Thursday, 2 February 2012

ROTI MARYAM

SEMPURNA.....:)




Yiippppiiiy yeaaayyy.... akhirnya selesai juga, alhamdulillah Ya Allah....

Roti maryam bukan kue baru buatku karena udah lama kami sekeluarga mengenalnya sebelum ramai seperti sekarang dan menjadi jajanan favorit banyak orang. Kue yang berlapis-lapis tipis ini sangat enak dinikmati sebagai teman minum kopi ato teh… Sekarang yang dijual2 banyak varian toppingnya mulai dari yang hanya dioles madu, ditabur meses dan masih banyak lagi…ada juga yang dinikmati dengan gule kambing sebagai pengganti nasi, aku pernah mencobanya dan aku ga suka…eneg menurutku heheee…mungkin karena ga terbiasa kali yaaaa… tapi  kalo dirumah ku yang paling disuka adalah dioles madu, weyyyyy jangan nanya deh rasanya….enak bangeeeeeetz….

Sebenarnya sih udah sering banget aku bikin roti maryam, resepnya dapet dari mbah Google tp agak kurang sreg gitu sih sm rasanya…makanya agak gimana gitu ketika ada yang mn minta resepnya…



Ceritanya nih…beberapa hari yang lalu Ami’ku datang dari banyuwangi trs aku dibawain oleh-oleh roti maryam bikinan istrinya, pertama makan dan tau rasanya langsung deh jatuh hati. Terpikir untuk nanyain resepnya dan bikin sendiri, heheee…

Karena rasa penasaran yang amat sangat akhirnya aku nelpon untuk tanya resep kebetulan nih beliau lagi bikin, sekalian deh minta difoto-fotoin step by stepnya (maksud hati biar aku ga ribet foto2, heheee)…malemnya fotonya langsung dikirim…walah fotonya sederhana banget, huhuuu.. akhirnya besoknya langsung deh bikin sendiri setengah resep dan ini juga sebagai jawaban untuk teman2 yang menanyakan step by stepnya… Sebenarnya sih bikinnya gampang banget yang penting adalah hasil akhirnya bisa berlapis-lapis tipis….

Ok deh Temans…langsung tulis resep aza yah….










Bahan : 

1 kg     tepung terigu
2 btr     telur utuh
2 btr     kuning telur
4 sdm   susu bubuk
1 sdt     garam
175 cc  minyak goreng
450 cc  air hangat

margarin untuk olesan

Cara membuat :

1. Siapkan wadah, masukkan air, minyak goreng dan telur. Aduk dengan garpu atau whisker asal rata aza.
2. Masukkan bahan kering kedalam campuran minyak goreng tadi, uleni sampai bener2 kalis.
3. Adonan siap digunakan.




Siapkan loyang yang udah dioles minyak goreng. Bagi adonan sama rata (ukuran standart jd 22 biji) tp klo mo yg lbh kecil boleh ato yg lbh gede jg boleh....:D suka2 aza deh yaaa...



Tata diloyang, oles permukaan dgn minyak goreng biar ga kering yaaa....



Setelah itu tutup adonan dgn plastik dan lap basah, diamkan 1 jam (nyambi kerja yg lain deh, hehee)



Setelah 1 jam, tipiskan adonan (cukup ditekan2 dg tangan krn adonan udh lentur) dimeja yg udh dikasih minyak goreng biar ga lengket. Oles rata dgn 1sdm margarin...



Kemudian gulung pelan2....



Ini yang udah digulung tapi didiamkan dulu yaa biar lbh elastis lagi untuk proses selanjutnya...



Sebelum digulung melingkar spt ini, adonan yang panjang td ditarik pelan2 biar lebih panjang lg...itu dimaksudkan biar lapisannya semakin tipis (ngerti kan...??) Gulung melingkar dr arah yang berlawanan kemudian ketika udah ditengah adonan ditumpuk....



Nah ini dia...jadinya kayak gini nih....



Letakkan adonan diatas sepotong kertas nasi ato plastik ato daun pisang ..tujuannya biar mudah ketika akan dipindah ke teflon...eh jgn lupa adonan dipipihkan yaa...kira2 1/2cm deh...



Inilah yang udah di teflon...adonan yang udah dipipihkan td tinggal dibalik kertas nasinya pelan2 dan adonan akan turun dengan hati2, hihihiiii



Tarraaaaa....inilah hasilnyaaa....klo mo difrozen warnanya ga perlu terlalu coklat krn nanti akan dipanaskan lagi.....



Begitulah...step by stepnya, mudah kaaaaaan...?? temans ayo segera dicoba, daripada beli kan lebih baik bikin sendiri biar anak2 dan suami tambah sayang....ahhaaaay  eits...jangan lupa bagi-bagi ke tetangga juga biar dapat pahala dari Allah dan ditulis satu kebaikan oleh malaikat, hihiiiiiiii...

