Thursday, 21 May 2015

ROLADE AYAM



Bismillah ...

Selamat pagiiiii...
Ibu-ibu mo masak apakah hari ini...? aku blom tau mo masak apa hari ini hehee ... tadi pagi-pagi sekali adek udah nanya "Nda, kita hari ini mo bikin apa...?" ga ada jawaban dari ku karena aku ga tau juga mo bikin apa. Oiyaaa....rolade ini masakan beberapa hari yang laluuu...poto-potonya juga udah dari waktu itu, males edit-edit euy critanya hikz...
Ternyata ya...  klo dipikir rempong juga lho membuat sebuah gambar makanan rapi dan tayang disini...dari nyiapin bahan, kemudian menjadikan sesuatu yang bisa dimakan, kemudian mikiri/nyiapin poto-poto dan pernik-perniknya, kemudian edit poto dan nulis ini itu, kemudian publish...dan kemudiaaaan...beberapa hari ato bulan kemudian potonya di pake orang ato ada di blognya orang ...duh! yang kayak gini nih sakitnya dalem bangeeeeet T.T masih mending klo dicantumin sumbernya dari mana tapi klo udah dihapus...huwaaa tambah mbrebes mili dan ngelus dada, kok yo tego men, hikz... pasti temen-temen yang lain juga ngerasain yang sama. Sebenarnya kejadian kayak gini udah jadi lagu lama dikalangan food blogger...semoga yang suka melakukan itu segera diberi kesadaran ya ... ^^

Kembali ke rolade yuuk...jadi ceritanya aku akhir-akhir ini jadi sering bikin rolade karena bisa dibekukan. Jadi klo lagi males masak aku tinggal bongkar-bongkar freezer mencari sesuatu disana. Ketika lauk udah ada aku tinggal nyiapin sayurnya kaaan...yang kayak gini nih jadi ketauan malesnya hikz...

ROLADE AYAM

250gr Daging ayam, potong-potong
2siung Bawang putih, cincang halus
4btr Bawang merah cincang halus
1btr Telur
2sdm Bread crum
1/2sdt Merica bubuk
1sdt Kecap inggris
Sedikit pala
3sdm Susu cair
Garam dan gula secukupnya

Bahan pelengkap :
4bh Sosis
2btr Telur, kocok lepas buat dadar tipis.
Telur dan tepung panir orange untuk memanir secukupnya


Cara membuat :

Haluskan daging ayam dengan food processor, masih didalam food proccesor masukkan bahan lainnya, proses lagi hingga semua bahan tercampur rata.
Ambil selembar telur dadar, sendokkan adonan ayam secukupnya dan ratakan di telur dadar. Letakkan sosis di bagian ujung yang akan digulung, kemudian gulung pelan-pelan. Lakukan hingga adonan habis (vi pake pan dadar kotak  telur 2 jadi 4 lembar dadar). Bungkus rolade yang sudah digulung (pake plastik ato daun pisang) Kemudian kukus kurang lebih 30 menit. Panir rolade ketika sudah dingin.

** Resep sausnya sama dengan yang disini tapi aku hanya bikin separuhnya aja.





Udah dulu ya...selamat beraktifitas, tetep semangat, tetep sehat untuk semuanya...^^
Selamat hari Jumat,,,,eh udah masuk bulan Sya'ban yaa...bulan diangkatnya amal kita kepada Allah Ta'ala.... yuk persiapkan diri untuk melakukan amalan terbaik...hari ini, besok, lusa dan seterusnya ^^
Happy cooking ... ___"

Wednesday, 20 May 2015

CUMI SAUS PADANG



Bismillah ...

Gara-gara abis makan sama Cumi Saus Padang di BJBR beberapa waktu yang lalu jadi penasaraan bangeet pengen masak sendiri...sampai akhirnya sore itu dapat cumi seger, horeee... besok paginya, pagi-pagi sekali udah nyipain bumbu-bumbu yang dibutuhkan...mari memasaaak ^^
Resepnya nyontek di Sajian Sedap, karena baru pertama kali masak ini jadi tidak ada yang dirubah dari resep aslinya hanya aku tambah sedikit gula pasir menyesuaikan selera kami ^^
Untuk menghemat waktu (jiyah! asline males vivi) aku dibantu food procesor untuk mencincang bawang-bawangan dan cabe merah besar.
Yuk ah intip resepnya yaaa....

CUMI SAUS PADANG

Bahan/bumbu-bumbu :
500gr Cumi, hilanghkan kulit tipisnya, cuci bersih dan potong 1cm.
1sdt Air jeruk nipis
1bh Bawang bombay
3siung Bawang putih
2bh Cabe merah besar, buang bijinya
1sdm Saus tiram
2sdm Saus tomat
1sdm Saus sambal
1/4sdt Merica bubuk
50cc Air
1sdt Tepung sagu larutkan dengan 1sdt air, untuk mengentalkan
1batang Daun bawang, potong serong
Garam dan gula secukupnya
2sdm Margarin untuk menumis

Cara membuat :

1. Lumuri cumi dengan air jeruk nipis.

2. Cincang kasar bawang bombay, bawang putih dan cabe merah.

3. Tumis bawang bombay, bawang putih dan cabe merah sampai harum. Masukkan cumi, aduk rata.

4. Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, merica bubuk garam dan gula, aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih.

5. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai mengental.

6. Tambahkan daun bawang, aduk rata.





Rasanya enak bangeet dan habis dalam waktu sekejap. Ambil gambarnya juga keburu-buru karena udah ditungguin hahaa,,,maruk banget ya...
Ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu...karena blom puas akhirnya tadi pagi bikin lagi tapi udah ga pake poto-poto lagi hahaa dan ga aku kentalkan dengan tepung sagu, tetep enaaak (Y) dan tetep habis dalam waktu sekejap hahaa... hmm kayaknya bakal masuk dalam menu favorit keluarga nih ^^
Mau mencoba...?? hehee... there is no taste like home, happy cooking moms ^^

Tuesday, 19 May 2015

PIE POPS (PINEAPPLE PIE)



Bismillah ...

Bahwa...klo adek dirumah ato libur itu berarti kerjaanku nambah, tambahan kerjaan itu adalah nyariin dia kegiatan supaya dia ga jenuh dirumah ato nonton tv terus-terusan... klo dia libur emang aturan nonton tv jadi longgar, yang klo hari biasa (Senin - Jumat) nonton tv hanya dari pulang sekolah (jam 3 an dia sampe rumah) sampai menjelang maghrib, pokokmya begitu denger suara adzan langsung tv mati, kecuali hari Jumat boleh sampe malam karena besoknya libur. Sabtu boleh nonton tv siang dan malam tapi hari  Minggu hanya siang aja karena besoknya sekolah...tetep acara yang ditonton diseleksi dulu...harus dengan persetujuanku atau ayahnya. Klo hari biasa juga hanya boleh nonton kartun, sinetron dan sejenisnya "dilarang keras"...larangan itu berlaku untuk hari sekolah dan hari libur juga. Dan dari semua aturan itu, kami (aku dan mas fitri) selaku pembuat aturan harus taat peraturan juga dooong...jadi jangan tanya tentang sinetron atau apalah ke aku, bisa dipastikan aku ga akan tau hihiii... kebetulan kami bukan penggemar sinetron jadi amat sangat tidak memberatkan buat kami. Siangpun ketika mereka beraktifitas semua hampir tidak ada suara tv dirumah, kecuali klo ada tamu ^^..Oiya ..lebih sering suara mikser kayaknya klo siang hari itu hahaa...#teteeeep, lbh asyik baking daripada nonton tv :D:D

Dan pop pie ini adalah dalam rangka nyariin kegiatan buat adek...hampir semuanya dia yang ngerjakan dan dia menikmati sekali. Dia mencetak sampe mengoles kuning telurnya, berdua sama aku siiih tapi aku cukup mengarahkan dia udah ngerti apa yang harus dilakukan. Oiya ...awalnya tuh aku mo bikin pie yang diisi sama selai nanas aja, ga kepikir untuk dikasih stik es krim ...selainya udah disiapkan dari beberapa hari yang lalu, kenaapa tiba-tiba ada stik es krimnya ? itu idenya adek hihiii...untungnya masih ada stok stik es krim...dan jadilah Pop Pie.
Kulit pie nya dari majalah Sedap Pemula.

POP PIE

Bahan :
100gr Butter/margarin
1 Kuning telur
200gr Tepung terigu protein sedang
2sdm Air es
1 kuning telur untuk olesan

Isi : selai nanas homemade secukupnya

Cara membuat :
1. Aduk rata semua bahan dengan menggunakan pisau pastry atau garpu sampai berbutir-butir. Bulatkan adonan, bungkus palstik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

2. Kemudian tipiskan adonan, cetak bulat dengan cookies cutter. Lakukan hingga adonan habis.

3, Tata adonan yang sudah dicetak diatas loyang (beri jarak), tempelkan stik es krim disalah satu sisinya (oles stik es krim terlebih dahulu dengan putih telur biar lengket) beri isian secukupnya kemudian tutup dengan adonan yang lain. Rapikan bagian pinggirnya kemudian tekan-tekan dengan ujung garpu. Lakukan hingga adonan habis.

4. Belah sedikit  bagian atas pie dengan pisau, setelah itu oles dengan kuning telur.

5. Oven pie dengan suhu 180 derajat celsius hingga matang.




Karena aku tau adek suka bangat sama nastar makanya aku bikinin ini, selai nanasnya itu yang bikin rasanya jadi mirip banget sama nastar, Syukaaaa sama rasanya, berasa lebaran euy hihiiii...
Dan untuk hari blom ada rencana mo bikin apa, kayaknya ga aku ajak bikin-bikin deh tapi beres-beres aja...ngerapiin buku critanya.
Ok deh...sekian dulu ya, selamat hari Rabu, semoga berkah, semoga ntar malam kakak nelpon, aamiiiin ^^

Sunday, 17 May 2015

KROKET KENTANG



Bismillah ...

