Wednesday, 26 December 2012

BOLU KUKUS




Alhamdulillah ini setoran ke dua untuk Dapur Aisyah. PR bulan ini adalah Bolu Kukus Mekrok/Mekar, menjelang akhir bulan baru sempet bikin. Untuk resepnya...sebenarnya ini adalah resep yang biasa dipake umik ku tapi aku udah "utek-utek" menurut selera dan porsiku, hihiiiii untung jadi lho karena udah ga sama dengan resep aslinya dan untungnya lagi beliau ga protes tuh (kebetulan umik lg ada disini ) biasanya klo aku merubah-rubah umik selalu bilang "awas ga dadi lho viii"...alhamdulillah ya, mekrok semua... ^^

Bikin tadi pagi, terus foto2...semoga hari ini juga bisa dikumpulin pr nya...

BOLU KUKUS

Bahan :

250gr       Tepung terigu protein sedang
250gr       Gula pasir
20gr         SP
3btr          Telur
20gr         Susu bubuk fullcream
150cc       Minuman bersoda (sprite)
1/2sdt       Pasta Vanili
Pewarna sesuai selera

Cara membuat :

1. Panaskan kukusan.Siapkan cetakan bolu kukus, beri alas cup case. Sisihkan.

2. Campur semua bahan dalam satu wadah, mikser dengan kecepatan tinggi selama 10-15 menit.

3. Ambil sedikit adonan beri pewarna sesuai selera, sisanya biarkan tanpa warna. Tuang adonan yang tidak berwarna kedalam cetakan lalu tuang adonan yang berwarna. Lakukan hingga adonan habis.

4.  Kukus selama 15 menit di kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dan pastikan kukusan sudah beruap banyak.

**selama mengukus "DILARANG KERAS" untuk membuka kukusan, hihiiiii



Oiya tentang daun-daun yang difoto tuh, sebenarnya ini adalah ide sepintas aza. Karena bosen dengan gambar fotoku yang itu-itu aza akhirnya terpikir untuk pake dedaunan untuk menemani si bolkus itu dan kebetulan pas banget karena bolkusnya jadi kayak bunga diantara daun-daun itu. Hmmm...untuk daunnya, aku ga tau itu daun apa (smg ga beracun ya ^^) yang pasti itu daun semak-semak liar yang tumbuh subur ketika musim hujan kayak gini, aku dapatkan ditanah kapling kosong deket rumah tetanggaku, hihiiii....
Okay deh...selamat menikmati bolkusnya...eh salah ding....selamat menikmati gambar bolkusnya >_<





Bismillah ...smg setor pr kali ini ga salah lagi kyk bulan kmrn, hikz....



Monday, 24 December 2012

DADAR GULUNG




Nih gara-gara beberapa hari yang lalu liat temen fb ada yng bikin dadar gulung aku jadi pengen bikin juga. Membayangkan wangi daun suji dan kinca gula merah nya bener-bener ga nahan...
Ini aku pake warna hijau dari daun suji beneran lho bukan pasta pandan, sengaja nanam daun suji disamping rumahku walopun ga sesubur daun suji dirumahku di Tempeh tapi setidaknya bisa dipetik ketika aku pengen jajanan yang ijo-ijo pandan gini....

Resepnya pake yang biasa umik ku bikin aza yah, tp udah aku sesuaikan untuk ukuranku....

DADAR GULUNG 

Bahan :

Kulit :

200gr     Tepung terigu
50gr       Tepung tapioka
1btr        Telur
1sdt        Garam
50cc       Air perasan daun suji
700cc     Santan

Isian :

1btr              Kelapa setengah tua, parut memanjang
150-200gr    Gula merah, sisir halus (manisnya menurut selera aza ya)
Daun pandan


Cara membuat :

Isian : Campur kelapa, gula merah dan daun pandan masak dengan api kecil hingga gula tercampur rata dan bisa dipulung. Sisihkan.

Kulit dadar : Campur semua bahan, aduk dengan whisker hingga tercampur rata dan licin. Cetak di wajan teflon yang udah dipanaskan terlebih dahulu. Setelah kulit matang isi dengan isian dan gulung. Lakukan hingga adonan kulit habis.









