Thursday, 20 December 2012

SAWUT




Sawut adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang diserut kasar kemudian dicampur dengan gula merah dan dibungkus daun pisang seperti pepes. Untuk menambah rasa bisa dicampur dengan potongan nangka ato potongan pisang. Mungkin untuk saat ini udah jarang ditemui ya kecuali dipasar-pasar tradisional, biasanya sih dijual bareng sama lupis dkk... Jujur nih ya, biarpun udah banyak jajanan modern tapi adakalanya merasa kangen untuk menikmati legitnya sawut, daaaannn hmm ga salah dong klo kita bikin sendiri dirumah, setidaknya bisa untuk mengenalkan jajanan tradisonal ke anak-anak kita hehee

Kemarin pagi nih aku mo beli bawang merah di tukang sayur yang biasa lewat dirumah, ehh ternyata bapaknya lg ga bawa dan aku liat ada singkong, yasudah beli singkong aza daripada ga beli apa-apa kasian bapaknya. Dan tadi pagi-pagi sekali abis sholat subuh langsung masuk dapur untuk bikin sawut (mas fitri...kita libur dulu ya jalan2nya hihiii..) kebetulan dikulkas ada kelapa, lengkaplah sudah...
Klo jam segini fotonya udah tayang itu berarti yang punya dapur lagi kurang kerjaan. hehee
Oiya...kali bikin asal aza, ga pake ukuran. Kenapaaa....??? karena timbanganku lagi dipinjem temen, jadi klo temen-temen juga mo bikin praktekan ilmu kira-kiranya, hihiiiii....

SAWUT

Bahan :

Singkong, serut kasar

Garam
Gula merah, sisir halus
Kelapa, parut
Daun pandan

Cara membuat :

Panaskan kukusan. Campur singkong yang sudah diserut dengan garam, aduk rata.Letakkan ke dalam kukusan secara bersusun serutan singkong, gula merah, pandan. Lakukan hingga habis. Tutup kukusan dan kukus hingga matang, kurang lebih 30 menit. Sajikan dengan kelapa parut.
Gampang kaaan ...^_*








No comments:

Post a Comment