MARTABAK MANIS

14:01:00








Yuhhuuuuu, ini setoran yang ke 2 untuk Pawon Ibu dan temanya bulan ini adalah Martabak Manis... hmmm kebetulan nih...sekalian untuk menjawab rasa penasaranku tentang martabak manis yang pernah aku buat beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya ini masih menggunakan resep yang sama dengan yang dulu karena yang dulu aku bikin rasanya masih agak kaku/keras maka untuk yang ini aku tambahkan bahan cairnya dan telurnya aku hanya pake kuningnya aza...daaaaan hasil akhirnya bener-bener menakjubkan teman-teman....sebuah martabak manis yang empuk dan berserat halus... dan aku  senang sekaliiiiiii, hmmm...rasa-rasanya aku ga mo beli  martabak manis yang ada di depan deps. store sini lagi deh...hihiiii 


TERANG BULAN
Bahan :
500gr       Tepung terigu protein sedang
1sdt          Baking powder
150gr       Gula pasir
2btr          Kuning telur
1/4sdt       Vanili bubuk
1/2sdt       Garam
750cc       Air
Bahan taburan per loyang :
1sdm     Margarine
1sdm     Gula pasir
2sdm     Meses
50gr       Keju cheddar

Bahan tambahan perloyang :

1/4sdt    Baking powder
1/4sdt    Soda kue

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir tambahkan kuning telur, vanili dan garam.
  2. Tuang air kedalam adonan, mikser dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Karena cetakan ku lumayan gede, jadi adonan aku bagi 4. Sebelum adonan dituang ke cetakan tambahkan 1/4sdt baking powder dan 1/4sdt soda kue, aduk rata.
  4. Kemudian tuang adonan dicetakan yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 15 menit. Cetakan tidak perlu dioles margarine.
  5. Biarkan Adonan berbusa/lubang2 kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
  6. Oles terang bulan dengan margarine. Tabur meses dan keju parut. Potong 2 dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarine.
Penambahan baking powder dan soda kue pada bahan tambahan perloyang tergantung pada besar kecilnya cetakan ya.., 1/4sdt baking powder dan soda kue itu untuk cetakan diameter 22cm.


Liat tuh seratnya, alus banget kaaaan....


  


 

Ini yang masih dicetakan...


You Might Also Like

4 komentar

  1. seratnya cakeep. pernah bikin gagal hasilnya kayak dorayaki, sampai sekarang belum bikin lagi :D

    ReplyDelete
  2. Berserah...sukses nih martabaknya.

    ReplyDelete