Friday, 21 December 2012

LEMET





Masih melanjutkan sisa singkong yang kemarin dibikin sawut, kali ini  aku bikin lemet kebetulan ada sisa daun pisang yang aku simpan dikulkas. Dan resepnya...heheee lagi-lagi menggunakan ilmu kira-kira karena timbangan masih dipinjem sama temen ku....masih menggunakan bahan dasar yang sama yaitu singkong, gula merah, kelapa parut tapi untuk kelapa parutnya dicampurkan disingkongnya. Dan cara bikinya so simpel singkong diparut halus kayak kita klo marut kelapa kemudian dicampur dengan gula merah dan kelapa parut kemudian dibungkus daun pisang kayak mo biikin pepes/lontong. 
Kalo temen-temen mo bikin hayoo keluarkan ilmu kira-kiranya karena klo jajanan model begini tidak kata bantet ato gagal baking ato gagal steaming, hihiiiiii...





Thursday, 20 December 2012

SAWUT




Sawut adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang diserut kasar kemudian dicampur dengan gula merah dan dibungkus daun pisang seperti pepes. Untuk menambah rasa bisa dicampur dengan potongan nangka ato potongan pisang. Mungkin untuk saat ini udah jarang ditemui ya kecuali dipasar-pasar tradisional, biasanya sih dijual bareng sama lupis dkk... Jujur nih ya, biarpun udah banyak jajanan modern tapi adakalanya merasa kangen untuk menikmati legitnya sawut, daaaannn hmm ga salah dong klo kita bikin sendiri dirumah, setidaknya bisa untuk mengenalkan jajanan tradisonal ke anak-anak kita hehee

Kemarin pagi nih aku mo beli bawang merah di tukang sayur yang biasa lewat dirumah, ehh ternyata bapaknya lg ga bawa dan aku liat ada singkong, yasudah beli singkong aza daripada ga beli apa-apa kasian bapaknya. Dan tadi pagi-pagi sekali abis sholat subuh langsung masuk dapur untuk bikin sawut (mas fitri...kita libur dulu ya jalan2nya hihiii..) kebetulan dikulkas ada kelapa, lengkaplah sudah...
Klo jam segini fotonya udah tayang itu berarti yang punya dapur lagi kurang kerjaan. hehee
Oiya...kali bikin asal aza, ga pake ukuran. Kenapaaa....??? karena timbanganku lagi dipinjem temen, jadi klo temen-temen juga mo bikin praktekan ilmu kira-kiranya, hihiiiii....

SAWUT

Bahan :

Singkong, serut kasar

Garam
Gula merah, sisir halus
Kelapa, parut
Daun pandan

Cara membuat :

Panaskan kukusan. Campur singkong yang sudah diserut dengan garam, aduk rata.Letakkan ke dalam kukusan secara bersusun serutan singkong, gula merah, pandan. Lakukan hingga habis. Tutup kukusan dan kukus hingga matang, kurang lebih 30 menit. Sajikan dengan kelapa parut.
Gampang kaaan ...^_*








Wednesday, 19 December 2012

CHOCOLATE SOUFLE





resepnya menyusul ya, nih gantian pc sm si kakak....>,<



SEMUR KAKI AYAM




Entah kenapa hari ini aku rajin banget...pagi-pagi udh bikin cah kangkung terus balado tempe dan telur dadar untuk sarapan. Setelah anak-anak dan mas fitri berangkat sholat dhuha+ngaji dulu lanjut bikin chocolate soufle resepnya copas digrup yang dishare sama mbakyu Elya dan bikin semur ceker ini. Biasanya sih males banget klo disuruh masak, lebih seneng klo bikin kue, hehee...
Beberapa hari yang lalu aku dikasih ceker ayam sama tukang ayam langganan, ini yang kedua kalinya aku dikasih ceker sama beliau...tau aza dia ya klo aku suka ceker ayam, hihiiiii ...untuk pak sugik tukang ayam semoga rejekinya berlimpah setelah ngasih aku ceker, amiin...
Tadinya terpikir mo tak masak kare aza tp ingat kalo anak-anakku ga suka kare akhirnya aku masak semur aza deh...
Oiya kenapa judulnya Semur Kaki Ayam bukan Semur Ceker Ayam...hmm kalo dipikir-pikir kok kayaknya ga sopan ya ditulis ceker gitu walopun sebenernya buat aku didengernya lbh enak ceker siiihhh...yo wsi lah...apapun namanya yang penting rasanya yooooo...

