Wednesday, 2 May 2018

KUE UNTIR-UNTIR WIJEN




Bismillah..
Yang suka cemilan kayak aku... pasti udah ga asing lagi sama kue yang satu ini. Sebenarnya ini kue jadul tapi yang dulu tuh rasanya ada alot2nya gitu. Kalo dikunyah sampe kletuk-kletuk gitu... klo menurutku siih yang dulu tuh resepnya minus margarin jadi kuenya alot.
Yang ingin nyobain... ini resepnya yaaa

KUE TAMBANG/UNTIR2/PLINTIRAN

Bahan :
200gr      Tepung terigu
50gr        Tepung sagu (tapioka juga boleh)
50gr         Gula halus 
1btr         Telur
30gr         Margarin 
1/2sdt      Baking powder
1/4sdt      Garam
1sdm       Wijen 

2sdm       Air es
Vanili bubuk secukupnya
Minyak goreng untuk menggoreng 

Cara membuat :

1. Campur bahan kering dalam wadah, aduk rata. Tambah telur dan air, uleni hingga kalis.

2. Tipiskan adonan (kurang lebih 0,3cm), potong panjang-panjang (10-12cm) kyk mo bikin stick kemudian pertemukan ujungnya, untir sedemikian rupa. Terakhir rapatkan ujungnya.

3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan api sedang hingga matang dan kering.

Klo ga biasa bikin kayak aku... kudu telaten mlintir-mlintir satu-satu... hihiii
Yuka ah bikin ... persiapan buat lebaran ahhaayyy

BANANA MUFFIN


Bismillah...
Duhh.. kemana aja niih blog dicuekin berbulan-bulan, hikz. ntah kenapa akhir2 ini males banget untuk nulis disini. padahal ya bikin-bikin siiihh..

Nih bikin tadi pagi... Resep dari bukunya Cik Tintin Rayner

BANANA MUFFIN

Bahan A
3buah pisang yang udah mateng banget (kurang lebih 450gr)
80gr Gula pasir
30gr Gula palm
1btr Telur ukuran besar
85gr Butter ato margarin, cairkan
1sdt Pasta vanilla

Bahan B
190gr Tepung terigu
1sdt BPDA
1/2sdt baking soda
1/2sdt kayu manis bubuk

Cara membuat :
Aduk rata bahan A. Ayak bahan B kemuadian bahan A masukkan ke dalam bahan B. Aduk asal rata aja, jangan sampai over mix. Tuang ke dalam cup, 3/4 aja. tabur topping... panggang dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.




Ini empuk banget, rekomended untuk dicoba jika kalian punya pisang yang udah mateng banget.
Okey... happy baking Mom ^^

Wednesday, 22 November 2017

BROTA / PASTEL ISI KACANG HIJAU



Bismillah ...

