Thursday, 2 July 2015

BOLA-BOLA AYAM SAUS ASAM MANIS ala vivi :D



Bismillah ...

Masih melanjutkan cerita si telur puyuh yang beli sekilo kemarin... :D
Hari ini masak Bola-Bola Ayam Saus Asam Manis, saus asman nya bener-bener ala vivi banget ato lebih tepatnya ala rumahku :D sebenarnya sering banget sih bikin saus asam manis, biasanya sebagai saus pelengkap untuk  gurame, udang goreng tepung, bakso dan sosis ato ayam goreng tepung, jadi ini bukan masakan baru dirumahku hanya aja model dan bentuknya tetep gitu-gitu aja hihiii dan adek adalah penggemar saus asam manis yang bentuk dan modelnya biasa-biasa itu :D ... klo pas lagi makan di resto ato rumah makan dengan menu yang ada asam manisnya pasti yang terlihat adalah saus asam manis yang bener-bener menggugah selera yaitu terdiri dari potongan nanas, bawang bombay, paprika, kacang polong dan wortel ...tapi tidak demikian dengan saus asam manisku. Biasanya saus asam manis bikinanku yang terlihat hanya bawang bombay yang dipotong kasar karena anak-anakku ga suka nanas, kacang polong ...paprika juga hanya suka klo dipake topping pizza dan untuk kali ini aku tambah dengan bunga kol itupun karena mereka berdua suka bunga kol dan kebetulan dikulkas lagi ada...
Untuk bola-bola ayamnya aku bikin mirip bakso tapi tanpa tambahan tepung dan dalamnya aku isi dengan telur puyuh.

BOLA-BOLA AYAM SAUS ASAM MANIS

Bahan :
350gr Daging ayam, haluskan
2siung Bawang putih, haluskan
3btr Bawang merah, haluskan
1sdt Garam
1sdt Merica bubuk
1 Putih telur
20btr Telur puyuh rebus yang sudah dikuliti

Cara membuat
Didihkan air secukupnya dalam panci. Campur daging ayam, bawang merah, bawang putih, merica, garam dan putih telur, aduk rata. Ambil satu sendok teh adonan ayam, pipihkan dan tambahkan satu butir telur puyuh. Bentuk bulat kemudian masukkan kedalam panci yang berisi air mendidih, lakukan hingga adonan ayam habis. Masak bulatan-bulatan ayam hingga matang dan mengapung. Kemudian tiriskan.

SAUS ASAM MANIS

150gr Bunga kol, potong perkuntum
2siung Bawang putih, geprek dan cincang halus
1bh Bawang bombay
4sdm Saus tomat
1sdm Saus cabe
1sdt Merica bubuk
Garam dan gula secukupnya
Air kurang lebih 150cc
2sdm Margarin untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus cabe dan merica bubuk aduk rata tambahkan bola-bola ayam yang sudah digoreng dengan sedikit minyak, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata dan biarkan hingga mendidih. Terakhir tambahkan bunga kol, masak hingga agak layu (aku suka bunga kol yang masih agak kriuk). Angkat dan sajikan.




Rasanya tidak mengecewakan...dan yang penting pasukanku suka semua, alhamdulillah ^^
Hari ke 15 Ramadhan...itu berarti udah separuh Ramadhan, ayo semangat...semangat...manfaatkan sebaik-baiknya waktu yang ada sekarang ^^

Tuesday, 30 June 2015

SATE TELUR PUYUH



Bismillah...
Kandungan protein pada telur puyuh lebih tinggi daripada telur ayam, protein pada telur puyuh sekitar 13% sedangkan telur ayam hanya 11%. Sementara kandungan vitamin A dan B2 pada telur puyuh dua kali lipat dibanding pada telur ayam.

Doeloe...adek ga begitu suka telur puyuh tapi klo kakak udah doyan banget dari dulu. Biasanya sih klo masak telur puyuh hanya diungkep dengan bumbu sampe telurnya warna coklat gitu. Dan kali ini aku ingin mencobanya dengan bumbu yang lain.
Oiya ...kakak udah dirumah mulai hari Sabtu kemarin. Waktu bbm sama Arik beberapa hari yang lalu dia bilang "enak saiki kumpul kabeh, lek kate nggwe jajan akeh sing ngewangi" ga usah nunggu bikin kue, mereka berdua udah tak suruh ngupas kulit telur puyuh....senengnya ada yang bantuin jadi cepet slese, ga lama-lama didapur hihii,,, secara nguliti telur puyuh itu makan waktu banget.

