MIE AYAM BAKSO

14:35:00



Huraaaaaayyyy....aku bisa bikin mie ayam. Disini nih tidak pernah ada kata tidak untuk makan mie. Kakak & adek tuh doyan banget sama yang namanya mie instan tapiiiii disini berlaku aturan "boleh maem mie instan tapi cukup satu minggu sekali" dan sampai saat ini peraturan itu masih berlaku.
Kali ini aku bikin mie ayam resepnya aku dapetin dari tabloid KOKI edisi 221, nama aslinya sih Cwimi Ayam Bakso...daaan anakku suka banget walopun beda di mie'nya siih karena klo mie ayam yang dijual-jual tuh mie'nya lebih kenyal krn bikin sendiri tapi klo ini pake mie keriting....BETI laaaaaah...beda tipis gitu lhooo...hihiiii...langsung resep aza yaaa, nyontek plek deh pokoknya...heheee


Mie Ayam Bakso 

Bahan :

100gr     mie keriting
1sdm      minyak sayur
1sdm      kecap asin
1/4sdt     garam

150gr     daging ayam cincang
6btr        bakso sapi
2 siung    bawang putih
1/2sdt     merica bubuk
1/2sdt     saus tiram (tambahan dr aku)
garam secukupnya

Bahan kuah :

1sdt       minyak wijen
1siung    bawang putih, haluskan
1/2cm    jahe, kupas dan parut
1sdt       merica bubuk
500cc    air
garam secukupnya

Pelengkap :
Daun sawi hijau
Daun bawang iris tipis
Bawang merang goreng
Acar ketimun
Kulit pangsit goreng

Cara Membuat :

1. Campur minyak sayur, kecap asin, garam. Aduk rata dan sisihkan. Rebus mie keriting hingga matang, angkat dan tiriskan. Campur dengan campuran minyak selagi panas, aduk rata. Sisihkan.
2. Panaskan 1sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum tambahkan saus tiram. Masukkan daging ayam cincang, tambahkan merica bubuk dan garam. Tumis sambil sesekali diaduk hingga daging ayam berbutir dan matang, angkat dan sisihkan.
3. Kuah : panaskan minyak wijen, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tuang air, masukkan bakso dan merica, masak hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
4. Penyelesaian : letakkan mie di mangkuk, beri tumisan daging ayam, bakso dan pangsit goreng diatasnya. Taburi dengan irisan daun bawang dan bawang merah goreng. Sajikan dengan kuah dan acar ketimun.





Temans....dicoba yuuukkk.....:)

You Might Also Like

0 komentar