Temans ....semoga bermanfaat yaaa....^_^


80 comments:

  1. kayanya resep kamu ini yang aku cari ....kalo yang lainnya belum yakin n sreg deh.....tapi ya dimodifikasi ya ,,punyamu yang greeeeaaaat....god job honey mantap sesuai selera.....kuuuuu

    ReplyDelete
  2. thank's !! Pertama beli kue ini di Malan (Depan Unmer) dan langsung jatuh cinta !! Sekarang udah dapet resep nya ! Makasih banyakk...

    ReplyDelete
  3. JustNaze...hehee lbh asyik klo bisa bikin sendiri lho, smg bermanfaat ya....:)

    ReplyDelete
  4. mau tanya pas dimasukin adonannya ke teflon itu, teflonnya sudah dipakein mentega atau gk usah?
    trus untuk dua butir kuning telurnya itu dicampur ke adonan kan ya mba?
    soalnya aku amatir banget nih,mohon bimbingannya yah

    ReplyDelete
  5. dear michan...krn dia berminyak bgt jd teflon udh ga usah dioles mentega ato margarin lagi. 2 butir telur dikocok bareng air dan minyak, pake garpu asal rata aza...smg membantu ya...^^

    ReplyDelete
  6. dear reniviolet...cama-cama yaaah...^^

    ReplyDelete
  7. wah mba vivi sangat membantu untuk mencoba buat menu makanan pas lebaran

    oia mau nanya btw itu buat berapa porsi ya? terimakasih , Rama

    ReplyDelete
  8. Rama Maulana...utk satu resep jadi 22 rotmar, biar ukurannya sama adonan aku timbang terus aku bagi 22. makasih ya udh mampir, smg bermanfaat..^^

    ReplyDelete
  9. Ini di rumahku dan di rumah nenekku sering buat dan makan ini :D Hehehe. Biasanya, orang Banjar sering makan roti maryam. Ada juga hampir sama buatnya dengan roti maryam tapi lebih lebar dan tipis namanya LEMPENG :D Kalau di Indonesia memang jarang, di daerah Kalimantan dekat Malaysia dan di Malaysia-nya lebih banyak ditemukan makanan ini ;)

    ReplyDelete
  10. nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich...hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fikrisu ...thanks, silahkan & smg bermanfaat ^^

      Delete
  11. wah, keren Mbak....ada step by stepnya....jd pengen nyobain kpn2 ^^

    ReplyDelete
  12. Mbakk.. mau coba resepnya yaa.. tapi seperempatnya aja dulu hihi..
    saya pakenya satu telur aja.. tp kok gak bs kalis ya mbak? udh bbrp lama diuleni, masih tetep lengket di tangan :(
    skrg lg resting dulu 1 jam, penasarann hasilnyaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap mbak baru buka blog, skrg gmn hasilnya mbak ??

      Delete
  13. mbaaaak....aku koq gatau ada ini makanya kmrn bkin jd kyk gitu...ga garing..ijin copas yaah skalian konsultasi via bbm ya....xixixi...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak venny...apa sih yang ga buat dirimu mbak ^^, sorry bbrp hari sibuk bgt jd ga sempet ngintip grup....

      Delete
  14. kalo minyak gorengnya diganti sama mentega bisa apa gak y? n takarannya berapa?
    sbb aku pertama kali bikin rasanya sih sip cuman penampilannya kok kurang sreg y liatnya

    makasih banget y dikasih tau step by step caranya biar makin mahir, sbb suami, anak2, n sodara2 semua pada suka apalagi makannya pake kari india...yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santi Sansan ...aku blom pernah nyoba klo minyak goreng diganti mentega mbak, maaf ya ^^
      sama2 mbak, smg bermanfaat ya ... :)

      Delete
  15. waaahh tante, makasih yaa... bisa bikin deh sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear Afina ...sama2 ya ^^
      ntr klo udh mateng jgn lupa aku dikirim, hehee ...#justjoke

      Delete
  16. mbaaaaak makasih bnget ya resepnya...
    pengen nyoba ni...
    like puuuolll dh artikelnya..

    ReplyDelete
  17. maksih ya artikelnya dah bantu banget..aku lg pengen bgt jualan nich..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kiki satuki ...sama2, sukses untukmu yaaa ^^

      Delete
  18. thanks mba.. aku udah coba resepnya yummy,,, sesuai dengan yg pernah aku beli.

    ReplyDelete
  19. tahan brp hari mbak klo sudah di goreng?

