Friday, 6 April 2012

PUKIS PANDAN



Bikin pukis dalam rangka menghabiskan sisa kelapa dan untuk takjil mas Fitri kemarin.
Jadi ceritanya, waktu ke Tempeh kemarin tuh pulangnya bawa daun pisang, kelapa, pete, rengginang, rempeyek kacang dan masih banyak lg yang lain deh, hihiiiii....
Sebagian kelapanya udah aku pake untuk bikin santannya nasi bakar, nah masih ada sisanya daripada dibuang aku bikin santan untuk bikin pukis ini. Warna ijonya bener-bener pake daun suji dan pandan yang aku tumbuk (niat ya...xmp numbuk2...:D), ada yang lucu ketika numbuk daun suji itu... ketika lg asyik numbuk lha kok alat tumbuknya patah, hahaaaa...kyknya emang emang bukan dr batu asli sih jadi gampang patah gitu tapi untungnya patahannya msh bisa dipake, hehee

Resepnya pake punya umikku aza ya...resep jadul tanpa SKM tp dijamin enak karena santannya kata umikku harus pake santan yang kentel dan umikku tuh orangnya pantang pake santan instan, klo pas beliau liat aku masak pake santan instan beliau selalu komentar "vi2 iku encen males marut klopo" dan jawabku "iki luwih praktis mik, ndak ribet marut-marut...." heheee...

Oiya...jujur aku tuh klo bikin pukis pake resep ini santennya ga pernah aku ukur karena siapapun orangnya klo dirumahku Tempeh ya begitu itu caranya, jadi waktu bikin tuh setelah telur dan gula dimikser tepung dll dimasukkan sambil diuleni dan dituang santannya sedikit demi sedikit sampai kekentalan yang diinginkan, mungkin karena beliau-beliau itu udh terbiasa bikin ya jadi hasilnya ya bagus2 aza tuh.... dan untuk yang pemula kayak aku diharuskan mengingat-ingat kekentalan seperti apa yang diinginkan supaya pukis hasilnya bagus, tidak kaku dan tidak lembek. Beberapa waktu lalu ada temen yang minta resep pukis ke aku dan aku bingung dengan takaran santannya, hihiiiiii....
Untuk kali ini aku bikin santannya udah aku ukur ya.....

Pukis Pandan

Bahan :

500 gr      tepung terigu segitiga
300 gr      gula pasir
6 btr         telur
800 cc     santan kental (kmrn aku pake 775cc santan kental + 25 cc air pandan)
150 gr      margarin, cairkan
1 scht       ragi instan
1/2 sdt      garam

Cara membuat :

1. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kaku.
2. Masukkan terigu yang sudah diayak dan dicampur dengan fermipan bergantian dengan santan, kocok dengan mikser kecepatan kecil aza ya, sampai rata.
3. Matikan mikser, masukkan margarin cair dan garam. Aduk rata dengan spatula (aku biasanya pake sendok sayur, hihiiiii..)
4. Diamkan selama 30 menit.
5. Panaskan cetakan kue pukis, oles dengan sedikit margarin (krn aku pake snackmaker jd ga aku oles2).
6. Tuang adonan kecetakan, jangan terlalu penuh ya..cukup 3/4 cetakan aza. Tutup dan tunggu sebentar sebelum dikasih topping karena klo langsung ditabur topping, topping akan turun kebawah.
7. Setelah ditabur topping tutup lagi, tunggu sampai matang.





Karena rumah umikku didesa ya jadi topping/taburan tuh jarang pake sebagai gantinya pake adonan yang udah dicampur coklat bubuk ato pasta coklat kemudian di tuang pake sendok memanjang diatas adonan yang udh dicetakan tuh trs dibikin motif batik gitu pake lidi/tusuk gigi. Bisa dibayangkan kan...??

Dan kenapa pukisku ini bulet...? karena aku tidak suka dengan cetakan pukis yang aku punya, menurutku bentuknya jelek jadi aku ga mau pake, mending pake cetakan bulet aza....mau bentuknya beda yang penting rasanya masih tetep pukis kok, hohoooo....



No comments:

Post a Comment