Friday, 6 April 2012

S I O M A Y .....




Nih permintaan si kakak liburan sekolah kemarin, sebenarnya udah lama sih minta bikinin siomay tapi males euy dan selalu berakhir di tukang siomay depan musium hihiiiii... Dibikinnya rame-rame bareng kakak dan adek juga. Awalnya aku mo bikin siomay pake kulit gitu tapiiiiii....kulitnya udah kadaluwarsa, ampun deh...langsung aku lempar ke tempat sampah, hiks.... akhirnya...dicetak aza pake cetakan kue mangkok, hehee... dan begitulah hasilnya...

Siomay

Bahan :

250 gr      daging ayam, haluskan
250 gr      udang, haluskan (bisa diganti tenggiri ya)
100 gr      tepung sagu
3 siung      bawang putih, haluskan
1 batang   daun bawang, iris halus
2 putih telur
50 cc        air es
garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Bahan saus :

200 gr      kacang tanah, digoreng dan dihaluskan
450 cc     air
30 gr       gula merah
3/4 sdt     garam
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :

4 siung   bawang putih
2 buah   cabe merah
boleh ditambahkan cabe rawit jika mau pedes yaaa...

Pelengkap :

Kecap manis
Jeruk limau
Kentang rebus
Kol rebus
Telur rebus

Cara membuat :

1. Aduk semua bahan siomay sampai rata.
2. Sendokkan adonan ke cetakan kue mangkok. Kukus 25 menit hingga mateng.
3. Saus : panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan kacang tanah. Aduk rata, tuang air. Masak sampai mendidih. Masukkan gula merah dan garam. Aduk rata.
4. Sajikan dengan jeruk limau dan kecap manis.











Daaaaan .... ternyata bikin siomay sendiri itun lebih enak rasanya daripada klo beli, maaaaaaaf  ya baaaaang ... >,<   tapi aku pasti beli lg kok....:D

Dari dulu selalu mengasyikkan kalo masak bareng kkk & adek. Selalu ada cerita, ada tawa dan canda bahkan sampai heboh didapur walopun akhirnya dapur berantakan kayak kapal pecah tp aku seneng dan yang lebih menyenangkan lagi ketika mereka menunggu-nunggu matengnya...hihiiii....
Ayo ibu-ibu yang blom pernah masak bareng anak-anak, sekali-kali perlu dicoba deh... jangan pernah takut dapur jd berantakan ya....bisa menikmati kebersamaan itu sesuatu yang luar biasa.....:)


No comments:

Post a Comment