SATE TELUR PUYUH

Bahan :
30btr Telur puyuh, rebus dan kuliti
2lbr Daun salam
1sdm Air asam
2sdm Kecap manis
1sdt Garam
1,5sdt Gula
Air secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
Tusuk sate secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
4buah Cabe merah besar
6btr Bawang merah
3siung Bawang putih
1cm Lengkuas

Cara membuat :
Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Tambahkan telur puyuh, kecap manis, garam, gula dan air asem aduk rata kemudian tambahkan air secukupnya. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut. Tusuk telur dengan tusukan sate kemudian bakar sambil dioles dengan bumbu.

** jika ingin rasa yang pedas bumbunya bisa ditambah dengan cabe rawit





Rasanya enak lho...jika bosen dengan yang hanya di bacem silahkan sekali waktu nyoba yang ini. Masih banyak telur puyuhnya nih gegara kemarin beli sekilo barengan sama Ummu Ichsan, ternyata telur puyuh sekilo itu banyak bangeeeet...hmm mo buat apa lagi ya ..??
Selamat memasak Ibu ...^^

Thursday, 25 June 2015

SILKY CHOCO PUDDING



Bismillah ...
Masih ingat banget beberapa bulan lalu mbak Irma Azhar bbm aku, tanya apakah aku udah pernah bikin Silky Pudding. Jangankan bikin...namanya aja baru dengar. Ingat banget lugunya aku waktu itu, berusaha ingin tau apa itu Silky Pudding dan mbak Irma berusaha menjelaskan bahwa itu adalah puding yang lembut banget, saking keponya aku... waktu bbm sama dia aku sempetin sambangi gugel. Yang terlihat adalah puding yang dikemas dalam cup-cup palstik tapiiii ada yang di dikemas di botol-botol lucu. Sempet nanya juga itu yang dibotol-botol itu maemnya gimana mbak ? jawabnya "pake sedotan mbak..." hehh!! pake sedotan ? sebelum mengakhiri obrolan waktu itu dia kasih link resep punya Momylicious....#mbak Irma thanks for sharing ya^^, pasti saat ini dirimu lagi ketimbun orderan kukis, sukses trs ya mbak. Kangen... ^^
Dan waktu berlalu, tiba-tiba Shely beberapa hari yang lalu kirim foto botol puding dan pertanyaannya " mbak vi gelem botol iku tah ...? lho!? yo gelem banget seh rek hahaa... akhirnya 2 minggu yang lalu aku terima paket gede banget... bingung tapi setelah liat yang kirim ternyata Shelyyy... dan isinya ada alas poto, cupcase, botol puding 1/2lsn, sedotan. Syip tenan packinge Shel, barang segitu banyak dipacking rappih lho, wes layak dodolan ol pernak-pernik dan pecah belah hihiiii :D :P Shelyyyyyyy... yang saat ini juga lagi ketimbun orderan kukis...tengkyu syoooomat yooo, semoga Allah yang membalasnya ^^

Dan hari ini nyempetin bikin karena penasaran banget sama rasanya...yang konon critanya lembyuuuut banget. Antara resep Mbak Ayudiah dan Mbak Nina hanya beda tipis aja, aku yakin rasanya ga jauh beda. Bikinnya...mudah banget, seperti membuat puding pada umumnya. Yang penasaran aku tulis resepnya ya...

SILKY CHOCO PUDDING

Bahan :
700cc Susu cair
1sdt Coklat bubuk (larutkan dengan 1sdm air panas, aduk rata hingga menjadi pasta)
30gr Tepung maizena
1sdt Vanilla pasta
100gr Gula pasir
170gr Dark cooking chocolate, potong-potong

Cara membuat :

1. Campur susu, gula, tepung maizena dan pasta coklat bubuk. Aduk-aduk hingga bener-bener tercampur rata.

2. Selanjutnya masak campuran susu dengan api sedang hingga mengental dan mendidih, sambil terus diaduk ya. Kecilkan api, tambahkan DCC dan vanilla pasta, aduk rata hingga coklat larut. Matikan api.

3. Tuang digelas saji dan dinginkan.

Sampai disini...aku pengennya tanpa vla dan toppingnya mo aku paruti coklat aja tapi adek maksa banget untuk bikin vla, karena dia syuka banget sama vla puding yasudah bikin vla deh... Dan aku adalah penggemar vla puding yang ga terlalu encer, yaitu vla yang jatuh  perlahan ketika dituang diatas puding dan tanpa tambahan kuning telur seperti yang ini (klo yang pake kuning telur yang ini ) tapi kali ini aku ingin bikin yang beda. Seperti resep vla sebelumnya yang hasil coba-coba yang ini juga hasil coba-coba hihiii ...

VLA VANILLA

300cc Susu cair
1sdm Tepung maizena
1sdm Whipping cream bubuk
50gr Gula pasir
1sdt Vanilla cream
Sedikit garam

Cara membuat :
Rebus susu, maizena, whipping cream bubuk, garam dan gula. Aduk-aduk hingga mendidih. Matikan api. Kemudian tambahkan vanilla, aduk rata.
Sajikan puding dengan vla vanila.



