Monday, 16 October 2017

CAKE TAPE


Bismillah ...

Haiihaiiii... duh udah pertengahan Oktober nih, dan aku baru posting 1 artikel aja lho, padahal niat awalnya tuh pengen rajin posting tapi selalu ada sesuatu yang membuat aku ga bisa jenak duduk manis di depan laptop. Bulan ini diawali dengan keruwetan hingga kecapekan hahaa ( baru jalan separuh bulan udah mengeluh yaa vivi niih ), rasanya aku tidak menemukan kalimat yang pas untuk menggambarkan keadaanku hahaa, pokoknya ya begitulah ... hingga akhirnya aku harus istirahat ... lebih tepatnya dipaksa istirahat hmm... dipaksa istirahat dengan kerjaan yang masih menumpuk itu sesuatu banget lho... rasanya badan ada di mana dan pikiran ada dimana hahaa, parraaahhh... Bisa dibilang aku adalah termasuk orang yang ga bisa diam jadiii klo disuruh diam tuh ughhhh rasanyaaa .. >,< ... dan bikin cake tape ini sebenarnya udah beberapa hari lalu ... gara-gara keruwetan itu jadilah baru kali aku bisa nulis disini, tapiiiii sebenarnya sih kemarin-kemarin ya sukanya emang nunda-nunda posting siiihh.. hahaa ya udahlah yaaa

Tape  adalah makanan yang dihaslkan dari proses fermentasi. Biasanya makanan yang difermentasikan itu adalah singkong dan ketan. Untuk menghasilkan tape itu prosesnya mudah sekali, singkong atau beras ketan yang udah dimasak kemudian didinginkan hingga bener-bener dingin kemudian diletakkan dalam sebuah wadah yang dialas daun pisang, selanjutnya tambahkan ragi yang udah dihaluskan. Singkong yang udah diberi ragi kemudian ditutup dengan daun pisang hingga rapat, dan diamkan hingga 2-3 hari. Muah bukan bikinnya... untuk yang tape ketan ga jauh-jauh bedalah cara bikinnya. Tape singkong dan tape ketan, dua-duanya vivi udah pernah bikin dan sukses jadi tape manis, horreeeee ... tapi aku merasakan kok rempong sekali ya bikinnya mending belilah haahaa tapi yang pengen coba-coba bikin ya ga ada salahnya untuk dicoba, seperti vivi waktu itu ^^
Dan iniiii bikin cake tape yang kesekian kalinya, hehee rasanya ga ada bosennya ya dengan cake klasik model kayak gini. Resepnya aku ambil dari Sajian Sedap.

CAKE TAPE

Bahan :

150gr Margarin
150gr Gula pasir
1/4sdt Garam
150gr Tape singkong, haluskan
3butir Telur
150gr Tepung terigu protein sedang
1sdt baking powder
50cc Susu cair
Keju cheddar parut dan kismis seecukupnya

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan. Siapkan loyang 20x20x4cm, alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Kocok margarin, gula pasir dan garam selama kurang lebih 7 menit atau hingga lembut. Masukkan tape singkong. Kocok rata.

3. Tambahkan telur satu per satu.. Kemudian tambahkan tepung terigu dengan susu cair bergantian dan dikocok perlahan hingga rata.

4. Tuang ke dalam loyang, tambahkan keju parut dan kismis. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.




Tapenya aja udah enak banget, maniiiiiiis, pulen banget dan ga berair . Dibikin cake jadi tambah enaaaak, beneran deh. Liat tuh yang udah dipotong, kliatan lembut banget kaaan... Sebenarnya ini adalah tape oleh-oleh saudara yang tinggal di Bondowoso. Pernah denger kota Bondowoso kan... itu lho sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan tapenya. Klo dari Probolinggo butuh waktu kurang lebih 2-3 jam untuk bisa sampai kesana. 
Baiklah... segini aja yaaa..kalo mo cari resep cake tape yang lain silahkan buka halama yang lain disini. 

Selamat malam, happy baking ^^



Friday, 6 October 2017

ROTI ISI PISANG



Bismillah ...

