Thursday, 31 January 2013

RUJAK MADURA












Alhamdulillah bisa setor untuk IDFB di hari terakhir padahal udah ga kepikir mo setor karena xmp semalam masih sibuk di dapur, dan gara2 begadang semalam sekarang masih terasa ngantuknya.

Tema event IDFB Challenge #8 kali ini adalah RUJAK dan aku bikin Rujak Madura karena hmm...yang pertama karena aku emang lebih suka rujak pake petis tuna daripada petis udang, yang kedua karena waktu pulang hari minggu kemarin dibawain petis sama umik, hahaa...

Probolinggo masyarakatnya kebanyakan orang Madura jadi mudah sekali mendapatkan penjual rujak madura disini dari yang dijual keliling sampe yang mangkal tapi selama aku tinggal disini tidak pernah sekalipun beli rujak, hihiiii... Rujak madura sepintas mirip pecel ...itu karena petis ikan tuna tidak hitam kayak petis udang.
Yang menjadi ciri khas rujak madura yaitu adanya potongan singkong rebus dan krupuk singkong, mungkin penambahan singkong rebus dimaksudkan sebagai pengganti karbohidrat tapi beberapa orang masih juga menambahkan lontong walopun ada singkong rebusnya. Rupanya mereka masih menganggap bahwa singkong blom bisa membuat kenyang yaaa, heheee...dan ada lagi yang ditambah buah seperti kedondong dll tapi aku blom pernah mencobanya. Tentang krupuk singkongnya nih...sebenarnya ada namanya tapi aku lupa, DOELOE... aku sering dibawain oleh-oleh krupuk singkong itu sama sodara yang emang tinggal  di Sumenep Madura, tidak hanya krupuk tp lengkap sama petisnya dan klo mereka pada datang kami akan ngerujak rame-rame, seruuuuuu, kalo ga salah waktu itu aku masih SD-SMP gitu lah, kangen masa-masa itu...kebetulan beberapa hari yang lalu waktu belanja di spm ada krupuk singkong itu langsung deh aku beli. Rasanya gurih tapi kayaknya tidak ada tambahan bumbu deh, mirip rasa criping singkong gitu (criping singkong = singkong rebus yang di iris tipis-tipis kemudian dijemur kering dan digoreng, salah satu jajananku waktu kecil dulu ^^ )

Bumbu Rujak :

4sdm     Kacang tanah goreng
1sdt       Petis ikan / madura
Cabe sesuai selera
Garam, gula secukupnya
Air matang secukupnya



semua bahan dihaluskan, tambahkan air biar ga terlalu kental.



Ada beberapa penjual yang menggunakan pisang klutuk (batu) di bumbunya, klo menurutku tanpa pisang klutuk pun rasanya enak kok mungkin klo dikasih pisang klutuk bumbunya jadi semakin kental. Dan ada juga yang ditambah terasi di bumbunya mungkin maksudnya biar kaya rasa ya, hemmm ini juga tergantung selera juga... mo ditambah terasi ato tidak....
Oiya...ati-ati penambahan garam dalam bumbu ya karena petis ikan cenderung asiiiiiiiiiin...


Pelengkap :

Tahu goreng
Tempe Goreng
Ketimun
Singkong rebus
Sayur yang udah direbus (tauge, kacang panjang, kobis, kangkung...suka2 aza deh ^^ )
Krupuk singkong

Penyelesaian : Tata semua bahan pelengkap di piring kemudian siram dengan bumbu rujak dan sajikaaaaan....sssttttttt.... jgn lupa krupuknya biar kriuk-kriuk ^^






Ini krupuk singkong khas Madura
  




Ntr malam aza ya setornya, skrg tak sholat dulu trs bobok...berat banget mataku...
gambarnya ala kadarnya...hikz""


**membayangkan seminggu kedepan bisa nyantai, hmmm bikin apa yaaa...



MACARONI SCHOTEL




Ini adalah makanan yang anak-anakku pada suka. Pokoknya klo dibikinin selalu habis-bis dan selalu bikin bahagia yang diriku, hahaa...

Resepnya masih sama dengan yang ini, bikin separuh resep jadi 2 pinggan tahan panas itu. Udah lebih cukup untuk dimakan rame-rame....



