LBT#13 ENGLISH MUFFIN with TEMPE BURGER

19:28:00



PR kali ini adalah English Muffin dan aku menyajikannya dengan burger tempe, jujur nih ide awalnya aku ingin mengisinya dengan oseng tempe pete hihiiii…karena dari awal baca tema prnya yang kebayang ingin menyajikan EM yang Indonesia banget berhubung lagi males kepasar untuk beli pete jadinya bikin burger tempe deh. Yang aku buat setoran ini adalah bikin yang ketiga kalinya kebetulan pasukanku dirumah pada suka jadi ga sia-sia bikin sampai 3 kali, hihiii.
Ceritanya pertama bikin pk resep ini karena ga sreg sama hasil fotonya maka aku bikin lagi dengan resep yang berbeda ternyata hasilnya keras banget akhirnya bikin lagi pake resep yang ini lagi, heheee… Resep aku copas dari blognya “rosas-yummy-yums” tp udah aku modifikasi menurut aku ya... Bismillah smg tidak keluar tema ….>,<

Traditional English Muffin, Beth Hensperger’s “The Bread Bible”
Modifikasi “aku”

Bahan :

¼ cup                 air hangat
7 gr                      ragi
½ sdm                gula
4 – 4 ½ cup       tepung terigu segitiga
1 butir                 telur ukuran besar
1 sdt                    garam
1 ¼ cup              susu hangat
30 gr                   margarine (cairkan)
Oatmeal yang aku haluskan untuk taburan

Cara membuat :

  1. Campur air hangat dan ragi, diamkan sampai mengembang.
  2. Campurkan 2 cup tepung terigu dan garam dalam mangkok besar buat lubang ditengah. Masukkan margarine cair, telur, susu dan campuran ragi. Aduk sampai kental.
  3. Tambahkan sisa tepung sambil terus diuleni dengan tangan hingga membentuk adonan.
  4. Tutup mangkok yang berisi adonan dengan plastic dan lap basah. Diamkan kurang lebih 1 jam.
  5. Siapkan loyang yang sudah ditaburi oatmeal halus.
  6. Seperti yang aku liat di youtube, aku tidak menipiskan adonan melainkan membentuknya dengan tangan yang terlebih dahulu menaburi tangan dengan tepung maizena.Letakkan adonan yang sudah mengembang ke atas meja yang sudah ditaburi maizena. Bagi-bagi adonan (kira-kira cukup untuk EM ukuran diameter 7cm dan tebal 1cm), bulatkan adonan dan pipihkan kemudian gulingkan di oatmeal sampai bener-bener rata.
  7. Letakkan adonan diloyang yang udah ditabur oatmel halus. Diamkan hingga mengembang.
  8. Siapkan wajan datar yang sudah dipanaskan (api kecil) dan dioles margarine, panggang EM hingan kedua sisi coklat keemasan. Dinginkan di rak kue.

 Burger Tempe

Bahan :

150 gr       tempe, kukus dan haluskan.
25 gr         keju
1 sdm        tepung roti
½ buah    bawang Bombay, cincang
1 siung      bawang putih
1 btr          telur
1 sdt          kecap inggris
1/2 sdt      merica bubuk
½ sdt        garam
Sedikit pala bubuk
1 sdm        margarine untuk menumis

Cara membuat :

  1. Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum.
  2. Masukkan dalam satu wadah bahan-bahan lain, tambahkan bawang putih dan daun bawang yang sudah ditumis. Aduk rata.
  3. Bentuk adonan tempe menggunakan plastic yang sudah dioles sdikit minyak goreng biar tidak lengket. Ukurannya sesuaikan dengan besar EM ya…
  4. Kemudian goreng di wajan datar dengan sedikit margarine hingga matang.

Pelengkap :

Keju slice (sesuaikan ukurannya dengan EM’y ya..), timun, saos tomat, mayones

Penyelesaian :

Ambil EM kemudian belah menjadi 2, toast sebentar dengan sedikit margarine. Letakkan timun, keju, burger tempe, saos tomat dan mayones diatas satu sisi EM kemudian tutup dengan sisi yang lain.








You Might Also Like

0 komentar