Saturday, 19 January 2013

SOTO AYAM




Klo hari mendung dan hujan kayak gini paling enak tuh maem yang berkuah, anget dan pedes (disini pedes hanya berlaku untukku karena yang lain ga pada suka pedes, hehee)
Sebenarnya aku udah sering masak soto tp baru kali mejeng disini... resepnya masih pake yang dari Umik ku, resep andalan hehee... karena taunya ya cuma ini...

SOTO AYAM

Bahan :

1 buah        Dada ayam
3lbr            Daun jeruk
1btg           Serai, geprek
1sdm         Bawang putih goreng
2btg           Daun bawang, iris kasar

Bumbu yang dihaluskan :

5 siung      Bawang putih
6btr           Kemiri, sangrai
2cm          Jahe
4cm          Kunyit
1sdt          Merica bubuk
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bahan pelengkap :

Tauge, rebus sebentar
Kol, iris2 dan rebus sebentar
Daun seledri
Bawang goreng
Jeruk nipis
Telur rebus

1. Rebus daging ayam.
2.Tumis bumbu halus, daun jeruk dan batang sere hingga harum kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam rebusan ayam yang sudah mendidih. Tambahkan garam, masak dengan api kecil hingga daging ayam matang. Angkat daging ayamnya, kemudian tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng pada kuah, biarkan hingga mendidih. Angkat.
3. Goreng daging ayam yang sudah direbus bersama kuah soto tadi.

Cara penyajian : Siapkan mangkok, isi dengan sayuran kemudian tambahkan suwiran ayam. Taburi bawang goreng, irisan seledri dan potongan telur dan terakhir siram dengan kuahnya. Beri air jeruk nipis secukupnya. Siap disajikan ^^

Bisa juga ditambahkan kentang goreng tapi aku suka males bikinnya, hikz...

Boleh jg ditambahkan gula di kuahnya tp klo aku ga suka kuah soto yang rasanya manis.









Halloooo...yang ini adalah pohon daun jeruk yang ada disamping rumahku. Buat ibu-ibu, mbak-mbak, adik-adik yang mo bikin soto, rawon, urap2, peyek, bumbu pecel dan apalah ...silahkan ambil dirumahku yaaa....tuh daunnya lebat banget, buahnya juga banyak banget...sayangnya buahnya ga bisa dimakan ...klo bisa kan aku tinggal nunggu masa panen ya...hihiiii

No comments:

Post a Comment