SOSIS AYAM bikinanQ...



Lagi rajin bongkar-bongkar lemari yang isinya tumpukan buku-buku, trs nemu buklet Lezat yang isinya tentang Nugget. Ada resep nugget yang pake tepung sagu secara biasanya klo aku bikin nugget selalu pake roti tawar, penasaran pengen bikin tapi yang ada dipikiranku mau aku bikin kayak sosis itu karena ada tepung sagu nya tadi, hihiiii ...#rodok ngawur ^^
Dan untuk bungkusnya aku pake plastik es lilin karena dirumahku adanya hanya itu, jadinya sosisnya agak-agak gendut gituh deh hehee...resepnya juga udah aku sesuaikan dengan rasaku yah...garam aku kurangi, ga pake santan, ga pake gula, ga pake MSG juga dan aku tambah bawang putih yang dihaluskan...#iku jenenge ngerusak resep vii lek akeh sing dirubah...

SOSIS AYAM

300gr      Daging ayam, giling
100cc      Air
1sdm       Susu bubuk FC
2btr         Telur ayam
50gr         Tepung sagu
2siung      Bawang putih, haluskan
1sdt          Garam
1sdt          Merica bubuk

Cara membuat :

Campur semua bahan jadi satu dan aduk rata. Kemudian masukkan ke dalam plastik es dengan menggunakan piping bag. Kukus kurang lebih 20 menit, hingga matang. 





Tadinya aku mo fotoin juga yang udah digoreng tapi karena menggorengnya pas menjelang maghrib jadi kayaknya lebih bijaksana menyiapkan untuk buka puasa daripada untuk ritual foto-foto....
Ga nyangka, rasanya enak banget... pengen bikin lagi tp yang gedenya agak bersahabat, hehee

Wednesday, 23 January 2013

Vi2 adhang KETAN rek...




Ada beras ketan yang dibawain Umik waktu liburan kemarin dan ada kedelai sisa bikin susu kedelai beberapa hari yang lalu. Hmm... bikin Ketan Bubuk Kedelai asyik juga di hari yang selalu mendung dan selalu hujan ini.


KETAN BUBUK KEDELAI 

300gr      Beras ketan, rendam selama 1 jam
200cc      Santan (kurang lebih ya ...)
Garam secukupnya
Daun pandan
Pelengkap : Kelapa parut

Cara membuat :
Tiriskan ketan kemudian kukus. Sementara santan dikukus, masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Ketika ketan dikukusan sudah mulai padat, angkat ketan kemudian aron dengan santan mendidih, aduk rata. Kemudian kukus lagi hingga tanak dan matang.
**Jika ketan direndam terlalu lama maka tidak banyak santan yang dibutuhkan untuk aron karena kalo terlalu banyak ketan akan terlalu lembek. Biasanya sih aku cuma dikira-kira aza pemakaian santannya.
Untuk bubuk kedelainya : 50gr kacang kedelai, 3 lembar daun jeruk (sobek-sobek), sedikit kencur (potong tipis-tipis), garam dan gula. Cara membuat : sangrai kacang kedelai, daun jeruk dan kencur, kemudian haluskan dengan ditambah gula dan garam secukupnya.






Nemu kayu tua dan jelek nih dibawah pohon belimbing disamping rumahku, minta tolong Embak biar dicuci dan dibersihkan. Daaaaan...embak mulai bingung dan heran melihatku karena akhir-akhir ini suka ngumpulin kayu-kayu tua...heheee...tenang aza mbaaaak...aku masih vi2 yang dulu kok ^^

MARMER CAKE




SIMPLE MARMER CAKE NCC

Bahan:
150 gr mentega
100 gr gula pasir
3 btr telur utuh
1 btr kuning telur
150 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt coklat bubuk

Cara membuatnya:

Campur tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula pasir perlahan sambil terus dikocok sampai mengembang pucat.
Masukkan telur satu persatu, sambil tetap dikocok. Kecilkan kecepatan mikser, tuang terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, aduk rata.
Sisihkan 2 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata. Tuang sisa adonan putih kedalam
Loyang loaf 22x10cm, beri adonan coklat secara acak, kacau dengan sumpit hingga membentuk motif marmer.
Panggang dalam oven dengan suhu 180’C, selama lk. 40 menit atau hingga matang.







