigu
25gr          Tepung maizena
2sdt           Baking powder
50cc          Santan kental (vi pk susu cair)
Almond, kismis secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :

1. Kocok margarain dan gula pasir xmp lembut. Masukkan tape singkong, kocok rata.

2. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung sambil diayak dan dikocok rata.

3. Masukkan sisa tepung, maizena dan baking powder kocok rata. Terakhir masukkan susu cair. Kocok rata.

4. Tuang diloyang, tabur dengan almond slice dan kismis.

5. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

** Boleh juga menggunakan loyang tulban diameter 20cm.

** Pilih tape singkong yang lunak dan manis agar cake terasa legit.










Linaaa...batik gambar anggurnya udh tak pake yooo, ayo mbatik neh liiin...lek ono sisae neh kekno aku huhuuuu...

SUSU KEDELAI





Ini permintaan adek bikin susu kedelai, sebelum berangkat sekolah dia bilang "Nda ntr adek pulang sekolah susu kedelainya udah jadi ya..." hmmm padahal ada kue yang harus diselesaikan hari itu. Yasudahlah gapapa demi adek tia, hehee 
Susu kedelai adalah minuman dari sari kedelai uang didapat dengan menghaluskan kacang kedelai  yang telah direndam terlebih daluhu agar kacang kedelai menjadi lunak dan memudahkan proses menghaluskan. Langkah selanjutnya yaitu menyaring sari kedelai dengan kain tipis yang kemudian menghasilkan cairan berwarna putih yang mirip susu kenapa mirip susu kedelai karena susu kedelai emang bukan susu, ada beberapa kandungan tertentu yang tidak terdapat di susu kedelai. 
Sebenarnya ini bukan kali pertama bikin susu kedelai tp ya gitu deh ga pernah ke foto dan kali ini disempetin untuk foto-foto hehee...sssstttt ini adek udah minta bikinin lagiii...ckckck...


SUSU KEDELAI 

Bahan :

100gr      Kacang kedelai rendam selama 7 jam
700cc      Air
1lbr         Daun pandan
Gula menurut selera

Cara membuat :

Tiriskan kacang kedelai yang sudah direndam kemudian masukkan ke dalam blender. Tambahkan air dan blend hingga halus. Saring dengan menggunaka kain tipis sambil diperas. Selanjutnya direbus dengan daun pandan dan tambahkan gula menurut selera.

Untuk penambahan air, suka-suka aza ya...jika ingin yang agak encer tinggal ditambahkan airnya ato sebaliknya....^^







Manfaat Susu Kedelai Yang Dahsyat Bagi Manusia



Manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh manusia ternyata dahsyat. Jika selama ini anda meremehkan khasiat minuman yang terbuat dari sari kedelai ini, maka setelah membaca artikel ini anda pasti akan segera berubah pikiran. Karena dibalik cara pembuatannya yang sederhana, terkandung manfaat kesehatan yang luar biasa.
Susu kedelai sering kita temui karena memang banyak penjual yang menjualnya baik melalui kios atau keliling. Pembuatannya sangat sederhana dan mudah. Meski biasanya jika bikin sendiri di rumah susunya akan berbau langau, tapi apabila diberi campuran susu kental manis rasanya akan berubah menjadi sangat nikmat. Ibu saya pernah mempraktekkannya.
Nah, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari susu kedelai yang bisa anda peroleh apabila mengonsumsinya :
1. Mengatasi Intoleransi Laktosa

Intoleransi Laktosa adalah suatu kondisi di mana sistem pencernaan tidak mampu mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu) dengan baik akibat terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh- yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus. Dan ini tentu tidak baik untuk memberikan susu sapi yang mana mengandung laktosa susu kepada anak balita yang mengalami intoleransi laktosa. Gejalanya berupa mual, muntah, diare, dan gejala sakit perut yang lain.
Sebagai solusinya untuk anak balita anda yang berusia di atas 1 tahun ke atas, anda bisa memberikannya susu kedelai sebagai nutrisi pendamping ASI karena susu kedelai tidaklah mengandung laktosa susu. Dan berikan dalam porsi sewajarnya saja cukup 1-2 gelas per hari. Dan tak hanya pada anak-anak yang mengalami intolerensi laktosa, orang dewasa pun yang mengalami alergi susu sapi bisa mencoba mengonsumsi susu kedelai.
2. Bisa digunakan sebagai minuman pengganti susu sapi bagi penderita autisme

