RUJAK MADURA

18:01:00












Alhamdulillah bisa setor untuk IDFB di hari terakhir padahal udah ga kepikir mo setor karena xmp semalam masih sibuk di dapur, dan gara2 begadang semalam sekarang masih terasa ngantuknya.

Tema event IDFB Challenge #8 kali ini adalah RUJAK dan aku bikin Rujak Madura karena hmm...yang pertama karena aku emang lebih suka rujak pake petis tuna daripada petis udang, yang kedua karena waktu pulang hari minggu kemarin dibawain petis sama umik, hahaa...

Probolinggo masyarakatnya kebanyakan orang Madura jadi mudah sekali mendapatkan penjual rujak madura disini dari yang dijual keliling sampe yang mangkal tapi selama aku tinggal disini tidak pernah sekalipun beli rujak, hihiiii... Rujak madura sepintas mirip pecel ...itu karena petis ikan tuna tidak hitam kayak petis udang.
Yang menjadi ciri khas rujak madura yaitu adanya potongan singkong rebus dan krupuk singkong, mungkin penambahan singkong rebus dimaksudkan sebagai pengganti karbohidrat tapi beberapa orang masih juga menambahkan lontong walopun ada singkong rebusnya. Rupanya mereka masih menganggap bahwa singkong blom bisa membuat kenyang yaaa, heheee...dan ada lagi yang ditambah buah seperti kedondong dll tapi aku blom pernah mencobanya. Tentang krupuk singkongnya nih...sebenarnya ada namanya tapi aku lupa, DOELOE... aku sering dibawain oleh-oleh krupuk singkong itu sama sodara yang emang tinggal  di Sumenep Madura, tidak hanya krupuk tp lengkap sama petisnya dan klo mereka pada datang kami akan ngerujak rame-rame, seruuuuuu, kalo ga salah waktu itu aku masih SD-SMP gitu lah, kangen masa-masa itu...kebetulan beberapa hari yang lalu waktu belanja di spm ada krupuk singkong itu langsung deh aku beli. Rasanya gurih tapi kayaknya tidak ada tambahan bumbu deh, mirip rasa criping singkong gitu (criping singkong = singkong rebus yang di iris tipis-tipis kemudian dijemur kering dan digoreng, salah satu jajananku waktu kecil dulu ^^ )

Bumbu Rujak :

4sdm     Kacang tanah goreng
1sdt       Petis ikan / madura
Cabe sesuai selera
Garam, gula secukupnya
Air matang secukupnya



semua bahan dihaluskan, tambahkan air biar ga terlalu kental.



Ada beberapa penjual yang menggunakan pisang klutuk (batu) di bumbunya, klo menurutku tanpa pisang klutuk pun rasanya enak kok mungkin klo dikasih pisang klutuk bumbunya jadi semakin kental. Dan ada juga yang ditambah terasi di bumbunya mungkin maksudnya biar kaya rasa ya, hemmm ini juga tergantung selera juga... mo ditambah terasi ato tidak....
Oiya...ati-ati penambahan garam dalam bumbu ya karena petis ikan cenderung asiiiiiiiiiin...


Pelengkap :

Tahu goreng
Tempe Goreng
Ketimun
Singkong rebus
Sayur yang udah direbus (tauge, kacang panjang, kobis, kangkung...suka2 aza deh ^^ )
Krupuk singkong

Penyelesaian : Tata semua bahan pelengkap di piring kemudian siram dengan bumbu rujak dan sajikaaaaan....sssttttttt.... jgn lupa krupuknya biar kriuk-kriuk ^^






Ini krupuk singkong khas Madura
  




Ntr malam aza ya setornya, skrg tak sholat dulu trs bobok...berat banget mataku...
gambarnya ala kadarnya...hikz""


**membayangkan seminggu kedepan bisa nyantai, hmmm bikin apa yaaa...



You Might Also Like

1 komentar

  1. aduuuuch....lagi ngidam2nya rujak sumenep..eh ketemu blog kakak..hahah jadi tambah ngiler..
    namanya kripiknya kepeng kak,..
    jadi pengen pulang sumenep liat ini..huhuhu

    salam kenal

    ReplyDelete