Cangkir yang ada "+" itu, kado ultahku dari kakak. Dia kasih 2 cangkir dengan model yg beda, dia bilang "Nda...ini dari kakak buat Nda klo foto2 kue yaa..." ^^...klo dr adek aku dikasih jilbab. Beneran ini udah bikin diriku haru biru dan tersedu-sedu dengan ketulusan mereka, huhuuuu...
Makasih ya Mas Fitri, kakak, adek, Umik, Abi dan Mamak ...makaasiiiiiih untuk semua doanya. Juga untuk temen-temen yang udh kirim-kirim sms...makasih juga untuk doanya... Semoga berkah Allah sll untuk kita semua, amiiin...


Sebenarnya bikin kue ini bukan untuk ultahku karena diusiaku yang sekarang buatku tanggal lahir ga harus ditandai dengan kue ultah dan nasi kuning tapi lebih ke beerpikir bagiamana aku mengisi hari-hari ku setelah ini, berusaha menjadi lebih baik itu yang pasti. Seperti yang pernah aku baca "bertambahnya usia menuntut kita untuk menjadi lebih bijaksana dalam hal apapun". Jadiiiii...bikin kue ini hanya untuk mengisi waktuku ketika menunggu anak-anakku pulang sekolah, bikinin jajanan buat mereka dan belajar foto2, hihiiiiii

Saturday, 19 January 2013

MARTABAK MANIS








Yuhhuuuuu, ini setoran yang ke 2 untuk Pawon Ibu dan temanya bulan ini adalah Martabak Manis... hmmm kebetulan nih...sekalian untuk menjawab rasa penasaranku tentang martabak manis yang pernah aku buat beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya ini masih menggunakan resep yang sama dengan yang dulu karena yang dulu aku bikin rasanya masih agak kaku/keras maka untuk yang ini aku tambahkan bahan cairnya dan telurnya aku hanya pake kuningnya aza...daaaaan hasil akhirnya bener-bener menakjubkan teman-teman....sebuah martabak manis yang empuk dan berserat halus... dan aku  senang sekaliiiiiii, hmmm...rasa-rasanya aku ga mo beli  martabak manis yang ada di depan deps. store sini lagi deh...hihiiii 


TERANG BULAN
Bahan :
500gr       Tepung terigu protein sedang
1sdt          Baking powder
150gr       Gula pasir
2btr          Kuning telur
1/4sdt       Vanili bubuk
1/2sdt       Garam
750cc       Air
Bahan taburan per loyang :
1sdm     Margarine
1sdm     Gula pasir
2sdm     Meses
50gr       Keju cheddar

Bahan tambahan perloyang :

1/4sdt    Baking powder
1/4sdt    Soda kue

Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir tambahkan kuning telur, vanili dan garam.
  2. Tuang air kedalam adonan, mikser dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Karena cetakan ku lumayan gede, jadi adonan aku bagi 4. Sebelum adonan dituang ke cetakan tambahkan 1/4sdt baking powder dan 1/4sdt soda kue, aduk rata.
  4. Kemudian tuang adonan dicetakan yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 15 menit. Cetakan tidak perlu dioles margarine.
  5. Biarkan Adonan berbusa/lubang2 kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
  6. Oles terang bulan dengan margarine. Tabur meses dan keju parut. Potong 2 dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarine.
Penambahan baking powder dan soda kue pada bahan tambahan perloyang tergantung pada besar kecilnya cetakan ya.., 1/4sdt baking powder dan soda kue itu untuk cetakan diameter 22cm.


Liat tuh seratnya, alus banget kaaaan....


  


 

Ini yang masih dicetakan...


SOTO AYAM




Klo hari mendung dan hujan kayak gini paling enak tuh maem yang berkuah, anget dan pedes (disini pedes hanya berlaku untukku karena yang lain ga pada suka pedes, hehee)
Sebenarnya aku udah sering masak soto tp baru kali mejeng disini... resepnya masih pake yang dari Umik ku, resep andalan hehee... karena taunya ya cuma ini...

