Tuesday, 1 January 2013

SATE TEMPE





Nih gara-gara beberapa hari yang lalu Mbakyu Rina Audie uplod foto sate tempe yang udah sukses bikin aku ngiler abis. Untuk bumbunya ga aku rubah sama sekali karena emang aku bukan orang yang pandai memasak klo dirubah-rubah ntar malah aneh rasanya hanya aku tambah dengan daun jeruk yang daunya emang buanyak banget dirumahku, hmmm….kira-kira cukuplah untuk bikin masakan ibu2 di komplek ku, hihiiiii saking banyaknya tuh… :D

SATE TEMPE

bahan  :

400 gr tempe kedelai, dipotong dadu
2 lbr daun salam
5 sdm kecap manis
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut
garam secukupnya

Bumbu halus :
5 bh cabe merah besar
5 bh bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara membuat :
1. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai wangi dan matang.
2. Masukkan santan, kecap manis dan garam. Cek rasanya. Masukkan tempe, aduk rata. Masak sampai bumbu meresap. Matikan api. biarkan dingin.
3. Tusuk tempe menggunakan tusukan sate. Bakar di atas api sambil diolesi sisa bumbu.






Diresep aslinya sih pake sambel kecap tapi aku ga bikin karena tanpa sambel kecap pun rasanya udah mantap. Jadiiiiii sarapan tadi pagi pake sate tempe dan nasi anget, alhamdulillah semua suka dan abiiiiiiiiiissss sampai tusuk tearkhir.... bahagianyaaaa...*__*

Mbakyu Rina, suwun resepnya yaaa....

2 comments:

  1. perasaan tempo hari dah komen disini tapi kok gak nyangkut yah...

    Seneng deh kalo sate tempenya disukai...
    makasih udah mau praktek resepnya DapurManis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga seneng mbak...semua suka dan langsung abis, hihiii
      makasih ya ^^

      Delete