Manfaat susu kedelai yang lain adalah sebagai minuman bergizi tinggi bagi anak penderita autis. Anda mungkin pernah mendengar istilah autis. Autisme dapat diartikan sebagai suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal.
Para penderita autis disarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung Kasein (Protein susu) dan Glutein (protein tepung). Kenapa? Karena kedua jenis protein tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menyebabkan si penderita autis menjadi lebih hiperaktif. Susu sapi dan keju adalah salah satu sumber kasein, jadi alih-alih memberikan susu sapi lebih baik apabila penderita autis diberi susu kedelai karena tidak kasein dan glutein. Hal tersebut supaya bisa mendapatkan pasokan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral dalam jumlah cukup meski tanpa minum susu sapi.
3. Pengganti susu sapi bagi para vegetarian

Vegetarian adalah orang yang tidak suka memasukkan masakan olehan yang mengandung daging ke dalam menu masakannya, mereka lebih memilih mengonsumsi produk seperti sayur dan buah untuk makanan sehari-hari. Nah, agar memperoleh gizi yang tidak kalah dengan gizi susu sapi maka vegetarian disarankan mengonsumsi susu kedelai. Karena kandungan gizi susu kedelai sangatlah besar, diantaranya vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak).

4. Mengurangi kadar kolesterol darah

Seperti yang anda ketahui bahwa di dalam tubuh, kolesterol akan bergabung dengan protein dan akan membentuk suatu senyawa yang disebut lipoprotein. Lipoprotein sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Jika kadar LDL dalam darah terlalu banyak maka dapat menyumbat arteri serta meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sedangkan kebalikannya apabila level HDL yang rendah malah dapat meningkatkan resiko penyakit jantug.
Nah, kandungan lesitin dalam susu kedelai akan berfungsi untuk menghalau LDL sedangkan kandungan isoflavon akan mampu berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan level HDL yang baik untuk kesehatan jantung.
5. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke

Kandungan lainnya dalam susu kedelai adalah Vitamin E yang mampu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke. Penelitian pada Harvard University; menunjukkan mereka yang memperoleh Vitamin E 200 I.U/ hari; risiko mendapat gangguan kardiovaskular berat menurun sebesar 34 %.
Selain itu susu kedelai juga mengandung asam Folat dan Vitamin B6 yang juga bermanfaat mencegah penyakit jantung. Tak cukup sampai di ditu, kandungan magnesiumnya juga mampu mengatur tekanan darah seseorang.
6. Mencegah kencing manis / diabetes mellitus

Kencing manis biasanya timbul karena tubuh kekurangan insulin yang berakibat kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Beruntung, karena kandungan Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin ternyata mampu menjaga keseimbangan insulin. Kandungan protein dalam susu kedelai pun ternyata lebih mudah untuk diterima oleh organ ginjal dibandingkan protein yang berasal dari hewan.

7. Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu mengatasi sindroma menopause dan juga mencegah osteoporosis. Kandungan lainnya yang dapat menghambat menopause adalah vitamin E.

8. Mencegah migrain

Anda pasti sering menyaksikan iklan obat di televisi yang menunjukkan seseorang yang megalami sakit kepala sebelah, ya itulah migrain. Sakit kepala sebelah atau yang sering pula disebut migrain ini biasanya bersifat kambuhan lebih banyak menyerang wanita dibanding pris dengan prosentase 3:1. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan kandungan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) akan mampu untuk mencegah dan meredakan migrain.

9. Sebagai minuman anti kanker

Susu kedelai banyak mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal seragan radikal bebas pemicu kanker. Diantaranya adalah seleniu, vitamin E, isoflavon dan Genistein.