22 Nopember, maaaap baru bisa hadir disini. Lagi banyak yang dikerjain nih di dunia nyata, sekali lagi maaf yaaa...
Pa kabar kalian, udah pada musim hujan kah disana ?? pastinya yaa.. sepertinya hanya ditempat ku yang hujannya datang belakangan. Tiap kali musim hujan disini selalu belakangan jadiii ketika didaerah lain udah hujan deres bahkan sampe banjir-banjir disini blom juga sekalipun. Yang kali ini aja, udah dari kapan itu temen-temen udah cerita hujan tapi disini baru 2 kali hujan, hari Sabtu kemarin deres banget dan semalam tapi ga deres. Disukuri aja lah, walopun kadang suka cemburu jika ada temen-temen  crita tentang hujan ato nulis status "hujan deres nih..." hehee..
Hmm.. kenapa ya klo hujan-hujan kok selalu  ingat cemilan ato selalu pengen ngemil, apa kalian juga merasakan hal yang sama ? yang namanya gorengan yang masih anget rasanya kok nikmat banget pas musim hujan tiba. Lupa diet lah klo kayak gini hahaa, ntar musim hujan lewat yang ada badan tambah lebar huhuuu..
Untuk cemilannya nih... klo bisa bikin kenapa harus beli, ya ga ?? bikin yang gampang aja, yang bisa disimpen dikulkas dan yang pasti disuka orang rumah. Kalopun pengen bikin yang langsung bikin juga bisa, yang gampang-gampang aja, yang ga ribet dan yang tingkat kegagalannya kecil banget hahaa.. mungkin seperti pisang goreng, sus goreng, terbul mini ... gampang banget kan bikinnya. Aku yakin kalian pasti lebih jago lah dalam hal ini... vivi mah ilmunya masih seuprit, sok-sok kasih tau lagi hahaa..
Dan kali ini aku bikin Brota, mungkin ga banyak yang mengenal jajanan ini. Kue yag mirip pastel tapi isinya kacang ijo yang kayak isian onde-onde tapi ditambah kapulaga. Bisa dibayangin kan yaa...biasanya dibikin homemade dirumah-rumah warga keturunan Arab dan dijual beku. Naaahh... aku pernah dikasih sama ammahku dan tertarik untuk bikin. bikinnya seperti bikin pastel pada umumnya.

BROTA / PASTEL ISI KACANG HIJAU

Bahan kulit :

250gr Tepung Terigu (vi pk segitiga)
1 kuning telur
50gr Margarin
4sdm Minyak goreng
100cc Air (jangan dituang semua)
Sedikit garam

Bahan isi :

250gr Kacang ijo kupas rendem 2 jam
100gr Gula pasir
1/2sdt Garam
Kapulaga secukupnya (boleh pake vanilli bubuk jika tidak suka dengan kapulaga)
Air secukupnya (bisa diganti dengan santan)

Cara membuat :

1. Cara membuat isi : kukus kacang hijau yang telah direndem hingga empuk dan haluskan selagi panas. Kemudian campurkan semua bahan isian, tambahkan air secukupnya aja dan masak dengan api kecil, hingga air menyusut dan adonan padat. Bulatkan kacang ijo secukupnya aja, sesuaikan dengan diameter kulitnya. Lakukan hingga habis dan sisihkan.

2.  Campur semua bahan kulit, kemudian uleni hingga kalis (untuk pemakaian air, tunag secukupnya dulu) Kemudian giling tipis dengan menggunakan gilingan pastel (jangan terlalu tipis ya) cetak bulat kurang lebih diameter 8-9cm.

3. Ambil selembar kulit, letakkan isian ditengah kemudian tutup dengan selembar kulit lagi. Pilin pinggirnya, pelan-pelan aja ya milinnya biar cantik dan seksi tapi kalo udah mahir milin sambil merempun pasti cantik, hahaa.. lakukan hingga habis.

4. Bisa langsung digoreng atooo... bisa disimpen dulu di freezer. Kalo mau disimpen difreezer, bekukan dulu satu-satu tujuaannya supaya ga saling nempel satu sama yang lain.

5. Satu resep isian itu bisa untuk 2 resep kulit nya atau klo kebanyakan bikin 2 resep kulit pastel isinya bisa digunakan untuk isian yang lain.





Untuk cemilan yang yang dibekukan gini nih... jika mau digoreng disarankan untuk terlebih dulu dikeluarkan dari freezer hingga suhu ruang. baru setelah itu digoreng. Diwaktu senggang kita bisa bikin beberapa kue-kue yang bisa dibekukan jadi ketika sewaktu-waktu kita butuh tinggal keluarin harta karun yang ada dalam freezer... asik kaaan ?? klo bisa bikin kenapa harus beli, ya ga ... hahaa
Udah siap untuk bikin cemilan hari ini.. ??

Musim hujan gini, tetep jaga kesehatan yaa... siapkan makanan hangat untuk keluarga tercinta Moms... ^^