TERANG BULAN / MARTABAK MANIS

14:22:00





Masih dalam rangka bikinin cemilan buat “ndoro putriku”, kali ini bikin terang bulan/martabak manis. Sebenarnya ini bukan kali pertama bikin terang bulan, dari yang ukuran mini pake loyang snack maker sampe yang ukuran gede gini pake cetakan terang bulan sebenarnya. Dari yang pake ragi dan tanpa ragi…dan hasilnya kurang memuaskan menurutku karena aku pengen hasil akhirnya seperti yang aku sering beli didepan toserba sini…yaaaahhh setidaknya mirip lah walopun ga sama persis. Dan dari yang aku rasakan klo yang dijual2 itu ga pake ragi…
Ketika bongkar-bongkar lemari buku ketemu sama tabloid SAJI th 2007 yang ada resep terang bulannya…langsung gatel deh tanganku untuk nyobain, untuk mengawali aku bikin setengah resep sajjahh….dan inilah hasilnya. Udah berserat bagus sssiiiihhh, suer bagus banget tapi rasanya aku masih kurang sreg tapi alhamdulillah anak2ku doyan …#itu yang penting sih menurutku, hihiiiii
Okay, lain kali aku nyoba lagi yaaa…untuk saat ini kita nikmati ini dulu deh J


TERANG BULAN

Bahan :

500gr       Tepung terigu protein sedang
1sdt          Baking powder
150gr       Gula pasir
2btr          Telur
1/4sdt       Vanili bubuk
1/2sdt       Garam
650cc       Air

Bahan taburan per loyang :

1/4sdt    Baking powder
Seujung sendok teh soda kue

1sdm     Margarine
1sdm     Gula pasir
2sdm     Meses
50gr       Keju cheddar


Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir tambahkan telur, vanili dan garam. 
  2. Tuang air kedalam adonan,  mikser dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Karena cetakan ku lumayan gede, jadi adonan aku bagi 4. Sebelum adonan dituang di cetakan tambahkan 1/4sdt baking powder dan seujung sdt soda kue, aduk rata.
  4. Kemudian tuang adonan dicetakan yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 15 menit. Cetakan tidak perlu dioles margarine.
  5. Biarkan Adonan berbisa/lubang2 kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
  6. Oles terang bulan dengan margarine. Tabur meses dan keju parut. Potong 2 dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarine.









Kayaknya beberapa hari kedepan masih lanjut bikin cemilan buat mereka deh karena tadi aku dapat surat dari sekolah tentang jadwal liburnya, huuufffftttttt....

Oiya ...perkenalkan ini studio baru dirumahku, jiiaaaaahhh gayamu viiii, hihiiiii
Yang bener adalah ini tempat untuk foto-foto baru dirumahku yaitu dijendela dapur rumahku, heheee...biasanya klo foto-foto di teras depan ato di ruang tamu ato diteras belakang....lumayan ok kan...?? ok meurutku kali ya....??? ^^

You Might Also Like

3 komentar

  1. Nice Info.

    Kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam.

    Tukang martabak pada umumnya tidak memakai ragi cukup soda kue saja. Tapi kalau kalau pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

    Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

    Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

    ReplyDelete
  2. mbak vivi salam kenal...namaku Lupna...mbak aku juga beberapa kali bikin terang bulan tapi kayaknya kurang pas...yg pertama pake baking powder diadonan kayaknya kurang berserat, kedua pake ragi hasilnya lumayan berserat tapi kayaknya kurang lembut, trs resep ketiga pake ragi dan baking powder nyoba tak kasih mentega cair pas mau nuang ke loyang...eee...malah kulitnya ndak halus dan rasanya kurang pas...klo menurut mbak resep ini yg paling lumayan ya...kayaknya sm resep pertama yg kucoba tapi yg disini ada penambahan baking powder pas mau nuang...kira2 itu juga pengaruh ya mbak??klo resep mbak ini teksturnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. slm kenal jg mbak lupna... :)
      klo pk ragi menurutku kok mirip kue pukis ya mbak... mbak lupna coba liat posting martabak manis terbaru saya. yang terakhir itu seratnya kliatan bgt mbak dan rasanya empuk...

      Delete