Tuesday, 21 April 2015

ROTI KRIM MESES



Bismillah ...

Jaman dulu nih yang namanya roti tuh bentuknya itu-itu aja. Selain roti tawar nih ya, ada roti sobek, roti kasur dan roti yang dioles krim, roti sisir. Rasanya juga hmm...yah gitulah. Belinya juga ga harus ke bakery, ditoko-toko deket rumah ada. Dan vivi kecil suka banget sama roti yang dioles krim dan roti sisir. Ingat banget bau wangi krim nya itu hihiii, eh ada juga yang krimnya warna kekuningan... nah klo yang itu ada aroma durennya :D ... apapun rasa krimnya waktu itu vivi kecil doyan banget ga mikir rotinya lembut ato keras hihii... tapi sekaraaaang, mentang-mentang udah bisa bikin kue jadi sok pilih-pilih...hahaa ...yang namanya bakery tuuh weeyyy...banyak bangeeet...tapi emang dasarnya penggemar rerotian biarpun udah bisa bikin  tetep aja coba-coba beli disana-sini sekitaran proling...hmm ada yang sreg tapi ada juga yang ga sreg...ada yang parah (ga aku sebutin tokonya ya ) rotinya kueras banget booo ! jian asli keras ckckckk...sekali-kalinya beli jadi kapok :P hmm...yasudahlah mungkin bakule seleranya roti yang modelnya keras kayak gitu, klo ga suka ga mungkin dijual kan ? ^^
Kembali kesini ya...jadi critanya aku pengen banget maem roti isi krim, kebetulan punya sedikiiiit krim sisa bikin bdck. Resepnya liat di buklet Saji edisi  ROTI OVEN, KUKUS DAN GORENG LAYAK JUAL.

ROTI KRIM MESES

Bahan :
200gr Tepung terigu protein tinggi
50gr Tepung terigu protein sedang
15gr Susu bubuk
1sdt Ragi instan
35gr Gula pasir
1btr Telur
125cc Air
35gr Margarin
1/2sdt Garam
Buttercream dan meses secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan telur dan air. Uleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit atau hingga mengembang. 

2. Kempiskan adonan, bagi adonan dengan berat yang sama. Bulatkan dan biarkan hingga mengembang 2 kali lipat.

3. Kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 190 derajat celcius kurang lebih 10 menit.

4. Penyelesaian : belah roti melintang ke samping ato melintang dari atas, oles dengan bc dan tabur meses. 




Daaaaan beginilah penampakannya....dibikin ala-ala bakery gitu hihiii...ga sekedar dioles bc :D
Udah dulu ya...aku tak bermain-main sama adek dulu, hahh! sepagi ini main-main ? iyaaaa, hihiii karena adek libur dan si ayah lagi ke serbejeh...jadi judulnya pagi yang santai ^^
Mari ngeteh sambil menikmati roti,  sugeng enjing...^^


Dari Ummu Athiyah ra, ia berkata : Nabi saw, bersabda kepada para wanita yang memandikan putrinya ( Zainab ra) : "Dahulukan anggota tubuh sebelah kanan dan anggota-anggota wudhunya". (HR. Bukhari Dan Muslim)

TAHU BAKSO AYAM



Bismillah ...

Ini bikinnya udah lamaaaaa, sebelum bikin cake tepung ketan deh. Resepnya masih pake yang ini hanya klo yang ini adonan bakso dimasukkan kedalam tahu goreng. Disini penjual tahu yang suka lewat tuh rata-rata tahunya sekecil itu, itupun bentuk nya ga sama, ada yang kecil dan ada yang gede :D

TAHU BAKSO AYAM

Bahan :
250gr Daging dada ayam, iris kecil
2siung Bawang putih, iris tipis, goreng kering
1/2sdt Merica bubuk
1btr Telur
50gr Tepung tepioka
Garam secukupnya
Tahu goreng secukupnya

Cara membuat :

Masukkan daging ayam kedalam food processor, haluskan. Kemudian tambahkan bahan-bahan yang lain, proses kembali hingga tercampur rata. Isikan adonan bakso kedalam tahu, kemudian kukus hingga matang. Sampai disini bakso tahu sudah bisa dinikmati tapiii ada yang masih digoreng lagi. Jadi bakso yang sudah dikukus dicelup ke kocokan telur kemudian digoreng. Tergantung selera saja mau yang dikukus aja ato digoreng :)