Hahayy... Senin, hari ke 18 Mei yaaa...selamat melaksanakan ujian nasional untuk anak-anakku kelas 6, semoga mendapat nilai yang diinginkan, tetep semangat ya sayang... #jadi inget kakak 2 tahun yang lalu ^^ karena kakak kelas lagi ujian maka adek kelas belajar dirumah atau libuuuur...pokoknya klo menjelang kakak kelas mo ujian adek kelas tuh banyak liburnya, seperti adek yang saat ini lagi dibelakangku nonton Upin Ipin :D :D

Bikin kroket yuuuk... sebenarnya ini kroket kegalauan, hikz...
Buat aku adakalanya galau itu ketika ada yang nyoba resepku sampe 2 kali dan berakhir dengan kegagalan. Wah...ada apa dengan resepku...apakah aku salah nulis resep ato gimana nih...klo cuma dipikirkan ga mungkin ada jawaban ya sementara aku merasa tulisan resepku ga salah...
Mari kita bikin krokeeeet....resepnya masih sama dengan ini, sama persis...dan sama dengan yang katanya 2 kali gagal itu.
Dan hasilnya...baik-baik sajah, ga ada yang pecah satupun. Asiiiik ternyata aku ga salah ^^
Yess!! terjawab sudah ya... Alhamdulillah ^^





Dari Abu Hurairah ra, ia berkata : " Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : " Bersegeralah kalian untuk beramal sebelum datangnya 7 perkara. Apakah kamu menantikan kemisikinan yang dapat melupakan, kekayaan yang dapat menimbulkan kesombongan, sakit yang dapat mengendorkan, tua renta yang dapat melemahkan, mati yang dapat menyudahi segala-galanya atau menunggu datangnya dajjal, padahal ia adalah sejelek-jelek sesuatu yang ditunggu, atau menunggu datangnya hari kiamat padahal kiamat adalah sesuatu yang amat berat dan amat menakutkan." (HR. TIRMIDZI)

Saturday, 16 May 2015

PUDING VANILLA OREO



Bismillah ...

Jumat tanggal 15, semua pada bilang libur panjang secara Sabtu Minggu nya udah libur bagi yang 5 hari kerja. Tapi tidak buatku semua hari sama aja, mo tanggal merah, Sabtu, Minggu, hari kecepit...semua sama. Buat aku semua angka dikalender warnanya hitam hihiii... Dan kemarin ada yang bbm aku "Jeng...jalan-jalan kemana nih, long weekend lho... " Hahh! aku masih dirumah ini, ga kemana-mana hihiii... Jumatnya kan adek sama Mas Fitri masuk jadi ya gitu deh... :D
Dan hari ini Sabtu sore aku juga masih dirumah...hihiii  lagi-lagi tadi siang ada bbm aku "ga jalan-jalan mbak, long weekend lho" ckckckkk...temen-temenku nih perhatian banget sama aku hahaa.... sebenarnya adek udah bingung aja pengen jalan-jalan tapi tak cuekin karena aku sibuk bikin rotmar hahaaa...
Biasanya Sabtu Minggu itu hari yang malas...terutama males masak, seringnya klo Sabtu Minggu gini kami suka pindah dapur alias njajan diluar ntah kenapa aku hari ini rajin banget, hahaa.... Dimulai dari sebelum subuh tadi beresin pesenan sus yang diambil abis subuh terus ngerotmar, untuk sarapan pagi kami bertiga bikin tahu bumbu kacang, agak siangan bikin rolade ayam (maunya buat maksi dan makmal). Abis dhuhur slese semuanya... dan aku tepar "zZzzzZZzzz" boci bareng adek hahaa...

Puding Vanilla Oreo ini bikinnya kemarin, sorenya baru dipoto bareng dengan mendung gelap dan hujan derreesss.... hwow!!

PUDING VANILLA OREO

Bahan Puding :
1000cc Susu cair fullcream
1bks Agar-agar warna putih
120gr Gula Pasir
10keping Biskuit Oreo, buang krimnya (hancurkan)
1sdt Vanilla pasta
50gr Whipping cream bubuk

Bahan Vla Vanilla :
300cc Susu cair fullcream
2sdm Maizena
60gr Gula
Sedikit garam
1sdt Vanilla pasta

Cara membuat :

1. Puding : Rebus susu, agar-agar dan gula  sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api, masukkan oreo, whipping cream dan vanilla pasta, aduk rata. Hilangkan uap panasnya kemudian cetak menurut selera.

2. Vla vanilla : Rebus semua bahan, aduk-aduk dengan whisker hingga mengental dan mendidih.

3. Sajikan puding oreo dengan vla vanilla.





Horeee...yess!! akhirnya aku udah berhasil meluluskan permintaan adek, ciz cake dan puding oreo. Puding oreo nya sukses enaaak hihiii... Dan seminggu kedepan dia libur, ntah apalagi yang dia minta untuk dibikinin hihiii...semoga bukan cilok dan cireng, aamiiin hahaaa ... ___"
Happy weekend yaaaa....^^