SOTO AYAM

Bahan :

1 buah        Dada ayam
3lbr            Daun jeruk
1btg           Serai, geprek
1sdm         Bawang putih goreng
2btg           Daun bawang, iris kasar

Bumbu yang dihaluskan :

5 siung      Bawang putih
6btr           Kemiri, sangrai
2cm          Jahe
4cm          Kunyit
1sdt          Merica bubuk
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bahan pelengkap :

Tauge, rebus sebentar
Kol, iris2 dan rebus sebentar
Daun seledri
Bawang goreng
Jeruk nipis
Telur rebus

1. Rebus daging ayam.
2.Tumis bumbu halus, daun jeruk dan batang sere hingga harum kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam rebusan ayam yang sudah mendidih. Tambahkan garam, masak dengan api kecil hingga daging ayam matang. Angkat daging ayamnya, kemudian tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng pada kuah, biarkan hingga mendidih. Angkat.
3. Goreng daging ayam yang sudah direbus bersama kuah soto tadi.

Cara penyajian : Siapkan mangkok, isi dengan sayuran kemudian tambahkan suwiran ayam. Taburi bawang goreng, irisan seledri dan potongan telur dan terakhir siram dengan kuahnya. Beri air jeruk nipis secukupnya. Siap disajikan ^^

Bisa juga ditambahkan kentang goreng tapi aku suka males bikinnya, hikz...

Boleh jg ditambahkan gula di kuahnya tp klo aku ga suka kuah soto yang rasanya manis.









Halloooo...yang ini adalah pohon daun jeruk yang ada disamping rumahku. Buat ibu-ibu, mbak-mbak, adik-adik yang mo bikin soto, rawon, urap2, peyek, bumbu pecel dan apalah ...silahkan ambil dirumahku yaaa....tuh daunnya lebat banget, buahnya juga banyak banget...sayangnya buahnya ga bisa dimakan ...klo bisa kan aku tinggal nunggu masa panen ya...hihiiii

Thursday, 17 January 2013

BAKSO TAHU





Kalo lagi hujan-hujan begini alangkah enaknya klo makan yang anget2. Bikin bakso tahu sekalian  untuk setoran PR Dapur Aisyah bulan Desember. Makanan kayak gini anak-anakku suka banget, ga bakalan ditolak ato diliat sebelah mata, hehee... Makanya begitu tau tema bulan ini "ANEKA BAKSO & PEMPEK" langsung yang kebayang bikin bakso tahu...
Resepnya asal aja, waktu bikinnya terpikir klo jadi dan rasanya enak ya aku setor tapi kalo ga enak ...hmmm...cukup untuk konsumsi pribadi sajjahhh...hihiiii ^^

BAKSO TAHU

Tahu putih secukupnya (waktu bikin aku butuh 7 potong tahu ukuran gede dibelah 2), keluarkan bagian tengahnya membentuk lubang.

200gr       Daging ayam giling
50gr         Daun bawang, iris halus
50gr         Tepung sagu
1btr          Putih telur
1sdt          Garam (ato menurut selera, boleh juga pk MSG klo suka)
1sdt          Bawang putih bubuk
1sdt          Merica bubuk
Sedikit pala bubuk

Bahan tambahan :

Seledri iris halus
Daun bawang iris halus
Bawang goreng
Daun sawi, rebus
Jangan lupa sambel, biar lebih mantap .... ^_^

Cara membuat :

1. Campur semua bahan, aduk rata.
2. Isikan campuran ayam tadi ke dalam tahu. Kukus selama 15 menit.
3. Kemudian goreng hingga berkulit.

Untuk kuahnya, tulang ayam yang udah diambil dagingnya direbus dengan air 1500cc, 5 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdt merica bubuk dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil  hingga mendidih dan berkaldu. Terakhir tambahkan 1 sdt minyak wijen. Didihkan sekali lagi angkat.
Untuk yang suka pake MSG, boleh2 aza klo mo ditambahkan MSG tapi klo aku ga pernah pake ^^

Cara penyajian : Siapkan mangkok, isi dengan bakso tahu+daun sawi kemudian tambahkan daun bawang, seledri dan bawang goreng terakhir siram dengan kuahnya...


Dari yang pernah aku baca, untuk menghasilkan kaldu yang enak tulang ayam harus direbus dengan api kecil selama kurang lebih 3-4 jam, begitu juga dengan kaldu sapi dan kaldu ikan. Dan untuk menghilangkan bau amisnya bisa ditambahkan daun bawang dan seledri, jangan lupa disaring  ya biar ga kotor....