SEMUR KAKI AYAM

5 pasang        Kaki ayam, rebus hingga empuk
6 butir            Bawang Merah, iris halus
3 siung           Bawang putih
1cm               Jahe, geprak
1/4sdt            Merica bubuk
seujung sdt     Pala bubuk
1bh                Tomat ukuran sedang, potong2
3sdm              Kecap manis
Minyak untuk menumis
Garam, gula secukupnya
Air kurang lebih 300cc


Cara membuat :

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan merica bubuk, jahe dan pala bubuk, Aduk rata. Masukkan kecap manis, aduk rata. Kemudian masukkan cekernya, tambahkan air, garam dan gula. Tutup, biarkan kuah menyusut dan bumbu meresap. Terakhir masukkan tomatnya, aduk-aduk dan biarkan tomat layu. Semur Ceker ala Vi siap dinikmati..... :D







Biasanya klo dirumah masakan ceker ayam kayak gini ga dimaem sama nasi, tp cukup hanya dinikmati cekernya aza :D




Tuesday, 18 December 2012

TERANG BULAN / MARTABAK MANIS





Masih dalam rangka bikinin cemilan buat “ndoro putriku”, kali ini bikin terang bulan/martabak manis. Sebenarnya ini bukan kali pertama bikin terang bulan, dari yang ukuran mini pake loyang snack maker sampe yang ukuran gede gini pake cetakan terang bulan sebenarnya. Dari yang pake ragi dan tanpa ragi…dan hasilnya kurang memuaskan menurutku karena aku pengen hasil akhirnya seperti yang aku sering beli didepan toserba sini…yaaaahhh setidaknya mirip lah walopun ga sama persis. Dan dari yang aku rasakan klo yang dijual2 itu ga pake ragi…
Ketika bongkar-bongkar lemari buku ketemu sama tabloid SAJI th 2007 yang ada resep terang bulannya…langsung gatel deh tanganku untuk nyobain, untuk mengawali aku bikin setengah resep sajjahh….dan inilah hasilnya. Udah berserat bagus sssiiiihhh, suer bagus banget tapi rasanya aku masih kurang sreg tapi alhamdulillah anak2ku doyan …#itu yang penting sih menurutku, hihiiiii
Okay, lain kali aku nyoba lagi yaaa…untuk saat ini kita nikmati ini dulu deh J


TERANG BULAN

Bahan :

500gr       Tepung terigu protein sedang
1sdt          Baking powder
150gr       Gula pasir
2btr          Telur
1/4sdt       Vanili bubuk
1/2sdt       Garam
650cc       Air

Bahan taburan per loyang :

1/4sdt    Baking powder
Seujung sendok teh soda kue

1sdm     Margarine
1sdm     Gula pasir
2sdm     Meses
50gr       Keju cheddar


Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu dan baking powder, masukkan gula pasir tambahkan telur, vanili dan garam. 
  2. Tuang air kedalam adonan,  mikser dengan kecepatan rendah sampai lembut. Diamkan 1 jam. Adonan siap digunakan.
  3. Karena cetakan ku lumayan gede, jadi adonan aku bagi 4. Sebelum adonan dituang di cetakan tambahkan 1/4sdt baking powder dan seujung sdt soda kue, aduk rata.
  4. Kemudian tuang adonan dicetakan yang sudah dipanaskan dengan api kecil selama 15 menit. Cetakan tidak perlu dioles margarine.
  5. Biarkan Adonan berbisa/lubang2 kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
  6. Oles terang bulan dengan margarine. Tabur meses dan keju parut. Potong 2 dan tumpuk. Oles bagian kulitnya dengan margarine.









Kayaknya beberapa hari kedepan masih lanjut bikin cemilan buat mereka deh karena tadi aku dapat surat dari sekolah tentang jadwal liburnya, huuufffftttttt....