Sering banget bikin tahu bakso ini secara kakak dan si ayah suka banget, klo buat kakak ketika berkunjung bawanya, dan belakangan adek juga suka hihiii...jadi tambah seneng aja bikinnya ^^


Dari Aisyah ra, ia berkata : "Rasulullah saw selalu mendahulukan anggota tubuh sebelah kanan dalam segala hal. Seperti bersuci, bersisir dan memakai sandal." (HR. Bukhari dan Muslim)

Friday, 17 April 2015

CAKE TEPUNG KETAN ISI AYAM



Bismillah ...

Masih penasaran dengan cake yang menggunakan tepung ketan. Setelah kemarin bikin bronis kukus sekarang bikin cake yang dipanggang tapi yang jenis cake padat...dan ternyata  pemakaian tepung ketan juga ga membuat cake semakin padat.
Untuk isinya ...hmm itu asal bikin aja. Kebetulan ada sepotong ayam yang ga tau beratnya berapa, aku rebus kemudian tak potong kecil-kecil, isian yang lain yaitu worteeeel, hanya sebuah :D sisa bikin capcay huhuuu...jadi resep isinya ga aku tulis ya...yang diluaran sana pasti lebih pinter dari aku untuk bikin isiannya ^^
Untuk cake nya juga hasil modifikasi dari sana-sini, hmm pada tau kaaan...aku ga pernah skolah bikin kue jadi ya klo lagi coba-coba gini gagal udah biasa hahaa...dan klo jadi ya alhamdulillah bisa berbagi disini hihiii ...

CAKE TEPUNG KETAN ISI AYAM

Bahan :
120gr Margarin atau mentega
150gr Gula pasir halus
2btr Telur ayam
100gr Tepung terigu (aku pake segitiga)
100gr Tepung ketan
1/2sdt BPDA
100cc Susu cair

Cara membuat :

1. Siapkan loyang muffin, alasi dengan cup case. Ayak tepung terigu, tepung ketan dan BPDA, sisihkan.

2. Kocok gula dan margarain hingga lembut, tambahkan telur satu persatu. Kocok rata. Tambahkan campuran tepung bergantian dengan susu sambil dikocok rata.

3. Tuang satu sendok adonan di cetakan muffin tambahkan isian, kemudian tambah adona lagi hingga 3/4 penuh. Lakukan hingga adonan habis.

4. Panggang di oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.





Tadinya mo tak kasih seledri cincang diadonan cakenya tapi ternyata ga ada stok seledri, hikz...
Rasanya enak...tetep lembut walopun pake tepung ketan...tapi ya padet juga karena emang butter cake type ^^
Okay deh...happy weekend buat semuanya. Hari ini aku mo ke TBK, mo ke salon juga ngerapiin rambut adek ... ^^


Wednesday, 15 April 2015

SAMBEL GORENG TEMPE TAHU



Bismillah ...
Udah luama banget ga masak sambel goreng santan kayak gini, karena emang  jarang banget bikin model masakan kayak gini, ribet dan males "kora-kora" setelahnya.... ngerti kora-kora ga ? (kora-kora itu nyuci perabotan yang abis dipake masak atau makan, seperti piring, panci dll) Ini masakan kemarin, pagi-pagi udah nguprek didapur nyiapin sarapan dan bekalnya si ayah. Mereka berdua klo siang ga pada makan dirumah jadi acara masak-memasaknya pagi dan sore hari. Dan masaknya juga ga banyak biasanya hanya untuk sekali makan aja kecuali lauk atau sayur yang bisa dipanaskan untuk sorenya jadi ga lama-lama lah didapurnya... ^^ dan sorenya juga masaknya yang gampang-gampang aja, seperti bakar ato goreng ikan, bikin tumisan... pokoknya gimana caranya bikin makanan enak tanpa ribet, vivi bangeeeeet ^^ :P :P
Mari nulis resep ....#mau kemana lg viviii kok cepet-cepetan ...?


