TUMIS DAUN PEPAYA

20:33:00





Tumis daun pepaya atau urap daun pepaya juga makanan yang sering membuat aku kangen. Kali ini mencoba untuk bikin sendiri yang biasanya kalo pingin selalu beli, hihiiii
Rasanya emang pahit sih tapi ada cara untuk mengurangi rasa pahitnya yang aku tulis lagi dari majalah Sedap Pemula...

Memilih daun papaya :

-   Pilih yang batangnya tidak besar-besar. Itu pertanda daun sudah tua.
-   Pilih dauh yang warnanya hijau terang bukan hijau tua
-   Hindari daun papaya yang terlalu lebar karena itu menandakan daun sudah tua
-   Jenis daun papaya yang ruas-ruasnya sedikit, sebaiknya tidak dipilih karena lebih pahit rasanya

Agar tidak pahit lakukanlah hal berikut :

-   Rebus bersama daun singkong. Parebusan bersama-sama mengurangi pahitnya daun papaya. Jumlah daun singkong harus lebih banyak.
-   Rebus berkali-kali didalam air yang sudah diganti-ganti.
-   Rebus di dalam air yang dibubuhi tanah lempung. Setelah itu daun papaya harus dicuci sampai bersih lalu direbus kembali sampai empuk

Agar daun papaya berwarna hijau segar :

Tambahkan baking powder kedalam rebusan daun papaya dan daun singkong. Penambahan cukup 1/8-1/4 sdt untuk rebusan satu panic

Agar lezat rasanya :

Daun papaya dan daun singkong bisa menyerap bumbu. Yang perlu dilakukan hanya memasaknya didalam bumbu dalam waktu lama dengan api kecil. Tambahan ikan, ikan asin atau irisan daging membuat tumisan daun papaya lebih nikmat lagi.


200-250gr    daun pepaya (iris2, rebus)
150gr        pindang tongkol (suwir kasar)
4 siung      bawang putih (diiris tpis)
7btr         bawang merah (diiris tipis)
2cm          lengkuas memarkan
2lbr         daun salam
2 buah       cabe merah besar (iris serong, bs pake cabe rawit)
1bh          tomat (iris)
100cc        air
garam+gula sesuai selera
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat :
  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan lengkuas. Setelah harum masukkan tomat, daun salam dan pindang tongkol. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata.
  • Masukkan daun papaya, aduk rata. Kemudian masukkan air dan kecilkan api, tunggu sampai air menyusut.  Angkat kemudian hidangkan.



Tapi kalo disini untuk mengurangi rasa pahitnya daun pepaya direbus dengan daun jaranan/daun suren (contoh daunnya seperti diatas itu ya...) cara merebusnya : daun pepaya yang sudah diiris-iris dimasukkan kedalam panci dan masukkan juga daun jaranannya, kemudian isi air dan direbus hingga lunak.

Menurut beberapa orang dan suamiku juga...daun pepaya yang ga pahit tuh akan kehilangan sensasinya karena daun pepaya yang bikin enak ya rasa pahitnya.... hmm...maaaap tidak sependapat denganku, heheee. Aku ga suka klo terlalu pahiiiiiiiit.....>,<

You Might Also Like

1 komentar