Thursday, 8 March 2012

SOP BUNTUT



Judul baru nih..."vi2 saiki iso masak.." aahhhaaaayyy...gegara sering blogwalking ke blognya temen-temen liat foto masakan mereka jadi pingin juga foto-foto masakan hasil karya sendiri....:D walopun tadinya ga pede, hihiiii ... Ini masakan yang dirumahku pada suka kecuali adek karena dia ga begitu suka daging alasannya suka nyangkut digigi....huhuuuu.... 
Untuk mematangkan buntutnya aku tidak menggunakan panci tekan tapi aku rebus dengan api kecil sampai buntut bener2 empuk, cara ini bisa menciptakan rasa kaldu sapi yang bener-bener ngaldu... untuk lebih nikmatnya sop buntut disajikan keesokan harinya tapi sayur harus terpisah ya...biar sayur ga terlalu mateng. Untuk yang ga suka sop yang berlemak kayak aku... ketika air kaldu mendidih buang bagian atasnya yang berminyak dengan sendok sayur ato bisa juga nih...air rebusan yang udah dingin simpan dikulkas sampai lemak-lemak menggumpal...nah klo udah gitu gampang deh ngambilinnya....ini caraku lhoooo, klo temans punya cara lain silahkan aza ya....trs jangan lupa air kaldunya disaring ya...biar bersih...;)

SOP BUNTUT

Bahan :

1kg           buntut sapi, rebus hingga empuk
2ltr            air rebusan buntut
2cm          jahe
7btr          cengkeh
5 siung      bawang putih, geprek dan cincang
10siung     bawang merah, iris 
1sdt          merica bubuk
1/4sdt       pala bubuk
2 btg        daun bawang, iris memanjang
250gr       wortel, potong2
250gr       kentang, potong2
2buah       tomat, potong jd 4
2btg         seledri
garam secukupnya.

Cara membuat :

1. Masukkan air kaldu dan buntut kedalam panci
2. Tumis bawang merah dan bawang putih kemudian masukkan kedalam air rebusan buntut. Tambahkan merica, pala, jahe, cengkeh dan garam. Biarkan sampai mendidih.
3. Kemudian masukkan tomat, wortel dan kentang, masak hingga sayur matang.
4. Terakhir masukkan daun bawang dan seledri. Masak sebentar...
5. Dan sop buntut siap dihidangkan.....





No comments:

Post a Comment