Dan hasilnya....beneran lembyuuuut, bener-bener membelai lidah deh. Dan coklatnya... coklat banget. Pas untuk chocolover.... duh, aku banget pokoknya...hihiiii ^^ dan vlanya juga lembut banget. Enak lah dua-duanya (Y) (Y)
Oiya...puding ini udah sukses menggoda aku dan adek yang lagi puasa, sampe adek bilang "Nda pengen cepet-cepet buka sama puding"hihiii...
Pesenku... jangan ragu untuk mencoba dan rasakan sensai lembutnya hahaa... berani mencoba ??

Shely...sekali lagi...tengkyu so mat yaa ^^

Tuesday, 23 June 2015

BANANA BREAD



" (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui ". (QS 2 : 184)


Bismillah ...
Hari ke 7 puasa, hmm... ga terasa yaaa ^^
Udah pada nyiapin kuker blom...? aku males euy mo bikin kuker... udah pesen kacang mede siap saji siih kayaknya itu aja deh buat isi-isi toples hihiii...ntar bikin kukernya nunggu semangatku tiba-tiba muncul :D ato klo ga ya minta Umik aja...kangen sama semprit koyahnya Umik. Disaat kuker hadir dengan berbagai bentuk dan rasanya...semprit jadul ini tetep dihati ^^

Taun ini semua sekolah umum udah pada libur dari sebelum puasa, jadi bisa menikmati sebulan puasa dirumah. Kecuali kakak yang sampai saat ini blom libur, "ayoo cemungudh ya kakaaak!!"
Dan adeeek...puasa dong pastinya yaaa, karena udah gede (naik kelas 5 lhooo ^^) jadi udah ga rewel, mo sahur ga rewel, siangpun juga ga rewel, alhamdulillah ^^ hanyaaaa...klo udah agak sorean sering nanya "Nda, jam segini daerah mana yang udah maghrib ?" karena dia mikirnya klo udah maghrib berarti udah buka duluan kemudian dia bilang "enak ya Nda, udah buka duluan " hihiii ...
Oiya ... 3 hari yang lalu dia bikin banana lolipop yaitu pisang yang dikasih tusuk eskrim kemudian di celupin coklat trs ditabur almond dan meses. Weeehh...dia semangant sekali bikinnya. Yang bikin semangat adalah dia udah mahir melelehkan coklat. Daaan bikin banana lolipop itu dia kerjakan sendiri sampe slese... dan dia bangga walopun hanya beberapa biji, hahaa...

Masih crita tentang pisang nih, jadi beli pisang adalah dalam rangka memberdayakan pastry margarin yang umurnya hanya sampe bulan depan. Waktu adek bikin banana lolypop itu aku paginya bikin banana puff, ga kepoto ya, sama dengan yani ini kok ... tadinya beberapa biji akan aku kasih isian selai nanas homemade ...eh lupaaaa...jadi semua diisi pisang, yasudahlah... dan crita pisang selanjutnya berakhir di Banana Bread ini. Pengen bikin cake pisang tapi dengan resep yang blom pernah aku bikin...klik gugel yang keluar resep Banana Bread dari blognya mbakyu Nina (Catatan Nina), suwun mbak Niiiiiin...^^

BANANA BREAD

Bahan :
230gr Tepung terigu serba guna
100gr Gula pasir (vi pake 90gr)
40gr Gula palem
1sdt Baking powder
1/4sdt Soda kue
1/4sdt Garam
1/2sdt Kayu manis bubuk (vi ga pake)
2btr Telur ukuran besar
113gr Margarin, cairkan
450gr Pisang (lumatkan kasar dengan garpu)
1sdt Pasta vanilla

Cara membuat :

1. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius. Oles loyang dengan margarin (vi pk loyang loaf), sisihkan.

2. Ayak tepung, baking powder, soda kue dan garam. Tambahkan gula pasir dan gula pales, aduk rata. Sisihkan.

3. Campur pisang, margarin cair, pasta vanilla dan telur. Aduk rata kemudian tuang dalam campuran tepung. Aduk perlahan sampai tercampur rata. Tuang adonan ke loyang, tambahkan topping sesuai selera. Kemudian oven hingga matang.