Penggemar rerotian mana suaranya .. hahaaa
Waktu itu mas Fitri mau ke Jakarta, aku bangun jam 2 pagi nyiapin sarapannya (sarapan kah ? bukanlaah yaa... lebih ke nyiapin sesuatu pengganti sarapan karena masih pagi buta hihiii). Kenapa harus pagi-pai sekali karena pesawat berangkat jam setengah 6 pagi, sementara jarak dari Probolinggo-Surabaya kurang lebih 3 jam an dan harus ada sedikit waktu sebelum berangkat biar ga keburu-buru di bandaranya, hmm kalian-kalian yang jauh disana yang blom pernah tau Probolinggo bisa dibayangkan yaa... seberapa jauh dari Surabaya ke Probolinggo. Ehhh... Proboliinggo tuh asik lho, biarpun aku ga lahir disini tapi udah lumayan lama lah aku tinggal disini. Pengen tau pasir berbisiknya Gunung Bromo atau Kuda Cipta Wilaha nya BJBR atau nyobain snorkling di Pulau Gili atau amazingnya air terjun Madakaripura... datang lah ke Probolinggo...hahaa vivi promooooo ?? tidaklaaah ... hanya kasih tau aja hemm ^^

Baiklah kembali ke roti yaaa... aku yakin kalian udah pada mahir bikin roti dan hasilnya jauh lebih sempurna dari yang aku bikin ini. Pada dasarnya roti adalah adonan tepung yang difermentasikan dengan menggunakan ragi tapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Dinegara tertentu kehadirannya dianggap penting sekali karena roti adalah makanan pokok. Daaan beda klo disini roti dianggap cemilan lho apalagi roti manis yang ada isiannya...klo roti tawar masih banyaklah yang digunakan untuk sarapan sebagai pengganti karbohidrat. Karena sebagian orang di Indonesia blom merasa makan klo blom makan nasi hahaa...begitulah kira-kira. Dan itu juga terjadi pada "lelakiku" ... dia adalah penggemar roti tapi menurut dia roti tidak bisa menggantikan nasi jadiiii klo pun dia udah maem roti 3 biji klo blom maem nasi yang ada dipikirannya ya blom makan dan masih nyari nasi. Yasudahlah... memang begitu adanya hahaa
Sebenarnya bikin roti tuh ga susah kok, yang susah itu ngulennya harus sampai kalis elastis... ini wajib yaa karena kalo enggak sampai kalis elastis adonan roti akan keras dan pernah tau kan ada roti yang masih bau ragi banget ... ?? itu dikarenakan kurang ngulennya. Pokoknya klo mo bikin roti siapin tenaga untuk ngulennya,anggap aja fitness eeyyy... hehee tapi klo kalian punya mikser yang bisa untuk mengulen itu lebih bagus lagi, kapan-kapan aku pinjem yaa... karena aku ga punya hihiii... gara-gara ga punya itu aku klo bikin rerotian aku ulen pake food processor ... bikinnya ga pernah banyak, wong yang makan juga ga banyak... klo banyak-banyak ngulennya jebol food processorku hahaa.. 
Kali ini resep diadaptasi dari Sajian Sedap... oiya ada beberapa resep roti disini karena pada dasarnya aku penggemar berat rerotian jika kalian ingin coba-coba silahkan cari resepnya disini.

ROTI ISI PISANG 

Bahan :

400gr Tepung terigu protein tinggi
15gr Susu bubuk
75gr Gula pasir
2sdt Ragi/fermipan
1btr Telur
165cc Air
50gr Margarin
1/2sdt Garam
Pisang rebus secukupnya
Susu cair secukupnya untuk olesan
Keju parut secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi dan gula hingga rata. Tambahkan telur, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni hingga elastis. 

2. Bulatkan adonan kemudian letakkan dalam wadah, tutup plastik dan diamkan selama 30 menit. Kempiskan adonan. Timbang adonan masing-masin 50gr, bulatkan. Diamkan kembali selama 10 menit.

3. Tipiskan adonan memanjang, letakkan pisang pada salah satu sisinya.  Kerat-kerat tidak putus adonan pada sisi yang lain kemudian gulung. Rapikan dan rekatkan sambungannya. Letakan diloyang yang sudah dioles margarin.

4. Diamkan selama kurang lebih 60 menit atau hingga mengembang 2kali lipat. Oles dengan susu cair, kemudian tabur keju. Panggang dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang.