Oiya ...perkenalkan ini studio baru dirumahku, jiiaaaaahhh gayamu viiii, hihiiiii
Yang bener adalah ini tempat untuk foto-foto baru dirumahku yaitu dijendela dapur rumahku, heheee...biasanya klo foto-foto di teras depan ato di ruang tamu ato diteras belakang....lumayan ok kan...?? ok meurutku kali ya....??? ^^

Monday, 17 December 2012

NUGGET TEMPE ROLL




Nih gara-gara 2 minggu kemarin kakak dan adek pulang lebih awal (pulang jam 12 yg biasanya pulang jam 3) jadinya rajin bikin makanan buat mereka, seperti biasa makanannya yg rasa gurih karena klo yang manis-manis mereka ga begitu suka.
Masih memakai resep nugget tempe seperti yang beberapa hari  lalu aku posting tapi yang ini aku gulung pake telur dadar. Bikin telur dadar pake wajan kotak trs atasnya dikasih adonan nugget tempenya kemudian digulung/dipadatkan terus dikukus. Dan finishingnya tetep pake panir dan berakhir diwajan untuk digoreeeeeeeng :D 
Alhamdulillah mereka syukaaaaa bangeeeet. Beneran deh bahagia rasanya klo mereka suka dengan apa yang aku bikin. Untuk resepnya intip disini ya....




Thursday, 13 December 2012

KUPING GAJAH







Baru pertama kali bikin kuping gajah, biasanya klo mo maem ini nunggu lebaran itupun bukan dirumahku tp dirumah sodara karena dirumahku udah ga pernah bikin sejak Mbahku pergi untuk selamanya. Sebenarnya ini  aku bikin dalam rangka ikutan event di group Pawon Ibu dengan tema "Roll Me Up" 
Resepnya ku dapat dari gugling, tadinya mo nelpon umik mo nanyain resepnya tp ga jadi karena klo nelpon umik pasti lama banget, bukan sekedar nanya resep tp ngobrol kemana-mana dan berakhir dengan ga jadi bikin kue, hihiiiii...Kalo yang biasanya Mbahku bikin lebih tebel adonan putihnya tapi klo aku yang bikin adonan coklatnya yang lebih dominan...

KUPING GAJAH
by. FEMINA

Bahan:
  • 300 g tepung terigu, ayak
  • 2 sdm margarin
  • 75 g gula bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 75 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa, masak, dinginkan
  • 11/2 sdm cokelat bubuk (vi pk 20gr)
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:

  1. Campur terigu, margarin, gula, garam, dan vanili, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan telur, tuangi santan sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan.
  3. Ambil 1/4 bagian adonan, tambahkan cokelat bubuk, aduk hingga rata. Biarkan sisa adonan berwarna putih.(vi bikin adonan dibagi 2 kemudian satu bagian adonan ditambah 20gr coklat bubuk dan 1sdm santan)
  4. Giling tipis adonan putih hingga 2 mm. Tipiskan juga adonan cokelat kira-kira hingga selebar adonan putih.
  5. Letakkan lapisan cokelat di atas lapisan putih, gulung sambil padatkan perlahan. Diamkan selama 2 jam dalam lemari pembeku hingga adonan keras.
  6. Keluarkan dari lemari pembeku, potong adonan setebal 1 mm dengan pisau yang tajam. Setelah dipotong, tipiskan kembali adonan.
  7. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.
  8. Sajikan