SAMBEL GORENG TEMPE TAHU

Bahan :
6 buah Tahu ukuran kecil, potong-potong, goreng.
200gr Tempe, potong-potong
Segenggam udang ukuran kecil, buang kepalanya
500cc Santan
1buah Tomat, potong-potong
1 Daun bawang, potong kasar
2lbr Daun salam
2cm lengkuas, geprek
Garam-gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung Bawang putih
8btr Bawang merah
1/2sdt Terasi bakar
3 buah Kemiri, goreng
2 buah Cabe merah besar
3cm Kunyit

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, daun salam dan lengkuas hingga harum. Tambahkan udang, masak hingga berubah warna. kemudian tambahkan tempe-tahu, aduk rata. Tuang santan, biarkan hingga mendidih. Terakhir tambahkan garam, gula, tomat dan daun bawang. Masak hingga matang dan kuah santan agak menyusut.





Inilaaaah...sambel goreng tempe tahu ala vivi...untuk sorenya tinggal dipanasi aja kan.
Okay...segini aja dulu, selamat memasak ibu-ibu ^^ jadikan anak-anak dan suami bangga dengan masakan rumahan ...^^


"Sesungguhnya diantara dosa-dosa itu, terdapat satu dosa yang tidak dapat dihapuskan dengan sholat, puasa, haji dan umroh. 'Sahabat bertanya, 'Apa yang dapat menghapuskannya wahai Rasulullah ?' Beliau menjawab, 'Semangat dalam mencari rizki." (HR. Thabrani)

Tuesday, 14 April 2015

KUE LUMPUR



Bismillah ...
Beberapa hari ini ngebet banget bikin Kue Lumpur tapi maunya pake resep sodara. Akhirnya kesampaian juga...ini pake resep bakulannya sodara, semoga blio ga marah resepnya ada disini hahaa :D
Seperti biasa... resep-resep kampung itu bahannya mudah diingat...seperti pemakaian sekilo tepung, sekilo gula dll... mungkin ribet kali ya pake nimbang-nimbang bahan jadi sebungkus gula atau tepung dituang semua dan bahan lain menyesuaikan. Pemakaian santan juga ga pernah pake ukuran, dikira-kira dan pake perasaan...dan hasilnya selalu ok bangget....canggih ya, hihii :D
Resep kue lumpur yang ini juga begitu tapi santannya udah aku ukur supaya klo bikin lagi hasilnya sama.

KUE LUMPUR

Bahan :
1kg Kentang, kukus, haluskan.
1kg Tepung terigu Segitiga
1kaleng Susu kental manis putih
800gr Gula pasir (resep asli 1kg gula, tp ini udah maniiiis bgt menurutku)
4 Kuning telur
4 Telur utuh
250gr Margarin, cairkan
1sdt Garam
1sdt Vanilla pasta (pake yang bubuk juga gpp)
2lt Santan
Kismis secukupnya untuk taburan

Cara membuat :

1. Rebus santan dengan daun pandan, aduk-aduk hingga mendidih. Biarkan hangat

2. Kocok gula dan telur hingga gula larut. Tambahkan kentang, tepung terigu, vanilla pasta, garam dan susu kental manis, tuang santan sedikit demi sedikit sambil di kocok dengan kecepana rendah. Terakhir tambahkan margarin, aduk rata.

3. Panaskan cetakan kue lumpur, oles dengan margarin. Tuang adonan, tutup biarkan hingga setengah matang. Tambahkan kismis, tutup kembali dan biarkan matang. Lakukan hingga adonan habis.





Jangan berpikir aku bikin seresep itu ya..karena aku hanya bikin seperempatnya saja hihiii... dan rasanya tidak mengecewakan, enaak ... (Y) hmm...sesuai yang mereka semua bilang :D
Aaaahhh...berharap blio mau kasih aku resep lagi biar bisa berbagi disini hihiii ^^


Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Janganlah kalian minum sekaligus seperti minumnya unta dengan 2 atau 3 kali nafas. Bacalah basmalah sewaktu kalian mulai minum dan bacalah hamdalah sehabis minum". (HR. Tirmidzi)