ONDE-ONDE

07:11:00



Udah beberapa kali bikin pake resep ini dan masih tetep dari buku 100 Resep Cake & Kue by. Sisca Soewitomo. Menurut ku sih ini termasuk kue-kue yang ga ribet dan pasti jadi, hanya yang perlu diperhatikan saat proses penggorengan ya karena harus dengan api sedang tapi minyak yang udah panas karena klo apinya gede bisa dipastikan onde-onde akan meletus/pecah.

ONDE-ONDE

Bahan :

Isi :

200gr      kacang hijau kupas
125gr      gula pasir
1/2sdt     vanili bubuk
250ml     air
1lbr        daun pandan
3sdm      minyak goreng (vi ganti margarin 1sdm)

Kulit :

150gr     tepung ketan
25gr       tepung sagu
25gr       gula pasir
1sdt       garam
100cc    air hangat
1sdm     air kapur sirih
Wijen secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Isi : rendam kacang hijau selama 2 jam, tiriskan dan cuci bersih lalu kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dengan gula pasir dan daun pandan, masukkan kacang hijau dan vanili bubuk. Masak hingga menjadi kalis. angkat dan dinginkan.

2. Kulit : campur tepung ketan, tepung sagu, gula pasir dan garam. Aduk rata.Tambahkan air sedikit demi sedikit dan air kapur sirih, aduk rata dan uleni hingga kalis.

3. Penyelesaian : untuk besar kecilnya sesuai selera aza ya... ambil adonan kulit kemudian beri isian, bulatkan. Celupkan ke dalam air sebentar kemudian lumuri dengan wijen. Lakukan sampai adonan habis.

4. Panaskan minyak dan goreng hingga berwarna kuning dan matang.



You Might Also Like

1 komentar

  1. mba,ini jadinya lemes ya,,,,,aku mau nyoba jg ntar mba,,,,aku bikin selalu kriuk2 kulitnya,,,,,kenapa ya mba,kok gak bisa lemes di kulitnya,,,,,

    ReplyDelete