Tuesday, 11 December 2012

LBT#20 JAPANESE ROLL CAKE







Alhamdulillah, akhirnya bisa setor juga. Jujur nih …ini adalah JRC yang ketiga yang pernah aku bikin. Yang pertama udah agak lama sih sebelum ada PR dr LBT waktu itu aku gambar strowbery dan hasilnya kurang memuaskan #penasaran pengen bikin lagi. Dan ternyata PR LBT 20 adalah JRC, hmmm saatnya untuk mencoba lagi…maksud hati bikin ada karakter beruang, langsung nggambar pake cookies cutter, bayanganku pasti bagus nih bentuknya, ihiiiiyyyy..besoknya (kemarin) langsung praktek mumpung lagi ga mbakul (pede pol poko’e bikin yang gambar beruang). Daaaaannn setelah jadi, huwwaaaaaaa….ga berbentuk beruang sama sekali, pipi dan kupingnya ga karu2an…sempet ke foto sih tapi difoto dari arah manapun bentuknya tetep jelek, hikz…”menyedihkan…” karena masih penasaran hari ini aku nyoba lagi tapi udah ga mau bentuk yang aneh-aneh, cukup kotak-kotak aza “nyari aman “ hihiiiiii
Dan inilah hasilnya, kayaknya aku memang ga bakat nggambar ya, hikz…harus puas dengan yang kotak-kotak gini tapi yang kedua ini bener-bener aku males maem, wis eneg pol 2 hari dihajar JRC…
Oiya ini pake resep yang sama dengan yang ini dan ini ...

JAPANESE ROLL CAKE
Tabloid SAJI/164



Bahan :

80gr      minyak goreng
60ml     susu cair (resep asli pake air jeruk)
1btr       telur dikocok lepas
100gr    tepung terigu protein rendah
10gr      tepung maizena
1/4sdt   baking powder
1/4sdt   vanili bubuk
60gr      kuning telur, dikocok lepas
150gr    putih telur
1/4sdt   garam
80gr      gula pasir
Butter cream untuk olesan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 24x24, oles margarin, alas dengan kertas roti yang sudah digambar sesuai selera  kemudian oles lagi dengan margarine tipis-tipis (bagian sisi tidak aku oles). Sisihkan. Panaskan oven sampai suhu 175 derajat celcius
2. Panaskan minyak goreng dan susu (tidak sampai mendidih, cukup hangat saja). Kemudian masukkan telur, aduk rata.
3. Ayak tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk dan baking powder. Tuang campuran minyak dan susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Tambahkan kuning telur, aduk rata, sisihkan.
4. Mikser putih telur dan garam ( resep asli pake CTT tp aku ga pake) sampai setengah mengembang kemudian masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dimikser sampai softpeak.
5. Masukkan putih telur ke adonan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
6. Ambil sedikit adonan beri warna sesuai gambar, masukkan piping bag. Bentuk motif dengan adonan kemudian oven selama 1 menit.
7. Keluarkan loyang dari oven dan tuang adonan pelan2 diloyang yng sudah bergambar oven selama 20 menit dengan suhu 175 derajat Celsius.
7. Setelah matang, letakkan bolgul di atas kertas roti ukuran lbh besar dr lebar loyang (dengan posisi bagian luar ada di atas) biarkan dingin kemudian oles bagian luar bolgul dengan butter cream gulung dan padatkan.














1 comment:

  1. aku pernah bikin kok gambarnya gak karuan mba,,,,,hikssss,,,,,sedih,,,,,,,keren ini mbak,,,,,

    ReplyDelete