DESSERT KUE SNACK

STICK BAWANG

13:16:00




Bismillah...

Hanya stick bawang yang udah seriiiiiing banget bikin.... kenapa sering ? karena bikinnya mudah banget, klo bikin cuma tepung terigu 250gr cepet banget. Lumayanlah buat isi-isi toples, dikunyah-kunyah sambil duduk dibelakang liat ikan.
Ambil gambarnya tadi pagi, cepet-cepetan karena janjian sama tentangga mo takziyah. Dan hasil fotonya... ala kadarnya hihiiii, males mikir wes... yang penting kefoto lah daripada habis masuk perutku semua hihiii... setelah foto-foto lansung kabur, udah ga mikir semua yang masih berantakan diteras belakang. Pulang takziyah.... teteeeeeep masih berantakan dimana-mana, hihiiii..

STICK BAWANG

250gr Tepung terigu
50 gr Tepung kanji
5 siung Bawang putih, haluskan
5 btr Bawang merah, haluskan
1 btr Telur
20gr Margarin
100cc Air (kurang lebih ya... jangan dituang semua)
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (jika suka)

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campurkan semua bahan kecuali air. Tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga tidak lengket di tangan.


1. Tipiskan adonan dengan menggunakan gilingan mie, secara bertahap ya... dari yang tebal. Kemudian setelah di ketebalan yang diinginkan (jangan terlalu tipis) potong-potong adonan sesuai selera kemudian lanjutkan menggiling dengan menggunakan pisau mie yang lebar (pada gilingan mie). Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, kemudian goreng adonan hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.





Ini kriuk banget... bikin ga bisa berhenti mengunyah.
Baiklah segini aja...aku tak siap-siap kabur lagi, ada janji lagi hihiiii... tapi aku ngantuk, huuuuhh

Salam Kriuuuuk ^^

JAJAN PASAR/KUE TRADISIONAL

TALAM PANDAN MUTIARA

11:08:00



Bismillah ...

Buat kalian yang suka banget dengan jajan pasar atau kue-kue tradisional kayak saiyah... hehee... pasti jajan pasar yang satu ini udah ga asing lagi yaaa. Menurutku.... beberapa kue tradisional emang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya tapi kalo bikin Kue Talam ini kayaknya ga terlalu ribet ya, mungkin ribet waktu bikin santannya aja. Kalo niiih... bikin kue tradisional "harus" pake santan asli bukan yang instan, ntah kenapa ... kok rasanya beda ya menurutku, jauh lebih gurih klo pake santan yang kelapanya diparut sendiri... eitsss... jangan dikira aku marut sendiri lho ya kelapanya, hihiiii tentu tidak ... karena aku punya sesuatu yang hanya dengan masukin potongan kelapa tiba-tiba keluar santan, hahaaa... ga boleh kepo deh kalian hihiii...
Sebenarnya duluuuuu... udah pernah bikin Talam Pandan  hanyaaaa yang ini ada mutiaranya. Jadi cantik kalo ada mutiaranya hihiiii..

KUE TALAM PANDAN

Bahan :
Lapisan pandan :
200gr Tepung beras
50gr Tepung sagu
100gr Gula pasir
400cc Santan
100cc Air daun suji
1sdt Air kapur sirih
1/2sdt Garam

Lapisan putih :
50gr Tepung  beras
25gr Tepung sagu
400cc Santan kental
1/2sdt garam

Cara membuat :

1. Lapisan pandan : Dalam wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu, gula dan garam, aduk rata. Tuang santan, air daun suji dan air kapur sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi adonan yang licin dan tidak bergerindil. Sisihkan.

2. Lapisan putih : campur semua bahan menjadi satu, aduk rata hingga licin. Sisihkan.

3. Panaskan kukusan. Siapkan cetakan cucing atau mangkok kecil, oles dengan minyak sayur kemudian isi dengan adonan pandan sebanyak 2/3 cetakan. Kukus kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit tuang adonan putih dan mutiara (secukupnya) hingga penuh. Kukus kembali kurang lebih 10 menit. Angkat, biarkan agak dingin kemudian keluarkan dari cetakan.

