Friday, 6 April 2012

NASI BAKAR & KRENGSENGAN ATI AMPELA



Yiiipppiiiiii yeeeeiiiiyyyy....akhirnya kesampaian juga ya bikin nasi bakar setelah sekian lama pingin buangeeet.... Critanya nih pulang ke Tempeh dari rumah udah niat mo bawa daun pisang buat bikin nasi bakar ini dan sebelum pulang bbm dulu sama mbak Nina minta ijin copas resep tapi sama mbak Nina malah dikirim saat itu juga via sms pin...duh makasih ya saaayyyy.... :* :* 
Besoknya...begitu nyampe dirumah Tempeh aku bilang ke Umik klo mo minta daun pisang (takut lupa..hihiiii) dan Abi yang ngambilin daun pisangnya...>,< 

Untuk resepnya aku pake punya Mbak Nina dan tidak yang aku rubah cuma cara bikin isiannya aza yang aku rubah. Kalo mbak Nina...bumbu ayamnya diiris tapi kalo aku...bumbunya aku haluskan. Sebenarnya sih sama aza, tergantung selera masing-masing aza ya.... Untuk penyelesaiannya juga beda dengan punya Mbak Nina, klo mbak Nina tumisan ayam dicampur di nasi tapi klo aku dipisahin krn aku pingin rasa gurih nasinya ga tercampur dengan tumisan ayam. Sekali lagiiiiiiii....tergantung selera masing-masing aza yaaaaa....mo ayamnya dibumbuhi beda juga boleh, ayam mo diganti tuna, udang ato tongkol juga boleh,  heheeee....suka-suka aza, betul kan mbak Niiiiiiin....?? Resep aslinya disini ya.... Sssstttt....ada sedikit masalah nih waktu bikin nasi bakar ini karena aku kan begitu ahli dalam bungkus-membungkus pake daun pisang jadi yaaaa...sedikit memaksa dan agak ga rapi gitu deh, heheee...tapi jgn nanya soal rasa yaaaa....asli nagiiiih...beneraaaaaan....

Untuk lauk temannya si nasi bakar itu aku bikin krengsengan ati ampela pake resep umikku dan aku syukaaaaa banget tapi karena disini ga ada yang suka jeroan jadi aku masaknya juarang sekali blom tentu setaun sekali, hiks.... dan yang ijo2 diatasnya itu pete hihiiiii....jujur aku ga suka @__@ tapi memang seperti itu umikku klo bikin....

Nasi Bakar

Bahan :

500 gr    beras, cuci bersih
600 ml    santan dari 1/2 butir kelapa 
2 lbr       daun salam
1 btg      serai
1 lbr       daun pandan
2 lbr       daun jeruk
2 cm       lengkuas, memarkan
garam, sesuai selera aza ya....
daun untuk membungkus

Bahan lauk :

500 gr    dada ayam tanpa tulang, potong dadu
7 btr       bawang merah
5 siung    bawang putih
4 buah    cabe merah besar
1/2 sdt    ketumbar bubuk
1/2 sdt    merica bubuk
1 btg       serai
2 lbr        daun jeruk
100 cc    air
garam, gula secukupnya
minyak untuk menumis

Pelengkap :

Sambal terasi
Sayur untuk lalapan (mo mentah/mateng suka2 aza ya...)

Cara membuat :

Campur santan, beras dan serai dkk ke dalam panci. Masak menjadi nasi aron sambil sesekali diaduk. Panaskan dandang, kukus nasi aron hingga matang, kurleb 30 menit. Oiya pemakaian santan tergantung berasnya ya....mungkin berasku sama berasnya mbak nina merknya sama jadi jumlah takaran santannya sama, hihiiiii.....

Lauknya : Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk dan serai. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu hingga harum, masukkan serai dan daun jeruk, aduk-aduk. Masukkan daging ayam, aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan air, gula dan garam. Masak hingga matang dan air menyusut.

Penyelesaian : ambil selembar daun, letakkan nasi diatasnya tambahkan lauk kemudian bungkus sambil dipadatkan (dibungkus kyk bikin lontong ya ...) selanjutnya dibakar deh.... :)

Krengsengan Ati Ampela

4 buah ati ampela, rebus kemudian potong-potong

Bumbu halus :

8 buah    bawang merah
5 siung    bawang putih
1 sdt       ketumbar
2 cm       jahe
seujung sdt jinten
4 sdm     kecap manis
garam, gula secukupnya
100 cc    air
minyak untuk menumis

cabe merah besar iris serong
pete secukupnya, belah 2 dan goreng sebentar

Cara membuat :

Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan cabe merah, aduk rata. Masukkan ati ampela dan kecap manis, aduk2. Tambahkan air, garam dan gula, diamkan hingga air agak menyusut dan mateng. Terakhir masukkan petenya, aduk sebentar aza yaa. Angkat.....








Hayyoooo....ada yang pingin yaaaa....??? hmm....aku sarankan dan aku anjurkan nih ya...silahkan dicoba dirumah masing-masing. Asli uenak deh, ga akan nyesel pokoknya....karena disini semua pada suka, heheee ....^___*

Mbak Ninaaaaaa.....sekali lagi tengkyu ya saaaayyy.....:*



No comments:

Post a Comment