Monday, 30 January 2012

YANG PERLU DIKETAHUI....

METODHE PEMBUATAN CAKE

1. SPONGE CAKE

Telur dikocok bersama gula pasir sampai mengembang. Tanda mengembang adalah adonan jadi sangat kental. Cara melihat kekentalan : celupkan spatula kedalam adonan. Jatuhkan adonan, adonan harus jatuh dengan lambat.
Proses selanjutnya adalah memasukkan tepung (tepung digabung bersama bahan kering lain, seperti tepung terigu, maizena, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder). Tepung dimasukkan dengan cara diayak. Untuk cake coklat, baking powder harus dimasukkan sambil diayak. Pencampuran tepung dan telur dilakukan dengan cara diaduk dengan spatula. Pencampuran juga bisa dilakukan dengan cara dikocok mikser asalkan menggunakan emulsfier. Setelah adonan rata, tuangkan margarin atau mentega cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata (aduk balik). Pastikan tidak ada cairan margarin atau mentega didasar adonan karena bisa membuat cake bantat dengan kata lain margarin/mentega cair tercampur rata.
Selanjutnya adonan dimasukkan kedalam cetakan/loyang yang dikehendaki. Cetakan harus dialasi kertas dan dioles margarin. Cetakan pendek jauh lebih baik daripada yang tinggi. Cetakan tinggi membuat kue lebih kering dibanding cetakan yang pendek.

2. BUTTER TYPE CAKE

Margarin/mentega dikocok bersama gula sampai lembut (sekitar 7 menit). Telur kemudian dimasukkan satu persatu bergantian dengan tepung terigu atau bahan kering lainnya seperti susu bubuk, coklat bubuk dan baking powder. Masukkan tepung dan bahan kering harus sambil diayak. Sisa tepung bisa dimasukkan sekaligus, bisa sambil diaduk atau dikocok .
Bila menggunakan cooking coklat, masukkan setelah margarin dikocok atau bergantian dengan sisa tepung terigu. Setelah ini adonan bisa dituang kedalam cetakan yang telah dialas kertas dan dioles margarin.

3. CHIFFON CAKE

Ayak tepung terigu dan bahan lainnya. Tambahkan campuran kuning telur, minyak goreng, cairan seperti susu, santan, sari buah atau air. Pencampuran dilakukan dengan cara diaduk rata.
Di wadah lain, kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir dan kocok sampai mengembang. Masukkan putih telur kedalam adonan kuning telur sambil diaduk rata dengan spatula. Adonan kemudian dituangkan kedalam loyang khusus untuk chiffon cake. Loyang berbentuk tinggi dengan alas yang bisa dilepas sehingga mudah untuk melepaskan kuenya. Untuk pembuatan chiffon cake tidak disarankan untuk mengoles loyang dengan margarin/minyak.

PENGOVENAN

** Untuk sponge cake rata-rata temperatur 190 derajat celcius.
** Untuk butter type cake rata-rata temperatur 180 derajat celcius.
** Untuk chiffon cake rata-rata temperatur 180 derajat celcius.


(SEDAP)

2 comments:

  1. Salam kenal mb vivi...jalan2 ke blog nya mb asyik bnget...dpt banyak tambahan ilmu perkuean ...plus tips n triknya.oke n mantaplah pokokknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slm kenal jg bunda. Semoga bermanfaat yaa ^^

      Delete