Fungsi garam pada adonan Roti :
1. Memberikan aroma dan rasa
2. Mengatur kadar peragian
3. Memperkuat gluten (protein terigu yang berperan dalam pembentukan tekstur roti)
4. Memberi warna pada bagian dalam roti.



Mudah kan bikinnyaa... ?? tak kasih tau yaaa... membuat roti sendiri itu jaaaaauuh lebih puas, percaya deh hihiii. Gimanaaa... berani mencoba kaaan... siap-siap banting-banting adonan roti hahaaa
Satu resep adonan bisa diisi macam-macam lhoo... seperti sosis, keju, coklat dll... haiyooo pengen bikin kaaan hihiii... Sekali bikin pasti nagih deh, kayak aku hahaa..

Happy  Baking Moms ^^

Monday, 25 September 2017

NAGASARI / NOGOSARI


Bismillah ...

Jangan boseeeeeenn... klo disini liat pisang lagi... pisang lagi hihiiii...
Yang kesekian kalinya posting foto Nogosari, sebenarnya ini hanya karena aku pengen bikin nogosari aja yang kebetulan dikasih pisang kepok sama umik waktu pulang beberapa hari yang lalu dan daunnya minta juga hehee... waktu kerumah sodara liat kebun samping rumah banyak pisangnya langsung deh tanpa basa-basi bilang minta daun pisang. Maunya minta selembar aja eeehhh... kok diambilin banyak banget itupun sodaraku bilang "ga kurang tah, kok dikit banget" huwaaaa emang mo hajatan taah hahaaa.. Dapat daun pisang segitu banyak udah rejeki banget  ya viiii ... secara di Probolinggo kalo musim angin gini daun pisang pada robek-robek kena angin.
Hmm ngomongin tentang Nogosari nih... Nagasari tuh andalannya cuma disantannya karena bahannya sederhana sekali, hanya tepung beras, santan dan gula. Jadi semakin kental santannya semakin gurih rasanya, kalo aku sih lebih memilih santan segar daripada santan instan hehee... oiya beberapa waktu yang lalu aku pernah liat ada Nogosari potong, sepertinya adonan nogosari yang dicetak menggunakan loyang kemudian dipotong-potong dan dibungkus daun. Liat bentuknya aja aku udah males mo bikin hihiii... membayangkan klo makan nogosari potong tuh aku akan kehilangan bau daun pisang pada kue nogosarinya. Bau daun pisangnya itu menambah rasa pada adonan nogosari, selain itu... dimana-mana yang namanya nogosari itu ya dibungkus daun pisang kemudian dikukus bareng, hihiii :-D yasudahlah... namanya juga berkreasi yaaa, sangat-sangat ku hargai ^^

Resepnya masih sama dengan yang sudah-sudah, tulis lagi ga yaaa..hehee

NAGASARI / NOGOSARI

Bahan :

225gr Tepung beras Rosebrand
25gr Tepung tapioka
80gr Gula pasir
1 1/2sdt Garam
900cc Santan
1lbr Daun pandan

Pisang dan daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara membuat :

Campur semua bahan, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga menjadi bubur. Ambil satu sendok makan adonan atau secukupnya saja, letakkan pada selembar daun pisang, tambahkan sepotong pisang ditengah adonan, ratakan adonan hingga pisang tertutup adonan. Gulung daun pisang yang sudah berisi adonan, lipat kedua ujungnya kebagian tengah. Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus nogosari hingga matang, kurang lebih 30 menit.




Suka banget sama rasanya... oiya menurutku resep ini udah pas banget. Ga terlalu manis, padet tapi lembut. Kan ada tuh yang adonannya lembek kayak bubur gitu ato ada juga yang padet banget. Karena Nagasari identik dengan rasa gurihnya santan maka gunakan santan asli yang kental. Kalo mo pake santan encer juga bisa siiihh tergantung selera aja... mau yang terasa gurih banget ato yang biasa-biasa aja hehee... dan dijamin ga bakalan gagal... ini adalah kue anti gagal hihiii dan buat kalian yang suka sama kue-kue yang tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya nagasari adalah pilihan yang tepat.
Lagi-lagi... Vivi syukaaaa banget sama jajanan tradisional  :-*
Salam Jajan Tradisional ^^