10. Untuk mencegah penuaan dini

Anda pasti pernah bertemu denga seseorang yang wajahnya terlihat lebih tua dibanding usia yang sebenarnya. Mungkin orang tersebut mengalami apa yang dinamakan penuaan dini. Salah satu penyebab timbulnya penuaan dini adalah karena paparan radikal bebas. Nah, untuk melawannya dibutuhkan antioksidan. Itulah kenapa orang yang hidup di pedesaan dan suka memakan makanan yang mengandung antioksidan terlihat awet muda. Susu kedelai selain mengandung protein yang tinggi juga kaya akan zat senyawa Anti Aging. Jadi, tak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai ini apabila ingin terlihat awet muda.
Meskipun manfaat susu kedelai amatlah besar bagi kesehatan namun perlu dicatat bagi para pria agar tak mengonsumsinya terlalu sering dan dalam jumlah berlebihan. Karena menurut beberapa sumber yang saya baca bisa mengurangi produksi hormon lelaki. Itu karena susu kedelai merupakan sumber phytoestrogen yang bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kalau hal tersebut berlangsung dalam waktu lama maka kemungkinan bisa menimbulkan sisi feminin pada tubuh anda.




Shelly...makasih ya kiriman jusnya, huhuuu...tuh botolnya udah tak pake poto2. Tengkyu...tengkyuuu...^^

SATE TELUR PUYUH




Ini udah lama banget bikinnyaaa....hampir aza lupa klo punya foto ini, hihiiii. Sate ndog puyuh , hmmm ini adalah kesukaan anak-anakku ...pokoknya klo lg ga ada ide mo masak apa ini lah salah satu alternatifnya selain oseng tahu, telur dadar dan tahu telur...hihiiii lauk-pauk yang mudah sekali dibikin dan yang paling penting adalah ga ditolak sama anak-anakku... :D

SATE TELUR PUYUH

25butir        Telur, rebus dan kupas
1cm             Lengkuas, geprek
2sdm           Kecap manis
1/2sdt          Ketumbar bubuk
5btr             Bawang merah, haluskan
3siung          Bawang putih, haluskan
1lbr              Daun salam
1btg             Sere, ambil bagian putihnya geprek
300cc          Air
Garam secukupnya

Cara membuat :

Campur semua bumbu, telur puyuh, daun salam dan sere. Tambahkan air. Masak dengan api kecil sampai bumbu meresap.






Kalopun tanpa ditusuk hanya dihidangkan dipiring gapapa sih sebenarnya, rasanya juga sama aza buatku tp klo buat anak-anak mereka lebih suka klo ditusuk-tusuk :D hmm...hanya buang-buang tusuk sate sajjah karena dipakenya cm bentar ^^

Thursday, 14 February 2013

BINGKA KENTANG





Alhamdulillah masih gabung di Dapur Aisyah dan ini adalah setoran ku yang ke 4.
Tema bulan Februari adalah Aneka Kue Basah Tradisional dan kali ini aku bikin Bingka Kentang karena masih males mikir jadi bikin yang gampang aza, hihiiii...alasan'e ga buanget :P

Resepnya dapat dari majalah Sedap th 2006...
Bingka beda dengan Bika ato bikang. Kalo bingka adonannya terbuat dari santan dan telur yang ditambahkan tepung dan bahan lain. Rasanya cenderung manis tetapi gurih dan legit. Manisnya itu yang aku ga suka, bener-bener maniiiiiiiis....kenapa tadi ga aku kurangi aza ya gulanya *_* jadi tambah manis nih aku gara-gara makan bingka, jiaaaahhh viviiiiiiii :P 
Dan cara bikinnya mudah banget, cuma diaduk-aduk thok trs tuang diloyang, oven deh. Karena adonannya agak encer gitu jadi butuh waktu agak lama untuk manggangnya...