Tuesday, 11 December 2012

LBT#20 JAPANESE ROLL CAKE







Alhamdulillah, akhirnya bisa setor juga. Jujur nih …ini adalah JRC yang ketiga yang pernah aku bikin. Yang pertama udah agak lama sih sebelum ada PR dr LBT waktu itu aku gambar strowbery dan hasilnya kurang memuaskan #penasaran pengen bikin lagi. Dan ternyata PR LBT 20 adalah JRC, hmmm saatnya untuk mencoba lagi…maksud hati bikin ada karakter beruang, langsung nggambar pake cookies cutter, bayanganku pasti bagus nih bentuknya, ihiiiiyyyy..besoknya (kemarin) langsung praktek mumpung lagi ga mbakul (pede pol poko’e bikin yang gambar beruang). Daaaaannn setelah jadi, huwwaaaaaaa….ga berbentuk beruang sama sekali, pipi dan kupingnya ga karu2an…sempet ke foto sih tapi difoto dari arah manapun bentuknya tetep jelek, hikz…”menyedihkan…” karena masih penasaran hari ini aku nyoba lagi tapi udah ga mau bentuk yang aneh-aneh, cukup kotak-kotak aza “nyari aman “ hihiiiiii
Dan inilah hasilnya, kayaknya aku memang ga bakat nggambar ya, hikz…harus puas dengan yang kotak-kotak gini tapi yang kedua ini bener-bener aku males maem, wis eneg pol 2 hari dihajar JRC…
Oiya ini pake resep yang sama dengan yang ini dan ini ...

JAPANESE ROLL CAKE
Tabloid SAJI/164



Bahan :

80gr      minyak goreng
60ml     susu cair (resep asli pake air jeruk)
1btr       telur dikocok lepas
100gr    tepung terigu protein rendah
10gr      tepung maizena
1/4sdt   baking powder
1/4sdt   vanili bubuk
60gr      kuning telur, dikocok lepas
150gr    putih telur
1/4sdt   garam
80gr      gula pasir
Butter cream untuk olesan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 24x24, oles margarin, alas dengan kertas roti yang sudah digambar sesuai selera  kemudian oles lagi dengan margarine tipis-tipis (bagian sisi tidak aku oles). Sisihkan. Panaskan oven sampai suhu 175 derajat celcius
2. Panaskan minyak goreng dan susu (tidak sampai mendidih, cukup hangat saja). Kemudian masukkan telur, aduk rata.
3. Ayak tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk dan baking powder. Tuang campuran minyak dan susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Tambahkan kuning telur, aduk rata, sisihkan.
4. Mikser putih telur dan garam ( resep asli pake CTT tp aku ga pake) sampai setengah mengembang kemudian masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dimikser sampai softpeak.
5. Masukkan putih telur ke adonan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
6. Ambil sedikit adonan beri warna sesuai gambar, masukkan piping bag. Bentuk motif dengan adonan kemudian oven selama 1 menit.
7. Keluarkan loyang dari oven dan tuang adonan pelan2 diloyang yng sudah bergambar oven selama 20 menit dengan suhu 175 derajat Celsius.
7. Setelah matang, letakkan bolgul di atas kertas roti ukuran lbh besar dr lebar loyang (dengan posisi bagian luar ada di atas) biarkan dingin kemudian oles bagian luar bolgul dengan butter cream gulung dan padatkan.














Friday, 7 December 2012

RAINBOW ROLLCAKE





Akhirnya virus Rainbow Gulung menyerangku, huhuuuu
Nih gara-gara banyak temen yang bikin jadi pengen juga. Jujur nih aku ga begitu sreg dengan kue yang warna-warni gonjreng begini tapi keinginan untuk bikin tuh gede bangeeeetz. Yasudah akhirnya kuputuskan untuk bikin. Seneng sih liat hasilnya walopun masih kurang rapi menurutku maklumlah baru pertama kali bikin hikz...oiya ini yang versi panggang ya...karena hanya coba-coba jadi pake resep yang telurnya sedikiiiiit, itu dimaksudkan klo seumpama gagal jadi ga rugi banyak-banyak, heheee 
Awalnya sih ga yakin bisa menata warna demi warna diloyang tapi setelah dipraktekan ternyata bisa juga dan  kesimpulannya adalah bikin renbo gulung tuh ribet bangeeeet...dan yang bikin ga enak ati adalah yang biasanya adek suka bolgul lha ini ga suka, dia bilang "Adek ga suka sama warnanya Nda.." huwaaaaaa.... Yowislah...berarti ga usah nyoba yang kukus ya...cukup yang panggang ini sajjahh.... 
Untuk resepnya aku nyontek di tabloid tapi lupa tabloid apa ....pokoknya udah lama banget, klo ga salah SAJI deh, hihiii maapken klo salah

BOLU GULUNG
 

Bahan :