Tuesday, 15 January 2013

BIKANG




Yeaayyyy...akhirnya kesampaian bikin bikang JADUL pake resep umik...dan sukses berserat halus. Alhamdulillah... Hmm siapa sih yang ga kenal bikang...jajan pasar yang terbuat dari tepung beras kemudian diuleni dengan santan dengan penyelesaian akhir dicungkil sedemikian rupa sehingga mekar kayak bunga. Bisa mekar seperti bunga karena serat halus yang ada pada kue, serat halus itu terbentuk ketika proses pematangan. Jadiiiii...kalo pada proses pematangan seratnya ga keluar berarti adonannya bantat dan sudah pasti gagal total, hikz... dan aku udah mengalami kegagalan itu, hihihiiii

Bikang ini pake tepung beras yang dihaluskan sendiri, dari beras yang direndam selama 2 jam terus dihaluskan...terserah menghaluskannya...mo ditumbuk, diselep, diblend ato apalah...yang penting bisa halus kyk tepung, heheee ....Kalo dirumahku (Tempeh) ketika ada hajatan bikang udh kayak jajan pasar yang wajib dibikin deh dan selalu pake tepung beras yang bikin sendiri. Dulu aku pernah nyoba bikin pake resep ini dan pake tepung beras RB... berakhir dengan gagal total,  tidak ada serat sama sekali, hikz... Tadi bikinnya sambil mengingat-ingat cara nguleni yang pernah diajarkan budheku ke aku karena resep aslinya pake ukuran gelas dan nguleni tepungnya pun pake kira-kira aza air mendidihnya....


BIKANG

500 gr        Beras, rendam 2jam kemudian haluskan
100gr         Tepung tapioka
250gr         Gula
160cc         Air mendidih
600cc         Santan dingin yang udah direbus
1/2sdt        Garam
50cc          Santan kental untuk dipercikkan diatas bikang ketika akan dicungkil

Cara membuat :

Aduk rata tepung beras, tapioka dan gula kemudian tuangi air mendidih sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata. Selanjutnya tuang santan sedikit demi sedikit, uleni hingga rata ato bisa juga menggunakan mikser kecepatan rendah selama 5 menit.
Ambil sedikit adonan beri pewarna sesuai selera, lebih syedap lagi klo pake pandan suji.
Panaskan cetakan cara bikang (agar tidak lengket perciki dengan air garam), tuang adonan hingga 3/4 penuh, beri adonan yang berwarna. Biarkan adonan hingga bersarang dan matang kemudian percikkan santan kental dan selanjutnya dicungkil dr bagian bawah hingga mekar atasnya.


Berani kan untuk mencobanya....??







Ini penampakan kue yang masih di cetakan dan siap dicungkil, kepenuhan ngisinya jadinya luber. hihiiii

 
Dan ini tepung berasnya....^^

Friday, 11 January 2013

TELUR BUMBU BALI





Ini adalah masakan yang semua disini pada suka, pokoknya klo masak ini selalu abis deh...
Ada banyak versi bumbu ya tp aku lebih sering pake bumbu yang ini karena ini yang diajarkan my mom, heheee

TELUR BUMBU BALI

Bahan :

6btr        Telur, rebus dan goreng hingga berkulit
1sdm      Air asam
2sdm      Kecap manis
Minyak goreng untuk menumis
Garam, gula secukupnya
Air kurang lebih 150cc

Bumbu halus :

4buah     Cabe merah besar, klo aku sll tak buang bijinya biar ga pedes ^^
7btr        Bawang merah
5siung    Bawang putih
2cm       Jahe
1sdt       Merica bubuk

 Cara membuat :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan telur, aduk rata. Kemudian masukkan merica bubuk, kecap manis dan air asam, aduk rata. Tambahkan air, biarkan hingga bumbu meresap dan matang.