BANANA BREAD Bahan : 230 gr tepung terigu serbaguna 100 gr gula pasir 40 gr gula palem 1 sdt baking powder 1/4 sdt soda kue 1/4 sdt garam 1/2 sdt kayu manis bubuk 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas 113 gr butter / margarin leleh 450 gr pisang (aku pakai 4 buah pisang cavendish), lumatkan dengan garpu 1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu bubuk) Topping (optional) : 1 buah pisang, iris tipis bisa juga memakai keju, chocochips, almond atau kenari, sesuai selera yaa Cara Membuat : - Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan. - Dalam sebuah wadah, campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula palem, vanilla bubuk dan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sisihkan. - Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dilumatkan, telur dan margarin leleh. Aduk rata. - Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk perlahan hanya sampai tercampur rata saja. Teksturnya akan seperti lumpur, tidak perlu sampai halus. - Tuang adonan ke dalam loyang, taburi topping dan panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya). - Lakukan test tusuk dan angkat. Dinginkan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
BANANA BREAD Bahan : 230 gr tepung terigu serbaguna 100 gr gula pasir 40 gr gula palem 1 sdt baking powder 1/4 sdt soda kue 1/4 sdt garam 1/2 sdt kayu manis bubuk 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas 113 gr butter / margarin leleh 450 gr pisang (aku pakai 4 buah pisang cavendish), lumatkan dengan garpu 1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu bubuk) Topping (optional) : 1 buah pisang, iris tipis bisa juga memakai keju, chocochips, almond atau kenari, sesuai selera yaa Cara Membuat : - Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan. - Dalam sebuah wadah, campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula palem, vanilla bubuk dan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sisihkan. - Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dilumatkan, telur dan margarin leleh. Aduk rata. - Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk perlahan hanya sampai tercampur rata saja. Teksturnya akan seperti lumpur, tidak perlu sampai halus. - Tuang adonan ke dalam loyang, taburi topping dan panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya). - Lakukan test tusuk dan angkat. Dinginkan.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ


Suka banget sama rasanya, ga bosen-bosen deh, plus bikinnya ga pake ribet pula. Tapi potonya hanya ala kadarnya, asal narok aja, ga mikir ini itu, tanpa dipotong-potong...karena ada yang merasa keganggu dengan baunya hahaa, pengennya cepet slese trs diberesin semua sampe nunggu magrib tiba.... kasian kan klo masih harus nungguin aku poto-poto sambil liat kuenya.... siapa dia yaaa ...?? hihiii
Selamat puasa ya ^^


Thursday, 18 June 2015

WEDANG RONDE

  


Bismillah ...
Puasa taun ini diawali batuk ayah dan adek. Adek yang udah ga enak badan dari beberapa hari yang lalu dan masfitri sejak dari Lamongan itu tapi sedikitpun tidak memupuskan semangat untuk puasa. Ketika di tukang sayur ada kolang-kaling pengen beli deh tapi tidak terpikir untuk bikin kolak sebagaimana sajian takjil pada umumnya, jujur nih...setiap kali puasa kami juarang banget bikin kolak ato bisa dibilang ga pernah, yang selalu ada adalah kurma dan jus melon. 
Karena pada batuk, alangkah lebih baik klo bikin yang anget-anget aja yaa...^^ dan wedang ronde adalah pilihan yang tepat... kolang-kaling sebagai pelengkapnya. Untuk bikin rondenya tuh gampang banget, hanya tepung ketan yang diberi sedikit garam kemudian diuleni dengan air hangat hingga dapat dbentuk. Isiannya adalah kacang tanah yang disangrai kemudian dihaluskan bersama dengan gula pasir. Untuk ngulen tepung ketan  dan bikin isiannya aku ga pake takaran. Untuk rondenya tadinya mo bikin 100gr tepung ketan aja, eh setelah jadi buletan warna merah ijo kok kayaknya dikit banget, akhirnya ngulen tepung ketan  dikit lagi dan jadilah yang warna putih itu hihiii ... air untuk ngulen lupa ga diukur, kacangnya juga pake kira-kira aja, sebagian ga aku haluskan karena untuk taburan. Tapi intip gugel juga siiih untuk liat cara bikin sirup jahenya, sirup wedang ronde yang ini tapi pemakaian gulanya aku kurangi dan minus sere karena takut adek ga suka dengan rasanya yang kuat banget. Waktu ngerebus sirupnya ...wah bikin heboh!! wanginya serumah, mungkin keluar juga pas hari puasa lagi, hikz... sampe ada yang nanya "lagi bikin kue talam kah ? " huhuu T,T... untungnya poto-potonya diteras belakang, apa jadinya klo diteras depan yaa :D :D
Dan hasilnya ....lumayanlah, bisa melonggarkan tenggorokan hihiiii... ^^

Oiya, klo kalian mo nyoba...jangan takut gagal dengan ronde yang tanpa takaran karena bisa dikata ini adalah kue ato jajanan yang bikinnya jauh dari kata gagal ^^ ga seperti cake yang harus pake takaran tepat.
Selamat berpuasa untuk semua ...^^