4btr        Telur
75gr       Gula pasir
1sdt        SP
60gr       Tepung terigu
10gr        Susu bubuk
75gr        Margarin, cairkan

Selai/BC secukupnya untuk olesan
Pewarna ungu, hijau, biru, kuning, jingga, merah daaaaaaan siapkan juga 6 mangkoknya yaaah plus sendoknya 6 juga buat aduk-aduk, jangan lupaaaaa piping bagnya 6 jugaaaa...#banyak banget hikz

Cara membuat :

1. Panaskan oven. Siapkan loyang ukuran 26x26 ato 24x24. Oles margarin dan alas kertas roti kemudian oles margarin lagi.
2. Kocok semua bahan kecuali margarin cair hingga kental berjejak. Matikan mikser, masukkan margarin cair. Aduk balik dengan spatula.
3. Bagi adonan menjadi 6 sama rata. Kemudian beri warna.
4. Masukkan kedalam piping bag, kemudian semprotkan masing-masing warna di loyang (sorry ga ke foto)
5. Oven dengan suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih15 menit. Keluarkan dari oven, oles selai. Gulung dan padatkan.




















Silahkan mencoba untuk yang penasaran kayak aku, hihiiiiii

NOGOSARI





Kuweh yang tak pernah membosankan ^^

NOGOSARI

Bahan :

250gr       Tepung beras Rosebrand
100gr       Gula pasir
900cc       Santan
1 1/2sdt    Garam
Daun pandan
Pisang 
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :

Masak tepung beras, gula, santan, garam dan pandan sambil terus diaduk-aduk hingga meletup-letup seperti bubur. Ambil selembar daun pisang, beri satu sendok makan adonan kemudian letakkan pisang ditengah adonan, tutup dengan adonan lagi. Rapikan dan gulung daun pisang. Lipat masing2 ujung daun pisang ke tengah. Lakukan hingga adonan habis. Kukus sampai matang, kurang lebih 30 menit.







Saturday, 1 December 2012

OATMEAL COOKIES





Kukisnya beneran enak banget, tengkyu mbak Riana. Hanya saja bentuknya aku bikin bar dan cantik juga lho ^^
Untuk fotonya, critanya pengen kasih bunga yang beda (ga itu2 aza bunganya) jadilah ambil bunga rumput liar di depan rumah. Karena bunganya kecil-kecil banget  disalah satu foto yang tadinya aku letakkan dibawah didekat kain alas kue aku pindah ke atas kue karena ga kliatan bunganya,  warna bunga menyatu dengan warna alas kue, hiks….semoga aza bukan suatu kesalahan meletakkan bunga diatas kue ya….

Oatmeal Cookies
Adapted by Riana from Joy of Baking

113 gr   mentega tawar, suhu ruang
54 gr     light brown sugar (vi pake gula palem)
50 gr     gula pasir/kastor
1 telur   ukuran besar
1 sdt      pure vanilla extract
140 gr   tepung terigu serbaguna
3/4 sdt  soda kue
1/4 sdt  garam
130 gr   Havermouth (quick cooking)
65 gr     white chocolate chips (vi pake choco chip)

Cara membuat :

1.   Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Alasi loyang kue kering dengan parchment paper.
2.   Kocok mentega, gula dan garam hingga lembut (kurang lebih 2-3 menit dengan kecepatan tinggi). Tambahkan telur dan ekstrak vanilla, kocok rata. Turunkan kecepatan mikser ke kecepatan paling rendah. Masukkan tepung, soda kue dan havermouth, kocok hingga rata. Matikan mikser.
3.  Masukkan white chocolate chips, aduk hingga rata.
4.   Sendokkan adonan ke atas loyang berlapis parchment paper, beri jarak masing-masing kue. Tekan sedikit adonan dalam loyang dengan bagian belakang sendok supaya pipih bentuknya.
5.   Panggang selama 10-14 menit, atau hingga cookies berwarna kecoklatan di bagian pinggir, tapi bagian tengahnya masih lunak. Ini akan menghasilkan cookies yang lunak dan enak dikunyah (chewy).
6.   Angkat loyang dari oven, letakkan loyang di atas rak, biarkan dingin kurang lebih 2 menit agar cookies cukup kokoh untuk diangkat. Angkat cookies dari loyang, dinginkan di atas rak.
7.   Simpan cookies dalam wadah kedap udara agar aromanya yang enak itu gak hilang.