BINGKA KENTANG

Bahan : 

4btr        Telur
120gr     Gula pasir
200gr     Kentang kukus, haluskan
120cc     Santan kental dan 1 btr kelapa
1/2sdt     Garam
1/4sdt     Vanili bubuk

Cara membuat : 

1. Kocok telur dan gula asal rata dan gula larut.

2. Campur kentang, santan, garam dan vanili. Aduk rata.

3. Tuang kocokan telur. Aduk rata.

4. Tuang ke loyang 16x16x4cm yang sudah dioles margarin dan di alas kertas roti.

5. Oven dengan suhu 160 derajat celcius, hingga matang.

** Ketika mencampur telur dan kentang jangan memasukkan kentang ke dalam telur karena pengadukan akan sulit, lebih baik tuangkan telur dalam kentang, adonan akan lebih mudah diaduk.






Wuiiiiihhhh, rasane endog bangeeeeeeet.... >,<





Wednesday, 13 February 2013

MARTABAK TELUR








Taarraaaaaa....Martabak Endog in action...hahaaa
Alhamdulillah, ini adalah setoran untuk Pawon Ibu yang ke tiga sejak bergabung. Dan temanya kali ini adalah Egg Dish / Aneka Sajian Telur...boleh berwujud masakan ato kue pokoknya yang bahan utamanya telur ato endog, heheee
Kali ini aku bikin martabak telur hihiiii...yang gampang-gampang aza soalnya yang punya dapur lagi males mikir. Ato bisa juga biar klop...klo bulan lalu bikin Martabak Manis ...nah sekarang bikin martabak telurnya. Hallaah...!!!
Karena disini pada suka martabak telur jadi hmmm...bisa dibilang sering bikin. Dari yang pertama kali bikin dengan kulit yang lembek sampe sekarang dengan kulit yang agak kriuk. Ternyata biar kulitnya agak kriuk gitu adonan kulitnya ditambahkan maizena itupun ga boleh banyak-banyak karena klo terlalu banyak kulit martabak menjadi keras. Ilmu tentang penambahan maizena ini aku dapat dari temen di grup bbm dulu (lupa namanya euy...mbak Nina ato sapa yaaa...maaaaap lupaaaa... Jzkllh ya mbak ..^^ )

MARTABAK TELUR

Bahan kulit :

200gr           Tepung terigu
30gr             Maizena
1btr              Telur
1sdm            Minyak goreng
500-600cc   Air
Garam secukupnya.

Cara membuat :

Campur semua bahan, aduk hingga licin dan tidak menggerindil. Buat dadar tipis, sisihkan.

Tumisan ayam :

100gr         Daging ayam/sapi giling
1 tangkai    Daun bawang iris halus
1sdt           Bumbu kari bubuk
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

Tumis daun bawang hingga harum, tambahkan daging giling. Aduk rata. Kemudian tambahkan bumbu kari, aduk rata dan masak hingga matang.

Bahan isian :

6 butir      Telur
Kurang lebih 300gr daun bawang iris halus.

Penyelesaian :

Campur bahan isian telur, daun bawang dan tumisan daging aduk rata (jika kurang asin boleh tambahkan garam). Ambil selembar kulit dadar, beri isian kemudian lipat seperti amplop. Masukkan ke dalam wajan datar yang sudah dipanaskan dan diberi sedikit minyak dengan posisi bagian lipatan ada diatas supaya telur tidak mbleber keluar. Balik ketika bagian bawah udah kering. Lakukan untuk semua adonan kulit.

Oiya...untuk adonan kulit boleh juga garam diganti dengan "em es ge", suka-suka aza deh...mana yng lebih mantap dan menurut selera masing-masing, heheee







Tuesday, 12 February 2013

LBT#22 SAUSAGE PUFF PASTRY





Yuhhuuuu....akhirnya selesai juga pr ku, yeaayyy Alhamdulillah...
Tema PR LBT kali ini adalah HOMEMADE PUFF PASTRY...hmmm udah biasa bikin siih jadi ya ga membuatku deg-degan sama sekali. Seperti biasa aku pake resepnya bu Sisca Soewitomo, dari awal bikin pake resep ini udah langsung jadi sooo...ini gampang menurutku (terlepas dr rasa sombong dkk yaaa...hihiii )