    ReplyDelete
  20. Mantab abiz dech... ijin copas (juga resep laennya) & nyoba mbak.. dari dulu bikin gk pernah jadi, baru nemukan resep mbak vivi ni yg lengkap step by stepnya.
    Ditunggu resep lainnya.
    thank'

    ReplyDelete
  21. mba, mau tanya, caranya membuat adonan kalis gmn ya? gmn cara ngulenin nya. saya dah coba, tp ga kalis. need help niiii.... ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal udh kalis di tempat yang dipake utk nguleni itu udh cukup kok... ^^

      Delete
  22. Assalamu'alaikum.... mbak, maaf mau tanya... mirip pertanyaan Ochiel, punya saya masih lengket banget waktu campur adonan telur sama tepungnya... terus saya tambahin tepung teringu sampe kalis. Hihihihihs.., pas nyobain adonannya malah ga bisa tipis..selalu menyatu ketengah... pas di masukkin malah jadinya keras..hikshiks... mohon masukannya mbak... syukron yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum slm wr wb..
      asal udh ga lengket di tmpt utk ngulen itu udh cukup kok mbak... dioles minyak goreng dl trs didiamkan itu supaya mudah waktu ditipiskan mbak...
      sama2 mbak ^^

      Delete
  23. Mbaaak..ijin nyontek resepnya ya. lengkap dan cantik banget jadinya. suwun :)

    ReplyDelete
  24. mbaa, ijin nyontek yah :) dari googling kayaknya ini yg paling simple tapi keluargaku cuma 4orang kalau bikin 1resep buanyakkk yaaaah :) kalau 1/4 resep mbagi telurnya jd berapa mbaa,,
    Tengkiu buat jwbannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin seresep aza mbaaaak...ntr klo kebanyakan kirim ke akuu... ^^
      hehee justjoke mbak ...
      eh bukannya bisa di frozen tuh, jd bs dimakan besok2nya...

      kasih telur utuh 1 aza gpp ...^^

      Delete
  25. Maaf mau nanya. Jd telur yg dipake itu 4 ya? 2 butir telur utuh dan 2 kuning telur?
    Kalo minyak goreng utk campuran adonan diganti ama olive oil kira2 bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener telurnya 4, minyak goreng diganti olive oil bisa bangeeeet...^^

      Delete
  26. kalo tepungnya diganti dengan tepung gandum apa mungkin bisa jadi ya??
    klo jadi apa kaya roti tamis dari arab ya??

    thanks before

    ReplyDelete
  27. Wah resepnya sangat membantu sekali bu.
    Enak dan lezat. Tutorial lengkap dan Mudah !

    Roti maryam di Jakarta

    ReplyDelete
  28. mumpung libur bsk mau nyoba buat ah.....smoga berhasil kyk mbak vivi

    ReplyDelete
  29. Mba vivi, minta ijin di share ya...buat belajar masak...

    ReplyDelete
  30. Mbak Vivi, thanks banget yah resepnya, hasilnya sangat memuaskan. Ludes semua tak bersisa, malah kari buat cocolannya yg bersisa. Hehehe......kata anakku, tanpa kuah kari pun tetep enak :-)

    ReplyDelete
  31. sepertinya harus dicoba nih, penasaran dg cara buatnya

    ReplyDelete
  32. mbak bikinanku kok gak bisa pipih slalu kembali ke tengah

    ReplyDelete
  33. mba vivi salam kenal y.
    ijin jiplak resepnya...
    mba ad pin bb kh ? mw dong d add?
    biar bsa shring sama bu guru neah...

    ReplyDelete
  34. Mbak Vivi salam kenal yaaa..aku Haniek dari Banyuwangi..lagi pengen banget belajar bikin camilan paporit anak dan suami..ketemu blog mbak.. Apalagi ada kata Ami' dr Banyuwangi..smakin ingin mengenalmu lebih jauh#walaaaah bahasaku reek... :D
    Mbak..bagi pin bb dan nope nya dhunk... Plissss#berharap..

    ReplyDelete
  35. makasih..... tak coba ya mbak.... :)

    ReplyDelete
  36. Mba,salam kenal ya...
    Mau tanya,ni resep pake tepungnya apa ya,protein tinggi,sedang,atau yg rendah? Trims...

    ReplyDelete
  37. wah pengen nyobaa,emang didiemin 1 jam itu untuk apa?

    ReplyDelete
  38. mbk vivi,saya mau nyoba ah....nyontek resepnya ya mbk,semoga berhasil^^

    ReplyDelete
  39. syukran, resepnya mba vivi, nanti ana coba. alafu, anti jamaah ya mba vivi?