** karena aku bikin bar jadi adonan kue aku ratakan diloyang ukuran 22x22x3cm, ditekan-tekan biar padat, oven sebentar kurang lebih 5 menit. Setelah itu keluarkan kue dari oven potong-potong dan oven kembali hingga matang.










Karena bikinnya udah lama jadi sekarang udah abis, siap2 bikin kukis model begini lagi...jadi tergila2 dengan kukis potong, hihiiiii


NUGGET TEMPE




Critanya karena anak2ku suka tempe kemul dan tempe goreng, jadi aku pengen bikinin mereka sesuatu yang berbahan dasar tempe tapi bukan tempe kemul dan tempe goreng.
Pagi2 udah beli tempe 3rb rupiah, aku timbang 362gr :D, ga mungkin kan diresep aku tulis "tempe 3rb rupiah ato tempe 362gr " jadi aku bulatkan 350gr... trs dikulkas ada sepotong dada ayam yang ternyata beratnya cuma kurang lebih 120gr :D. Untuk bumbu2nya, bumbu yang udah ada didapurku...

NUGGET TEMPE

Bahan :

350gr      tempe, kukus dan haluskan
100gr      daging ayam giling
3btr         telur
1bh          bawang bombay, cincang kasar (ukuran kecil)
2 siung     bawang putih, geprek dan cincang halus
Garam kurang lebih 1,5 sdt, merica bubuk dan pala bubuk secukupnya
2sdm       minyak goreng untuk menumis

Tepung terigu, tepung panir dan telur untuk memanir.

Cara membuat :

1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum. 
2. Campur semua bahan dengan tumisan bawang bombay+bawang putih, aduk rata.
3. Tuang diloyang kotak ukuran 20x20 yang sudah dialas plastik dan dioles minyak goreng.
4. Kukus kurang lebih 20 menit ato hingga matang. Dinginkan.
5. Potong2 nugget sesuai selera. Gulingkan potongan nugget ke tepung terigu, kemudian masukkan ke kocokan telur dan gulingkan di tepung panir. Lakukan sampai potongan nugget habis.
6. Sebelum digoreng diamkan nugget di lemari es biar tepung panirnya set.











Alhamdulillah, kkk+adek doyan. Bahagianya.... :)
klo mas fitri sih jangan ditanya, dia apa2 doyan. Hihiiiii.....


BOLU GULUNG




Inilah aku yang dikerjain adek ketika libur sekolah hari Selasa kemarin (krn kakak2 kelasnya lg study wisata ke Repoeblik Telo dan pabrik Pocary Sweat so kls 1,2,3 diliburkan). Dia maksa minta dibikinin bolu gulung tapi seneng juga sih karena dia doyan banget xmp potongan terakhir :D


BOLU GULUNG
Buklet SAJI 126

Bahan :

6btr        Kuning telur
4btr        Putih telur
100gr     Gula pasir (aku pk 90gr)
1/2sdm   SP
70gr       Tepung terigu protein sedang
10gr       Susu bubuk
75gr       Margarin (lelehkan)
Pasta coklat secukupnya
Selai untuk olesan secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan oven. Siapkan loyang ukuran 26x26x3 yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Sisihkan.
2. Kocok semua bahan kecuali margarin cair sampai mengembang dan kental.
3. Matikan mikser, masukkan margarin. Aduk balik dengan spatula hingga rata.
4. Tuang diloyang, oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 10-15 menit.
5. Oles selai, gulung dan padatkan.




Nyoba digelap2an nih tp msh jelek ya... :'(

Monday, 26 November 2012

KARE KAMBING








Alhamdulillah, yeaayyy ..!! akhirnya kesampain juga untuk ikutan “IDFB challenge 7 dengan thema KARE/CURRY/GULE/GULAI”, sedikit ga pede sih walopun kare bukan makanan yang asing buatku karena dari kecil udah kenal kare dan sekarang pun udah sering membuatnya tapi yang bikin ga pede adalaaaaah klo urusan foto aku masih pemula bangeeeeeeetz sementara yang ikut fotonya udah keren-kereeeen. Hmm …seneng juga sih bisa mejeng bareng mereka, ahhhaaaayy…yang penting kan tetep terus belajar biar hasil fotonya keren seperti mereka (sing ngajari sopo se viiiiiii….)

