Saturday, 29 October 2011

PASTEL TUTUP




-->
Gara-gara beli pastel tutup disalah satu toko kue dikotaku aku jadi penasaran pingin bikin sendiri. Akhirnya, nyari-nyari resep pure kentangnya....dan terdampar di blognya mbak Yunita "Pawon Omah" lanjut ijin copas via blog (ntah diijinin ato blom) langsung masuk dapur deh. Bongkar-bongkar isi kulkas untuk bahan isiannya, ternyata cuma ada sayur beku (jagung manis, buncis, kacang polong dan wortel), ayam...yo wis ga popo. Masih ada sisa soun, masih banyak malah... yg selalu ada dirumah adalah susu bubuk, bawang bombay, telur dan merica dkk....klo kentang udah aku siapin dari beberapa hari yang lalu. Mulai deh bikin dengan bahan isian seadanya, maksudku ga selengkap punya mbak Yunita. Bikin purenya hampir tidak ada masalah dan untuk isiannya aku berusaha mengingat-ingat rasa pastup yang pernah aku beli beberapa hari yang lalu.

PASTEL TUTUP by. Yunita "Pawon Omah"

Bahan Pure Kentang :

500 gr kentang
2 sdm margarin
1 sdm susuk bubuk Full cream
1 btr kuning telur
garam & merica secukupnya



Isian (sesuai dg apa yg ada didapurku yah) :

50 gr soun, rendam air panas
150gr sayur beku
2 btg daun bawang (iris halus)
2 btr telur rebus
200gr dada ayam (potong kecil)
2sdm susu bubuk (larutkan dgn air hangat)
Air kaldu secukupnya

Bumbu :

1 btr bawang Bombay ukuran sedang, cincang
3 btr bawang putih, haluskan
garam, gula, merica & pala bubuk secukupnya

Olesan pastel tutup :

1 kuning telur, kocok
1 sdm margarin

Cara membuat :

1. Kukus kentang hingga lunak, angkat. Haluskan selagi panas. Tambahkan susu bubuk, garam, merica, margarin. Aduk hingga rata. .Biarkan agak hangat. Masukkan kuning telur, aduk rata.
2. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bawang bombay.
3. Tambahkan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna, masukkan sayur, garam, merica, gula, pala bubuk secukupnya.
4. Tuang susu yang sudah dilarutkan dan air kaldu, aduk rata.
5. Masukkan soun, aduk rata. Karena aku pingin pastel tutup yang basah maka isian aku bikin agak basah
6. Untuk penyelesaiannya, letakkan isian didasar alumunium cup secukupnya, beri potongan telur rebus kemudian isi dengan pure kentangnya. Lakukan hingga habis.
7. Oven hingga permukaan kering.
Tanpa keju sama sekali karena memang lagi ga punya keju, hiks....



-->Klo mau tau resep aslinya klik disini ya...
Cobain deh, enak banget dan ga bakalan nyesel....tapi untuk yang lagi menjalankan program diet kayak aku, hmmm jangan banyak-banyak deh maem'y cukup ngincipi aza, hahaaaa... Oh iya karena aku lagi ngurangi cemal-cemil sooo pastup ini aku bagi-bagi itu juga karena kakak+adek ga suka, hiks....tapi untuk mas fitri tetep ada bagian sendirilah


-->Sebenarnya DOELOE aku pernah bikin tapi aku lupa rasanya, seingatku agak padat gitu karena isiannya aku bikin kering....

No comments:

Post a Comment