Wednesday, 21 December 2011

KUE LAPIS BERAS



Setuju banget kalo ada yang bilang bahwa membuat kue tradisional ato jajan pasar itu membutuhkan kesabaran ekstra. Dari persiapan bahan-bahannya sampai pengolahannya bener-bener butuh waktu. Lapis beras salah satu contohnya, prosesnya butuh ketelatenan untuk membuat lapis demi lapis yang cantik. Tapi semua akan terbayarkan dengan rasanya legit dan gurih, bener-bener bikin "nagih" bagi penggemar kue tradisional.

Kali ini aku membuatnya hanya dengan 2 warna dan warna merah yang atas hanya untuk pemanis aza. Untuk warna hijaunya aku pake daun pandan yang ada dihalaman rumahku, kangen sama kue2 yang beraroma asli pandan. Hmmm...aroma pandan yang sangat menggoda...

Kue Lapis Beras NCC

Bahan:
100 gr tepung sagu
275 gr tepung beras
300 gr gula pasir
1 sdt garam
1,5 ltr santan
3 lbr daun pandan
6 lbr daun jeruk purut
Pewarna : ambil beberepa lembar daun pandan suji, tumbuk dan saring.


Cara membuatnya:
1. Masak santan, daun pandan dan daun jeruk sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat, dinginkan
2. Taruh dalam wadah, tepung beras, tepung sagu, garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi santan matang sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni, hingga menjadi adonan encer.
3. Bagi adonan menjadi 2 . 1 bagian diberi warna hijau pandan cukup 50cc aza, 1 bagian biarkan putih. Ambil 2 sendok sayur adonan beri pewarna merah.
4. Siapkan loyang ukuran 18x18x8cm, poles denga minyak sayur tipis saja, paling bawah dialas plastic. Beri adonan putih, lk. 100ml. kukus dalam dandang yang sudah banyak uap selama 10 menit.
5. Tuang lagi 100ml adonan putih, kukus 10 menit. tuang adonan warna hiaju 100ml kukus 10 menit Begitu seterusnya hingga adonan habis. Terakhir kukus 20 menit. Angkat. Dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong.





No comments:

Post a Comment