Tuesday, 11 October 2011

LBT#9 SOES KORNET KEJU



Tantangan LBT#9 adalah Choux Pastry atau kue Soes.
Resep aku ambil dari majalah Sedap edisi 5/VII/2006, udah jadul bgt yach. Sebenarnya udah lama banget pingin nyobain resep ini tapi berhubung aku penggemar berat soes vla vanilla jadi kayak “awang-awangen” mo nyobainnya. Untuk pembuatannya tidak ada masalah menurutku karena aku udah melewati proses “gagal lagi…gagal lagi…” doeloe….waktu masih awal-awal bikin kue soes….;)
Kalo biasanya aku bikin kulit soes pake margarine tapi diresep ini menggunakan minyak goreng dan untuk pemakaian tepung terigu diresep tertulis tepung terigu protein sedang tapi aku merubahnya dengan memakai tepung terigu protein tinggi, kali ini aku ingin kulit sus yang kokoh karena aku lihat digambar asli isi susnya lembek banget dan untuk isi sus aku tidak merubahnya sama sekali. Dan hasil akhirnyaaaa…..bener-bener kue sus yang guriiiiiiiiih…. Oh iya, resep ini terdapat di halaman “Resep Ekonomis” dimajalah tersebut, mungkin karena tanpa penambahan butter/margarine diresep adonan kulit dan tanpa kuning telur juga di vlanya, hmm…kayaknya bisa jadi alternative snackbox mummer nih….^_*


SOES KORNET KEJU

Bahan kulit :
100 gr minyak goreng
225 cc air
½ sdt garam
125 gr tepung terigu protein sedang (aku ganti protein tinggi)
3 btr telur
50 gr kornet
1 sdm seledri cincang (ga punya seledri, aku ganti daun bawang)
½ sdt BPDA (tambahan dr aku)
25 gr keju parut, utk taburan

Bahan isi :
3 sdm margarine
9 sdm tepung terigu protein sedang
900 cc kaldu sapi
50 gr keju parut
1 sdt garam
½ sdt gula pasir

Cara membuat :
1. Untuk kulit sus : rebus minyak goreng, air dan garam sambil diaduk sampai meletup-letup. Matikan api.
2. Masukkan tepung terigu. Aduk rata. Nyalakan api kecil, masak sampai kalis. Biarkan hangat.
3. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata (aku pake mikser).
4. Masukan kornet dan seledri. Kocok rata.
5. Semprotkan dicetakan pie bergerigi yg dioles margarine. Taburkan keju parut dan cabe merah yang dicincang, itu tambahan dari aku maksud hati biar kliatan cantik ada merah-merahnya…eh yang ada malah kliatan hitam ga merah lagi setelah mateng, yo wis lah… hihiiiii…..
6. Oven sampai matang dengan suhu 200 derajat celcius.
7. Isi, panaskan margarine. Masukkan tepung terigu sambil diaduk sampai berbutir. Tuang air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.
8. Tambahkan keju, garam dan gula. Aduk sampai matang.
9. Sajikan soes setelah diisi….*__*


** Sebelum telur dimasukkan, adonan harus dalam kondisi hangat
** Pengovenan harus bener2 kering supaya soes tidak melempen setelah matang.
** Untuk pengovenan, klo aku 10 menit pertama aku pake suhu 200 derajat celcius dan setelah itu aku kecilkan api, tunggu sampai kulit soes bener2 kering.

Happy baking & salam LBT…


Ini penampakan ketika blom diisi, bagian luarnya kering tapi dalamnya lembut dan berongga/kopong....

No comments:

Post a Comment