LBT#21 BLUEBERRY ALMOND CHEESE




11 Januari 2011 - 11 Januari 2013, udah 2 tahun ya LBT ada di dunia maya. Walopun aku tidak gabung dari awal tp ikut merasakan 2tahunnya :D
Kali ini temanya "SUKA-SUKA" asalkan kue yang dipanggang/dioven dan kenapa aku bikin yang chizzi2 gini itu karena aku blom pernah bikin kue ini jadi sekalian praktek maksudnya, hehehee
Resepnya aku ambil dari majalah Sedap edisi 4/VII/2006, udah lama ya... aku ingat ...aku beli majalah itu ketika aku tinggal di Bekasi DOELOE...dan masih tersimpan rapi sampai sekarang.
Rasanya ngejuuuuu dan lembyuuut banget. Maunya ga berhenti makan klo ga inget badan, sungguh-sungguh bisa bikin badan tambah lebar dan bisa menggagalkan program dietku huhuuu...
Ini bikin kemarin langsung futu-futu dan malamnya diedit, msh ada sepotong nih...ada yang mau...? kerumah ya, langsung ambil ndiri dikulkas....hihiiiii

BLUEBERRY ALMOND CHEESE

Bahan alas :

100gr      Margarin
50gr        Gula tepung
100gr      Almond bubuk
80gr        Tepung terigu protein sedang
20gr        Susu bubuk
1/2sdt     Essence almond
1btr        Kuning telur
1sdm     Air

Bahan topping :

200gr    Cream cheese, kocok
100gr    Mentega tawar
40gr      Gula tepung
1/2sdt    Essence lemon
100gr    White cooking chocolate, lelehkan
50gr      Selai bluberry

Cara membuat :

1. Alas, aduk semua bahan alas sampai berbutir-butir. Tipiskan adonan.
2. Cetak diloyang (aku pake koyang bongpas diameter 20cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Tusuk-tusuk adonan. Oven 15 menit dengan suhu 170 derajat celcius.
3. Topping, kocok cream cheese, mentega dan gula tepung asal rata. Tambahkan essence lemon dan white cooking chocolate. Aduk rata. Tuang ke atas alas, ratakan.
4. Sendokkan selai blueberry di beberapa tempat. Bentuk marble menggunakan lidi. Bekukan.










Thursday, 10 January 2013

CAKE SINGKONG KEJU




Dahuluuu...aku ga pernah mau klo bikin cake yang dicampur singkong, yang ada dipikiranku kok aneh gitu. Yang ada dipikiranku singkong itu enaknya digoreng, direbus, dibikin sawut, di jemblem, di lemet ato di urap sama kelapa (kangen urap pohong euy...)  
Tapi kok lama-lama penasaran ya, berkali-kali baca resep ini di tabloid SAJI akhirnya gatel juga untuk mencobanya. Dan beneran enak lho....klo ga percayaaaaa...cobain deh...

CAKE SINGKONG KEJU

Bahan :

200gr      Singkong, kukus dan haluskan
200cc      Susu cair (aku pake santan)
1/4sdt      Garam
50gr        Margarin, cairkan
150gr      Terigu
2sdt         Baking powder (aku pake 1 sdt aza)
1btr         Telur
125gr      Gula pasir
30gr        keju cheddar, parut (tambahan dr aku)

Cara membuat :

1. Aduk rata singkong, setengah bagian susu cair, garam dan margarin.
2. Ayak tepung terigu dan baking powder.
3. Kocok gula dan telur hingga mengembang, turunkan kecepatan mikser. Masukkan terigu bergantian dengan sisa susu. Aduk rata. Kemudian masukkan campuran singkong dan keju parut, aduk rata.
4. Tuang diloyang yang sudah dialas kertas roti dan dioles margarin. Oven dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang.





CAKALANG PAMPIS





Klo akhir-akhir ini foto-fotoku jadi gelap-gelapan itu bukan karena di fb lagi ada event LOW LIGHT FOOD PHOTOGRAPHY (tp emang lagi ada event itu) tapi karena disini sering mendung jadi tanpa dibikin gelappun emang udah gelap suasananya... Kalo disuruh milih memfoto dalam gelap ato terang aku akan dengan senang hati milih yang terang, bener-bener susyah buatku yang cuma calon pemula ini... dengan yang ISO rendah dan tanpa flash...huuuuffttttttt...
Trima kasih yang tak terhingga untuk mbakyu suhu Yulyan Parwati yang udah banyak memberikan pelajaran buatku...masih jauh dari bagus tp akan trs belajar karena buatku setiap setiap tempat adalah SEKOLAH maka setiap orang adalah GURU dan setiap pengalaman adalah ILMU. Maka jangan pernah berhenti untuk belajar yaaa...