    ReplyDelete
  40. Mba, salken ya.. Nyontek ya mba setelah sekian lama mencari Resep prata yg sesuai dengan hati akhirnya nemu juga.. Mba vivi Probolinggo nya dimana?

    ReplyDelete
  41. akhirnya gak usah beli roti cane lg deh.. dah dapat resepnya.. makasih mba.. salam kenal ya ;)

    ReplyDelete
  42. mbak saya ijin mencoba resepnya ya, soalnya makanan satu ini udah bikin ketagihan.
    daripada beli terus kan mending bikin sendiri (irit ongkos) sekalian kalau udah jago pengen buat usaha.

    terima kasih

    ReplyDelete
  43. Mb vivi, salam kenal, saya eva.
    Terima kasih resepnya, sangat membantu sekali.. Rasanya pun sesuai dengan selera keluarga kecil kami. Jazakillah khair :)

    ReplyDelete
  44. Mba Vivi,,
    Salam Kenal yaaaaaa..
    Terima kasih resepnya, sudah dicoba dan hasilnya mantapppppsss..
    Idul Fitri kemaren saya langsung buat 4 Resep Mba & Ludes dihari lebaran:)
    Alhamdulllah semua pada suka..
    Ijin Kopas Resep boleh ya Mba..

    ReplyDelete
  45. Bumil lagi ngidam roti maryam, biasanya beli, tapi karena pindah kota dan dikota baru ini belum tau dimana beli roti maryam akhirnya blogwalking, alhamdulillah nemu ini, udah tahap resting pertama nih, doain berhasil.. makasih share resepnya yaaa

    ReplyDelete
  46. Akhirnya tau juga cara buat roti maryam, step by step nya sangat jelas, dan cukup membantu. Terima kasih.
    www.choconesia.com - Indonesia Online Chocolate

    ReplyDelete
  47. Mba salam kenal ya, aku mau ijin copas resepnya. Mau kutaruh di blogku. Aku udah buat ini resep beberapa kali tapi sedikit modifikasi dan hasilnya mantabss, mertua, suami, balitaku pun doyan. Aku pernah lihat step by step nya di youtube tapi di sini lebih enak karena gambarnya jelas.Hehehe.. makasih ya mba ^_^

    ReplyDelete
  48. Makasih resep nya mbak vivi...
    Aku udh coba td pagi, langsung dibawa buat bekel ke sekolah...

    ReplyDelete
  49. Mba vivi salam kenal...
    Ini favoritnya anak2 saya mba. Biasanya beli dan skrg dah bisa bikin sndiri.
    Alhamdulillah anak2 suka bgt n request trus buat sarapan pagi.
    Makasih resepnya ya mba...

    ReplyDelete
  50. Mb tepung trigu biasa to yg protein tinggi?

    ReplyDelete
  51. Wiihhhh Mantab....Mbak sya izin share yaa,sya sertakan link blog mba juga...
    makasihh yaa mbak ;)

    ReplyDelete
  52. thanks mb vivi.. patut dicoba nih...

    ReplyDelete
  53. thanks full mbak, poll in lop at first bite waktu kerja dibangil dulu, selalu penasaran ma resepnya, Mau cb 1/2 resep dulu dech, ��������������

    ReplyDelete
  54. thanks full mbak, poll in lop at first bite waktu kerja dibangil dulu, selalu penasaran ma resepnya, Mau cb 1/2 resep dulu dech, ��������������

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. makasih banyak ya resepnya,lgsung dibookmark deh,udah kupraktekin dan brhsil,alhamdulilah sukses dan kluarga memuji krena rasanya yg enak,layersnya tipis dan rotinya empuk,dimkn dgn kare ayam mkin makyuzzz....

    ReplyDelete
  57. Wah, makasi mba rujukan resepnya. kmrn saya buat tidak secantik ini hehe

    ReplyDelete
  58. Mbak Vivi. makasih resepnya.udah aku praktekin tadi:-))

    ReplyDelete
  59. Ilmu baru dan sepertinya wajib di praktekin :D Terimakasih mbak :)
    http://bit.do/3sAf

    ReplyDelete
  60. Wah terimakasih mba resepnya, resep-resep di blog mba membuat saya semakin semangat untuk belajar masak hehe.

    ReplyDelete
  61. Setelah blog walking kesana kemari akhirnya nemu resep ini, makasih mbak. Langsung nyoba ini :-)

    ReplyDelete
  62. Hai mbak vivi salam kenal.. :) aku sudah nyobain lho resep roti maryam nya sukses alhamdulillah,kata orang rumah enaaaak banget kayak yang dijual-jual itu lhoo.. awalnya aku kira susah ternyata enggak,apalagi gambar step by stepnya jelas banget jadi mudah buat belajarnya.. :) #kisskiss

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.