Wednesday, 23 January 2013

Vi2 adhang KETAN rek...




Ada beras ketan yang dibawain Umik waktu liburan kemarin dan ada kedelai sisa bikin susu kedelai beberapa hari yang lalu. Hmm... bikin Ketan Bubuk Kedelai asyik juga di hari yang selalu mendung dan selalu hujan ini.


KETAN BUBUK KEDELAI 

300gr      Beras ketan, rendam selama 1 jam
200cc      Santan (kurang lebih ya ...)
Garam secukupnya
Daun pandan
Pelengkap : Kelapa parut

Cara membuat :
Tiriskan ketan kemudian kukus. Sementara santan dikukus, masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Ketika ketan dikukusan sudah mulai padat, angkat ketan kemudian aron dengan santan mendidih, aduk rata. Kemudian kukus lagi hingga tanak dan matang.
**Jika ketan direndam terlalu lama maka tidak banyak santan yang dibutuhkan untuk aron karena kalo terlalu banyak ketan akan terlalu lembek. Biasanya sih aku cuma dikira-kira aza pemakaian santannya.
Untuk bubuk kedelainya : 50gr kacang kedelai, 3 lembar daun jeruk (sobek-sobek), sedikit kencur (potong tipis-tipis), garam dan gula. Cara membuat : sangrai kacang kedelai, daun jeruk dan kencur, kemudian haluskan dengan ditambah gula dan garam secukupnya.






Nemu kayu tua dan jelek nih dibawah pohon belimbing disamping rumahku, minta tolong Embak biar dicuci dan dibersihkan. Daaaaan...embak mulai bingung dan heran melihatku karena akhir-akhir ini suka ngumpulin kayu-kayu tua...heheee...tenang aza mbaaaak...aku masih vi2 yang dulu kok ^^

No comments:

Post a Comment