Tapi untuk PR kali ini bener-bener bikin strees secaraaaaa...karena hari senin aku puasa maka aku bikinnya pagi-pagi sekali (ketika ndoro putri dan ayahnya udh berangkat) maksudku biar sebelum dhuhur semua udah selesai termasuk foto-fotonya. Selesai sholat dhuha, ngaji bentar langsung deh nguleni...diemin sebentar adonannya. Selama nunggu adonan aku nyambi masak biar ntr sore ga gedabalan. Masak kelar, terus siap-siap untuk ngegiles adonan pastry...daaaaaan baru ingat klo korsvetnya blom dikeluarin dari kulkas, huwaaaa...korsvetnya atos koyok watu...ga ada yang bisa dilakukan kecuali nunggu korsvet suhu ruang. Mo tidur ga bisaaaaaa ...karena kepikiran adonannya, huhuuuuuu...akhirnya pasrah menunggu. Korsvetnya suhu ruang jam udah setengah 2, hikz...yo wis lah mulai ngegiles....ssssttttttt...ngegiles kulit pastry pas puasa itu sesuatu banget lho indahnya, hihiiii
Selesai semuanya jam setengah 4, langsung sekalian nyiapin buka setelah itu aku tiduran nunggu maghrib. Aku lemeeeeeesss....huhuuuu
Wew...bener-bener hari yang indah, alhamdulillah....

















Tarraaaa....ini dia barisan puff pastry yang msh anget, merekah kaaan... ^^



Sunday, 10 February 2013

BROWNIES "EDUN"






BROWNIES EDUN asli resep racikan Pak Sahak tanpa modifikasi sedikitpun. Penasaran banget ketika beliau uplod foto dan resepnya di fb beberapa hari yang lalu langsung deh masuk daftar kue yg kudu dicoba, maklumlah aku kan selalu gila gitu klo liat yang coklat-coklat karena bahan ada semua hmmm langsung deh masuk dapur, ga boleh lama-lama keburu ngiler, hihiiiii

BROWNIES “EDUN”

Resep :

100 gram     Dark cooking chocolate
100 gram     Margarin
(lelehkan)

180 gram     Tepung terigu
20 gram      Maizena
30 gram      Coklat bubuk
5 butir         Telur
200 gram    Gula pasir  
1 sdt           Emulsiefier
2 sdm         Susu kental manis.

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, maizena, coklat bubuk, telur, gula, emulsifier dan SKM. Mikser selama 5 menit

2. Tambahkan DCC dan margarine cair, aduk rata

3. Tuang diloyang yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti

4. Taburi atasnya dengan kismis dan almond slice, panggang selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.







Dan yang tidak nyaman adalah ketika bikin pas hari libur karena aku selalu terganggu dengan kalimat-kalimat Ayah, Kakak dan Adek ….

Ayah : “Nda, ini bisa langsung dimakan ato mo difoto-foto dulu …? “

Kakak : “Nda, kakak pengen…jangan lama-lama ya foto2nya …”

Adek  : “Nda, masih lama tah. Adek udah pengen Ndaa … “ sambil nungguin dibelakangku

Bener-bener suasana yang ga nyaman ya…..tapi itu hanya berlaku untuk kue-kue yang kkk & adek suka aza, klo yang ga disukai jangankan dilihat…melirikpun mereka ga mau…hikz…^^







Ada yang protes kenapa foto-fotoku gelap-gelapan terus, heheee....dan kali ini udah aku bikin terang ....


ROTI ISI AYAM TERIYAKI





Yuhhuuu...bikin roti lagiiiii....
Ga usah heran klo aku sering -sering bikin roti walopun ga punya breadmaker, ssssssttttt...karena bikinnya cuma separuh resep, hihiiiii....klo bikin satu resep udah kebayang pegel-pegel nguleni nya hahaa
Tapi separuh resep pun udah lebih dari cukup buat kami berempat dan juga udah lebih dari cukup bikin pegelnya tangan ku, huhuuuu

Resepnya masih sama dengan yang Roti Pizza kemarin hanya saja yang ini aku isi dengan daging ayam giling yang aku kasih bumbu teriyaki...dan rasanya yummmmeeehh ...!!!