Kali ini aku masak kare kambing, ehmm tidak beda sih dengan kare ayam pada umumnya hanya beda bahan utamanya aza untuk resepnya aku pake yang biasa aku masak tapi klo biasanya aku maem sama nasi kali ini hmmmmm…aku sajikan bareng Roti Maryam. Beneran lho…enak ..!!

Kare Kambing

Bahan :

400gr    Daging kambing, potong-potong ukuran sedang.
5btr       Bawang merah, iris tipis
3lbr       Daun jeruk purut
1btg       Serai, memarkan
3lbr       Daun salam
500cc    Santan sedang
3sdm     Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :

3bh       Cabe merah
3btr       Kmiri
1sdm     Ketumbar
1/2sdt    Merica
1sdt       Jinten
5btr       Bawang merah
3siung   Bawang putih
2cm       Kunyit
2cm       Jahe
2cm       Kayu manis
2btr       Cengkih
2ntr       kapulaga
Garam, gula secukupnya

Cara membuat :

Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan bumbu halus, daun jeruk, serai, daun salam, aduk hingga bumbu layu dan harum. Masukkan daging kambing, aduk hingga menyatu dengan bumbu kemudian tambahkan sedikit air, masak hingga daging empuk. Tuang santan, tambahkan garam dan gula. Masak hingga kuah agak menyusut dan daging matang. Angkat dan sajikan.















Happy Cooking ...^^

SOES AYAM JAGUNG




Ini hanya untuk cemilan anak-anakku sepulang sekolah karena aku tau mereka suka yng gurih-gurih dan seperti biasa pulang sekolah selalu nyari makanan :D
Masih pake resep susnya NCC hanya kali ini ga aku cetak satu-satu tapi aku panggang dengan pinggan tahan panas. Untuk sus yang model begini tidak perlu sus yang mengembang dan kopong dalamnya karena emang tidak diisi juga tidak menggunakan api besar/suhu tinggi untuk memanggangnya. Dan untuk isiannya adalah jagung dan ayam.

Bahan kulit :

225ml      air
100gr      margarin
1sdm       gula pasir
125gr      tepung terigu protein tinggi, misal CAKRA
4btr         telur

Bahan isi :

100gr       jagung manis, sisir rebus sebentar
100gr       daging ayam cincang
1/2bh       bawang bombay, cincang kasar
1siung      bawang putih, cincang 
1sdm        tepung terigu
50gr         keju cheddar, potong dadu kecil
50ml        susu cair
1sdm        margarin untuk menumis
garam, gula, merica bubuk, pala bubuk secukupnya.

Cara membuat kulit sus :

1. Masak air, margarin, gula hingga mendidih.
2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
3. Kocok lambat adonan hingga hangat kuku kurang lebih 1 menit. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan adonan ke dalam plastic segitiga, semprotkan di dasar loyang, oven sebentar. Kemudian keluarkan dari oven tambahkan isian, ratakan. Tutup dengan sisa adonan.
5. Panggang suhu 180 derajat Celcius hingga matang, kekuningan. 

Cara membuat isian :

Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. masukkan daging ayam cincang, aduk-aduk hingga berubah warna dan matang. Tambahkan tepung terigu, aduk rata. Tuang susu cair, aduk rata. Masukkan jagung manis dan bumbu yang lain, aduk rata.Masak hingga matang.











ROTI MARYAM



Masih dengan resep yang sama dengan yang pernah aku bikin tapi kali ini aku pingin ambil gambarnya dengan kucuran madu tp apa daya ga ada yang bantuin aku untuk nuang madunya jadinya fotonya seperti ini hanya dengan parutan keju dan meses, hehee 
Lain kali aku akan mewujudkan keinginan itu ""membayangkan roti maryam yg disiram madu, hmmm ..""