** Untuk biji mutiara nya yang dibutuhkan ga terlalu banyak, jadi merebusnya ga usah terlalu banyak. Tapi kalopun kebanyakan ga apa-apa juga siih, tinggal dibikinin santan manis, jadi deh cendol mutiara. Hihiiii ^^




Cantik kaaaan kalo ada mutiaranya hihiiii... warnanya pas banget, ada ijonya, ada putihnya dan ada merahnya. Oiyaa... pesen ku... klo bikin kue tradisional yang rasa pandan usahakan pake warna asli dari daun suji... selain warnanya yang cantik aromanya juga bener-bener seger daun pandan. Biasanya aku klo bikin air daun suji aku campur dengan daun pandan juga.
Yuhhuuuu.... bagi yang pengen silahkan bikin. Hmm... jadi ingat ada temen yang sukaaaaaa banget sama jajanan pasar, dia selalu ngajari anaknya untuk selalu makan jajan pasar... katanya jajan pasar itu lebih alami, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna dan bla bla blaa.... foto ini buat kamu deh hihiiii

Say "yess" to jajanpasar ^^

DESSERT KUE SNACK

CHEESE STICK

06:30:00



Bismillah ...

Pagiiiiiiii....
Selasa pagi nih.... jam segini udah keringeten, apa aku yang terlalu banyak gerak sedari pagi ya kok sampe gembrobyos begini.... tapiii beberapa hari ini Probolinggo emang  sumuk banget.
Hmm...aslinya sih Probolinggo tuh daerah panas, tapi ada juga yang dingin seperti di daerah Bromo dan Bremi dan kebetulan aku tinggalnya di daerah yang panas itu hikz hikz...

Eheeeyyyy... ketemu lagi disini, bikin yang kriuk-kriuk lagi yuuuk hihiiii
Mmm... aku baru menyadari bahwa aku blom  pernah posting Stik Keju padahal udah sering bikin lho, ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu siiih, udah abis barangnya hihiiii...
Kebetulan punya keju edam, sebenarnya klo mo pake keju yang lainpun bisa ya ... seperti keju parmesan ato keju cheddar, beda dirasa aja kali ya. Kalo pake edam lebih nendang rasa kejunya. Tapi tergantug selera juga siih, kayak aku nih lebih suka rasa keju yang ringan-ringan aja... kastengel yang full edam aku ga suka hihiiii padahal bukan kastengel klo ga pake edam ya.. huhh!!
Cheese Stick ini aku pake resep nya NCC tapi kejunya aku ganti edam. Udah pada tau kan... ato udah pada bikin yaaa hahaa

CHEESE STICK

Bahan :

300gr Tepung terigu
200gr Tepung sagu
1sdt Garam
4btr Telur (aku pake 3 aja)
30gr Margarin
100gr Keju edam, parut
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung sagu dan garam, aduk rata. Tambahkan telur, keju dam margarin, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan dengan menggunakan gilingan mie, secara bertahap ya... dari yang paling tebal. Kemudian setelah di ketebalan yang diinginkan (aku ga suka yang terlalu tipis) potong-potong adonan sesuai selera kemudian lanjutkan menggiling adonan dengan menggunakan pisau yang lebar (pada gilingan mie).
Lakukan hingga adonan habis.

3. Panaskan minyak dalam jumlah banyak, kemudian goreng adonan cheese stick hingga matang. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin simpan dalam toples.





Lagi-lagi... ini yang ga bisa brenti mengunyah, aaaahhhh... hihiiii
Oiya... sebagian orang males bikin cheese stick ini, alasannya males pake acara mengulen tapi kalo tau hasil dan rasanyaaa... hmm aku yakin yang ada pasti males mo beli dan pengen bikin lagiiiii.... hahaa
Udah ah.... pamit yaaaa, jam segini ada didepan lapy kayak ibu-ibu kurang kerjaan aja. hikz...hikz...

Salam Kriuuuuuk ^^