Cakalang Pampis, pertama liat resep ini di majalah OL Rasa Indonesia edisi November, langsung tertarik pengen mencobanya dan baru sempet sekarang deh. Untuk ikannya aku pake pindang tongkol yang banyak dijual disini. Rasanya...syedap bangeeetz....ayo dicoba yaaa...

CAKALANG PAMPIS

Bahan :

250gr     Ikan pindang tongkol
2btg       Serai, memarkan
3lbr        Daun jeruk
30gr       Daun kemangi
100cc     Santan
Garam dan gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :

5buah        Cabe merah besar
5btr           Bawang merah
2btr           Bawang putih
2ruas jari  Jahe 

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, sere dan daun jeruk hingga harum, tambahkan ikan tongkol, aduk rata. Tuang santan, masak hingga bumbu meresap. Terakhir masukkan kemangi, masak hingga mengering.

Kalo pengen lebih pedes bisa ditambahkan cabe rawit ato cabe keriting.



 

Monday, 7 January 2013

PUDING ROTI





Kangen puding rotiiiii....
Sebenarnya siiiiiihhh...ini menghabiskan sisa roti tawar yang kurang sehari umurnya, hehee...bikinya pas mo berangkat ke Tempeh, jadi ambil gambarnya cepet-cepetan. Plus ditungguin lagi, beneran ga enak banget klo kayak gitu :(  karena pas liburan juga jadi isi rumah lengkap...ada ayah, kkk, adek...begitu selesai foto2...pertanyaannya adalah...."Nda, apa ini udah bisa dimaem...??? " begitu ada jawaban "bisa" langsung deh pegang sendok masing-masing....hihiiiiii

PUDING ROTI

Bahan : 

250cc      Susu cair
50gr        Gula (klo kurang manis bisa ditambah)
1/4 sdt     Garam
2btr         Telur
1sdt         Vanilla essence
130gr       Roti tawar tanpa kulit, potong-potong
30gr         Kismis
Kayu manis bubuk untuk taburan

Cara membuat :

1. Campur susu, gula, vanilla essence, garam dan telur. Aduk sampai gula larut. Tambahkan kismis.

2. Tata roti tawar di pinggan tahan panas, siram dengan campuran susu. Diamkan sebentar hingga meresap.

3. Panggang dengan cara di tim selama 30 menit dengan suhu 170 drajat celcius.



** Agar kismis lebih tersebar, tuang campuran susu di lapisan pertama dan tuang kembali dilapisan berikutnya.





PUTU TEGAL




Yang terpikir adalah membuat kudapan yang ada pisang nya selain pisang goreng, kolak pisang ato nogosari. Akhirnya dapat resep ini di bukunya bu Sisca....dan pisangnya masih bawa dari Tempeh waktu pulang kemarin.
Klo menurutku sih adonan kulitnya mirip-mirip ku Ku ya...hanya aza klo ini diisi pisang. Hmm ...tidak mengecewakan deh, beneran... ^^

PUTU TEGAL

Bahan :

250gr       Tepung ketan
50gr         Tepung sagu
1/2sdt       Garam
1sdm        Air kapur sirih
250cc       Santan hangat dr 1/2btr kelapa
Pasta pandan secukupnya
Pisang raja/pisang tanduk/pisang kepok
Kelapa setengah tua, parut memanjang
1lbr daun pandan

Cara membuat :

1. Campur tepung ketan, tepung sagu, garam dan gula 1 sendok teh (tambahan dr aku). Aduk rata.

2. Masukkan air kapur sirih dan santan, aduk rata. Tambahkan pasta pandan, aduk rata.

3. Ambil adonan secukupnya, letakkan 1 buah pisang kemudian bentuk menurut bentuk pisang. Lakukan hingga adonan habis.

4. Kukus selama 20 menit bersama dengan kelapa parut, garam dan daun pandan.

5. Setelah matang gulingkan putu tegal di kelapa parut yang sudah dikukus.

6. Potong-potong melintang dan hidangkan. Taburi gula bubuk, jika suka....