Friday, 8 February 2013

ROTI PIZZA





Ga pernah bosan dengan rerotian walopun nguleninya bikin capek karena selalu pake sepuluh jari ...#berharap ada yang baik hati membelikan aku bread maker ^^
Roti yang jadi favorit dirumah ku adalah yang isi coklat dan yang isian asin/gurih kecuali adek yang suka isi srikaya tapi aku ga pernah bikin yang isi srikaya, selalu beli karena yang suka cuma adek sajjah :D

Ketika anak-anakku pengen pasta dan minta dibelikan spagheti dan saus bolognesenya dan ketika sausnya masih ada maka yang terpikir adalah bikin Roti Pizza, adonan roti manis yang dibentuk kayak pizza dioles saus bolognese dan ditopping irisan sosis dan bakso kemudian diparuti keju cheddar. Hmm...yummyyy...
Resepnya nyontek dimajalah Sedap...

ROTI 

Bahan :

500gr     Tepung terigu protein tinggi (vi pk 400gr cakra, 100gr segita)
1/2bks    Ragi instan
120gr      Gula pasir
25gr        Susu bubuk
2btr         Telur
200cc      Air es
1sdt         Garam (vi pk 1/2sdt)
50gr        Margarin

Saus bolognese siap pakai, sosis, bakso, keju cheddar parut

Cara membuat :

1. Campur terigu, ragi, gula dan susu bubuk. Aduk rata.

2. Tambahkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis., masukkan garam dan margarin. Uleni hingga elastis. Diamkan 30 menit.

3. Kempiskan adonan, timbang masing2 40-50gr bentuk bulat dan diamkan 10 menit.

4. Pipihkan adonan, diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit oles dengan saus bolognese, tata bakso dan sosis diatasnya dan parut keju cheddar.

5. Oven selama 12 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

6. Tarraaaaa....jadilah roti pizza yang aduhaiii.... hahaa





Mari nge ROTI..... ^^

Thursday, 7 February 2013

EGYPTIAN BAKE SAMBUSAK




Egyptian Bake Sambusak...dapetin resep ini di majalah Sedap edisi th 2006, lama sekali ya.... Udah lama sih masuk daftar kue-kue yang pengen dicoba tapi baru saat ini ada kesempatan untuk membuatnya. Menurut di majalah itu, kue ini salah satu jajanan khas Mesir. Dan yang menarik buatku untuk mencobanya  adalah kue dipanggang ga digoreng...selama ini aku kenal sambusa yang digoreng...

Yuk ah, langsung resep aza yah...

EGYPTIAN BAKE SAMBUSAK

Bahan kulit :

50gr        Margarin
125ml      Minyak jagung (vi pk minyak sayur)
125ml      Air
1sdt         Garam
350gr      Tepung terigu protein sedang

Bahan isi :

250gr      Daging giling
1siung     Bawang putih, cincang
1bh         Bawang bombay, cincang kasar
50gr        Kacang mede sangrai, cincang kasar
1/2sdt     Pala bubuk
1sdt        Garam
1/2sdt     Gula pasir
1/4sdt     Lada hitam bubuk
2sdm      Minyak goreng untuk menumis

Kuning telur untuk olesan


Cara membuat :

1. Kulit : panaskan margarin, air dan minyak goreng hingga margarin mencair. Tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu, aduk sampai licin. Bentuk bulat, sisihkan.

2. Isi : tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging, masak hingga berubah warna. Tambahkan kacang mede, aduk rata. Tambahkan pala bubuk, garam, gula dan lada hitam. Masak hingga bumbu meresap.

3. Tipiskan adonan setebal 3mm. Potong diammeter 10cm. Beri isi, lipat 2 dan rekatkan ujung-ujungnya. Letakkan diloyang oles dengan kuning telur.

4. Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.







Beneran enak dan kaya rasa. Ada rasa gurih dari kacang mede yang dicampur
dengan daging cincang. Layak untuk dicoba..
Hmm...kkk suka banget tapi adek ga suka...yowislah gapopo...^^


.