Thursday, 17 January 2013

BAKSO TAHU





Kalo lagi hujan-hujan begini alangkah enaknya klo makan yang anget2. Bikin bakso tahu sekalian  untuk setoran PR Dapur Aisyah bulan Desember. Makanan kayak gini anak-anakku suka banget, ga bakalan ditolak ato diliat sebelah mata, hehee... Makanya begitu tau tema bulan ini "ANEKA BAKSO & PEMPEK" langsung yang kebayang bikin bakso tahu...
Resepnya asal aja, waktu bikinnya terpikir klo jadi dan rasanya enak ya aku setor tapi kalo ga enak ...hmmm...cukup untuk konsumsi pribadi sajjahhh...hihiiii ^^

BAKSO TAHU

Tahu putih secukupnya (waktu bikin aku butuh 7 potong tahu ukuran gede dibelah 2), keluarkan bagian tengahnya membentuk lubang.

200gr       Daging ayam giling
50gr         Daun bawang, iris halus
50gr         Tepung sagu
1btr          Putih telur
1sdt          Garam (ato menurut selera, boleh juga pk MSG klo suka)
1sdt          Bawang putih bubuk
1sdt          Merica bubuk
Sedikit pala bubuk

Bahan tambahan :

Seledri iris halus
Daun bawang iris halus
Bawang goreng
Daun sawi, rebus
Jangan lupa sambel, biar lebih mantap .... ^_^

Cara membuat :

1. Campur semua bahan, aduk rata.
2. Isikan campuran ayam tadi ke dalam tahu. Kukus selama 15 menit.
3. Kemudian goreng hingga berkulit.

Untuk kuahnya, tulang ayam yang udah diambil dagingnya direbus dengan air 1500cc, 5 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdt merica bubuk dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil  hingga mendidih dan berkaldu. Terakhir tambahkan 1 sdt minyak wijen. Didihkan sekali lagi angkat.
Untuk yang suka pake MSG, boleh2 aza klo mo ditambahkan MSG tapi klo aku ga pernah pake ^^

Cara penyajian : Siapkan mangkok, isi dengan bakso tahu+daun sawi kemudian tambahkan daun bawang, seledri dan bawang goreng terakhir siram dengan kuahnya...


Dari yang pernah aku baca, untuk menghasilkan kaldu yang enak tulang ayam harus direbus dengan api kecil selama kurang lebih 3-4 jam, begitu juga dengan kaldu sapi dan kaldu ikan. Dan untuk menghilangkan bau amisnya bisa ditambahkan daun bawang dan seledri, jangan lupa disaring  ya biar ga kotor....














No comments:

Post a Comment